PENGANTAR KRISTOLOGI *

Advertisement
 
Q.S 2/Al-Baqarah : 109
“Sebahagian besar ahli Kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan kamu kepada kekafiran setelah kamu beriman, Karena dengki yang (timbul) dari diri mereka sendiri, setelah nyata bagi mereka kebenaran. Maka ma'afkanlah dan biarkanlah mereka, sampai Allah mendatangkan perintah-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

Mat : 28 : 19
“Karena itu pergilah,  jadikanlah semua bangsa muridKu, dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus”

     Mempelajari ilmu tentang Kristen dilakukan semata untuk memperkaya ilmu perbandingan agama, yang tidak perlu dirisaukan, karena ibarat aparat kepolisian mempelajari kriminologi, bukan untuk menjadi kriminal, tetapi justru untuk memahami praktek dan strategi para penjahat, untuk kemudian mencari upaya  mengantisipasi kriminalitas  Mempelajari ilmu tentang Kristen suka tidak suka harus membaca Alkitab atau yang umat Islam sering menyebut Injil. Tetapi dalam mempelajari kristologi harus dilandaskan dengan Al-Qur’an, maaf meskipun sebenarnya jika membandingkan antara Al-Qur’an dan Alkitab jelas tidak sebanding, karena 1). Al-Qur’an menyempurnakan kitab yang terdahulu. 2). Alkitab tulisan yang dilhamkan Allah (2 Tim 3 : 16), isinya banyak ucapan Yesus, bahkan didominasi oleh Saulus (Paulus). Jika Yesus adalah Isa, semacam hadist, tetapi jika ucapan Paulus yang bukan murid Yesus, sebanding apa ?.  Sehingga jika kita membaca Alkitab justru akan bertambah bangga, mantab  dan kagum dengan Alqur’an. 

MOTIVASI MENDALAMI KRISTOLOGI

Sebagai kader Muhammadiyah mempelajari kristologi adalah termotivasi oleh

1.    Kekaguman kepada KHA Dahlan yang pernah melakukan dialog dengan pendeta Domine Bakker, penginjil yang berdiam di Jetis Yogyakarta , memiliki kesenangan menyerang ajaran  Islam, sayang dialog belum tuntas si pendeta pulang ke negeri Belanda, tetapi salah satu pengikut Domine Bakker yang berasal dari Klaten masuk Islam karena mengagumi kefasihan KHA Dahlan dalam diskusi dengan memahami ayat Al-Qur’an dan ayat Alkitab. KHA Dahlan juga berdiskusi dengan pendeta Dr. Zwemmer warga AS yang bertugas menginjil di Asia termasuk Indonesia. Ketika Dr Zwemmer terdesak maka komentar Ki Hajar Dewantara dalam surat kabar Dharmo Kondo dengan ucapan “Zwemmer tak mampu hadapi Dahlan”.
___________________________________________________________________
*   Disampaikan pada Kajian Intensif Islam, PDM Batang 17 November 2007
** Sekretaris Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah
KHA Dahlan pun juga pernah adu argumentasi dengan DR. Loberton  missionaries yang suka menghujat Islam.  Diskusi dengan tiga pendeta selalu dimenangkan oleh KHA Dahlan karena
a.    diskusi dilakukan bukan dilandasi kebencian, tetapi untuk menunjukkan kesempurnaan agama Islam, maka dilakukan dengan ihlas sehingga mendapat ridha Allah
b.     dialog dilandasi kesadaran bahwa dakwah dapat dilakukan berbagai cara diantaranya dengan diskusi (Q.S 16/an-Nahl : 125)

2.     Jika memahami sejarah krnologis berdirinya Muhammadiyah,  KHA Dahlan termotivasi keprihatinannya terhadap  kristening politik yang dilakukan oleh Gubernur Jendral A.W.V. Idenberg (1909-1916) mendatangkan penyebar Kristen dan Katolik untuk menjalankan mission sacre di Indonesia  sehingga missi dan zending begitu pesat., sekolah dan rumah sakitnya  maju, maka KHA Dahlanpun melakukan tindakan nyata untuk membendungnya, disamping pengentasan kemiskinan terus dilakukan (dengan konsep Al-Ma’un)

3.    Ijtihad KHA Dahlan terhadap Q.S 38/Shaad : 29
“Ini adalah sebuah Kitab yang kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatNya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran”.

Agar orang mampu memahami dan mengamalkan ajaran Islam dengan baik dan benar harus mempelajari dari sumbernya yakni mencermati ayat-ayat Al-Qur’an

4.    Konsep dikotomi Dr. Cristian Snouck Hourgronye, bahwa umat Islam dibagi menjadi dua 1) Islam tradisional, yang harus dihadapi dengan banyak bantuan untuk menanam budi, agar mudah ditundukkan penjajah. 2) Islam politik, yang harus disikapi dengan hati-hati dan membatasi ruang geraknya. Pada kelompok pertama inilah maka strategi Dr. C. Snouck Hourgronye adalah ”Penghancuran Islam dari dalam”

a.    Umat Islam tradisional masih sinkritisme dengan melakukan tahayul,  bid’ah, dan khurafat. Jadikanlah sinkritisme mereka untuk alat melemahkan Islam
b.     jauhkan umat Islam dari al-qur’an, senangkan dengan tilawahnya agar tidak tertarik dengan mutiara ajarannya
c.     ciptakan ketidakpuasan para cendekiawan terhadap Islam, agar mereka menghujat ajaran Islam sendiri  (Mat. 12 : 37-38)

Nampaknya konsep dikotomi dan ketiga strategi Dr. Snouck Hourgronye sampai sekarang masih menjadi tantangan kita

5.    Menilik Q.S 5/Al-Maidah : 48
  
      “Dan kami Telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian[421] terhadap kitab-kitab yang lain itu....”;  

     Diantara fungsi Alqur’an adalah  membenarkan kitab terdahulu. Pengertian membenarkan kitab terdahulu adalah meyakini bahwa kitab terdahulu adalah wahyu Allah, tetapi sudah banyak terkontaminasi tangan manusia (Q.S 5 :13-14). Membenarkan dapat pula mempertkuat tetapi sekaligus juga dapat dimaknakan mengoreksi.

  
a.    Contoh memperkuatàQ.S/Ash-Shaff 61 : 6

”Dan (Ingatlah) ketika Isa ibnu Maryam berkata: "Hai Bani Israil, Sesungguhnya Aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan Kitab sebelumku, yaitu Taurat, dan memberi khabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad)." Maka tatkala Rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: "Ini adalah sihir yang nyata."

à Isa Rasul Allah untuk Bani Israil, memperkuat pengakuan Yesus dalam Matius  15 : 24

àInjil membenarkan kitab Taurat, Yesuspun menyatakan dalam Mat 5 – 17-18. sayang jika ajaran Yesus memperkuat Taurat, tetapi dibatalkan oleh ajaran Paulus dalam Efisus 2 : 15
“Sebab dengan matiNya sebagai manusia, Ia telah membatalkan taurat dengan segala perintah dan ketentuannya....”

àKabar gembira datangnya Nabi Muhammad, diprediksi juga oleh Yesus : akan datang penolong lain (lihat Yohanes 14 : 16), pada ayat 17 ; yaitu Roh kebenaran”. Setiap Kristiani ditanya siapa penolong lain jawabnya selalu Roh Kebenaran adalah Yesus sendiri, mungkin mereka mengambil dari Yohanes 4 : 24 : Roh itu Allah, tetapi akhir ayat menyebutkan harus menyembahNya dalam roh dan kebenaran. Anehnya  jika mencermati  I Yohanes 4 : 1 Roh adalah Nabi, dan secara logika apabila roh kebenaran adalah Yesus mengapa Yesus mengatyakan sendiri “Aku akan meminta kepada Bapa untuk mendatangkan penolong lain”

b.    Contoh mengoreksi
à Q.S 20/Thaahaa : 85 sangat jelas samiri menghianati Musa, sehingga Musa menegur Samiri (ayat 95) dan mengusir Samiri (97), ayat-ayat ini mengoreksi Keluaran 32 : 2-5 bahwa Harun mengumpulkan emas dari umat yang ditinggalkan Musa untuk dijadikan patung anak lembu yang kemudian disembah

àMengapa Allah memuji Dawud dan Sulaiman pada Q.S 38/Shaad :30 karena untuk menolak ayat dalam II Samuel 11 : 3-5 yang menggambarkan perselingkuhan Dawud dengan Batsyeba isteri panglima Urea, sampai hamil, sekaligus juga untuk mengoreksi ayat pada  I Raja-Raja 11 : 3 yang menggambarkan sex maniaknya Nabi Sulaiman karena disebut memiliki 700 isteri dan 300 gundik 
   
c.    Contoh menguji
àBenarkah mereka menyembunyikan isi kitab ? orang kristiani yang tidak bersunat , mungkin karena tidak pernah dibukakan tuntunan Yesus  tentang sunat pada usia 8 hari pada Luk 2 : 21,  Keyakinan trinitas pada umat Kristiani adakalanya tak pernah dibukakan ayat dalam Mrk 12 : 29, justru yang diajarkan adalah Mat 28 : 19 dan 1 yon 5 : 7-8

 à Mengapa diantara kita tidak menanyakan apa buktinya jika umat terdahulu juga melakukan puasa (Q.S 2/Al-Baqarah : 183), ternyata Yesus puasa (Mat 4 : 2) bahkan menambah 2 hari dalam satu minggu (Luk 18 : 12). Musa juga puasa (Kel 34 : 28) dan dilakukan pada bulan ke 9/Ramadhan (Yeremea  36 : 9). Nabi Dawud juga puasa (Mazmur 109 : 24)  

6.    Semakin maraknya kristenisasi dengan berbagai cara

a.    super Mie untuk pengganti aqidah, pemberian modal, membantu SPP, bantuan kerja, hadiah lebaran
b.    membangun gereja dengan bentuk budaya setempat, nyanyian ruhani
c.     mendirikan Apostolos, ITK, STT mempelajari Islamologi 40 SKS, tawaran bea siswa
d.    pendekatan pada pejabat, 2004 menggunakan proyek Yosef àPDS
e.    merusak mental anak muda dengan model 3 D (dipacari, dihamili dan dikristenkan), panti rehabilitasi narkoba, panti KTD
f.      leflet shiratal mustaqim, kaligrafi ”ABANA
g.    menyewa jin
h.    tilawatul injil, shalat sab’u, diskusi ayat Al-Qur’an
i.       
Semua dilakukan karena memang kedengkian ahli Kitab terhadap Islam (Q.S 2 : 109 dan 120), mereka menempuh berbagai cara

MENGENAL ALKITAB/BIBEL/INJIL
        Sering terlontar pertanyaan perlu tidaknya orang Islam mengimani Alkitab Injil?, pertanyaan ini wajar karena rukun iman ke-empat adalah mengimani kitab-kitab (Zabur, Taurat, Injil), Allahpun juga berfirman bahwa Injil itu wahyu Allah yang diturunkan kepada Isa Al-Masih  (Q.S 57/Al-Hadid : 27)

”Kemudian kami iringi di belakang mereka dengan rasul-rasul kami dan kami iringi (pula) dengan Isa putra Maryam; dan kami berikan kepadanya Injil....”

Untuk menjawabnya kita ketahui lebih dahulu perbedaan antara Injil dan Bibel/Alkitab
Menurut Ahmed Dedaat dalam buku The Choice menyebutkan bahwa Injil adalah berarti gospel (ajaran) atau berita baik yang diajarkan Yesus selama masa tugasnya yang singkat. Ajaran Yesus berdasarkan wahyu Allah ( Yoh 7 : 16)
”Jawab Yesus kepada mereka ; Ajaranku tidak berasal dariku sendiri, tetapi dari Dia yang mengutusku’

Ayat ini disamping memperjelas sumber ajaran dari Allah, juga melegalkan bahwa Yesus adalah utusan Allah.

Menurut pengakuan Yesus sendiri dalam Yohanes 12 : 49-50 bahwa ajarannya  bersumber kepada firman Allah, maka Yesus mengancam kepada orang yang menodai Injil (barnabas 58 : 54). Kata Injil adalah bahasa dalam Al-Qur’an, sedang orang kristiani tidak ada yang biasa menyebut Injil, mereka lebih terbiasa menyebut Alkitab. Menurut sebagian orang kristiani yang disebut Injil hanya tulisan Matius, Markus, Lukas dan Yohanes. Apakah mereka murid Yesus? Periksa sendiri daftar kedua belas murid Yesus yang ada di Matius 10 : 2 – 4.
Bibel/Alkitab adalah tulisan suci tentang hubungan Allah dengan manusia, dan pernyataan tentang yang Allah kehendaki

Paulus menyatakan bahwa Alkitab adalah tulisan yang diilhamkan oleh Allah (2 Tim 3 : 16).  Jika Paulus menyatakan bahwa fungsi Alkitab adalah untuk memperbaiki kelakuan dan pendidikan, yang perlu ditanyakan adalah bahasa-bahasa yang fulgar dalam Yehezkel 23 : 1-23 termasuk cara mendidik?.  Umat kristiani menyebutkan bahwa Alkitab bukan hukum tetapi sautu tuntunan (mislanya  babi tidak haram tetapi suatu pantangan, berjilbab bukan wajib tetapi himbauan. Alkitab milik orang Katolik ada tambahan beberapa kitab seperti Thobit, Yudhit, Sirakh, Kebijaksanaan, Barukh, I Makabe dan II Makabe. Alkitabnya orang kristen tidak ada kitab-kitab tersebut. Alkitab milik Katolik dan Kristen adalah terdiri dari Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Perjanjian lama merupakan penghantar kehadiran yesus arahnya pada hukum-hukum taurat, sedang perjanjian baru adalah ajaran Yesus. Sedang sebagian besar dominasi ajaran Paulus., yang pada hakekatnya membatalkan ajaran Yesus, Contoh dalam tabel berikut menyatakan :

Persoalan
Yahudi/Musa
Nasrani/Isa
Islam/Muhammad
Kristen/Paulus
Allah
Ul  6 : 4
Mrk 12 : 29
Muhammad : 19
1 Yon 5 : 7-8
Yesus/Isa

Yoh 7 : 16
Maryam  : 30
Ash Shaff : 6
RM 9 : 5 dan 20
Kis 2 : 26
Taurat
Kel 31 : 18
Mat 5 : 17-18
Albaqarah : 41
Efisus 2 : 15
Bersunat
Kej 32 : 14
Lukas 2 : 21
An-Najm 36-37
Galatea 5 : 2
Babi
Imamat 11 : 7-8
Im 11 7-8
Al-Maidah : 3
1 Kor 6 : 12
Dosa waris
Yeh 18 : 20
Mat 12 : 39
An-Najm 38
Roma 5 : 15
Kawin Campur
Kej 34 : 14
Kej 34 ; 14
Q.S 2 : 221
1Kor 7 : 12

Simpulkan sendiri apakah umat Kristiani mengikuti Yesus atau Paulus

Jika kita mau mencermati akan lebih bingung lagi, Kemana yesus setelah dilahirkan ? diajak ke Mesir menghindari raja Herodes (Mat 2 : 1-15) ataukah ke Yerusalem untuk diserahkan kepada Tuhan  (Luk 2 : 21-23). Kepastian kelahiran Isa/Yesus masa herodes (74-4 SM) ataukah masa Kaisar Agustus (4 M), apakah  25 Desember (musim dingin) ataukah musim panas (Luk 2 : 8)

Jika kita menggunakan aqal dalam mencermati Alkitab akan bertambah semakin besar tanda tanya kita, Misalnya jika mazmur dalam Perjanjian lama dianggap sebagai bagian kitab zabur, layakkah Dawud sebagai Nabi berselingkuh dengan Batsyebha ?. Jika memang Perjanjian Lama adalah Taurat, dan Musa ajarannya berdasar wahyu ?, bila berdasar wahyu allah bagaimana wahyu tentang  Nabi Luth yang berzina dengan kedua putrinya ? (Kej 19 :30-39). Atau benarkah wahyu Allah tentang Nabi Nuh yang mabuk  Kej 9 : 18-27?, yang sangat bertentangan dengan Kej 6 : 9, Jika memang wahyu Allah mengapa ada pelecehan terhadap perempuan (Kid 7 : 7-8)

Dalam Alkitab juga terjadi penambahan (Mat 28 : 19) legitimasi menginjil/berdakwah ke seluruh dunia. Padahal menurut Robert Funk, guru besar  ahli peniliti perejanjian baru di Universitas havard menyampaikan bahwa Injil Matius pasal 28 hanya sampai ayat 15, selebihnya adalah ayat tambahan. Dalam Alkitab juga terjadi penyisipan, cermati kitab suci katolik terbitan Arnoldus dari Endeh satu ayat dijadikan dua ayat dan disisipi kalimat yang ada dalam tanda kurung., misalnya dalam  1 Yon 5 : 7-8
Nah setelah paparan telah disampaikan, perlu dan tidaknya Alkitab diimani tentu kita mampu menyimpulkan sendiri     

AYAT-AYAT AL-QUR’AN  FAVOROIT  UNTUK MENYERANG ISLAM
          Berbagai startegi digunakan untk melampiaskan kebencian terhadap umat Islam, Islamologi yang dipelajarinya tidak untuk mengkaji kebenarannya, tetapi untuk menjungkirbalikan makna ayat dan  memenggal ayat sesuai dengan nafsunya Ayat-ayat yang sering mereka gunakan diantaranya
1.    Q.S 3/ALI-IMRAN : 45
  
”(ingatlah), ketika malaikat berkata: "Hai Maryam, seungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al masih Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah)”

Mereka berkilah dengan ayat ini menunjukkan bahwa status Yesus sangat tinggi, kalimat atau firman yang menurut mereka adalah Yesus dan firman itu adalah Allah (Yoh 1 : 1-2), bahkan mereka dengan seenaknya menafsirkan muqarobbin adalah Rabbun alias Tuhan, nah bagaimana memberikan penjelasan kepada mereka, tentu kita juga harus menggunakan ayat Alkitab mereka sendiri

a.    Kelahiran Isa/Yesus atas kehendak Allah, dan juga memerintahkan Malaikat Jibril (Luk 1 : 26-31)
b.    Kalimat yang dimaksud dengan firman Allah ”Kun Fayakun (Q.S 36/Yasin : 82), Penciptaan Yesus bukan sesuatu yang istimewa karena sama dengan ketika Allah mencipta Adam (Kej. 2 : 7-8)
c.    Kelahirannya untuk meninggikan derajat ibunya (Luk 1 : 30/Q.s 3 :42)
d.    Sebutan Almasih adalah untuk peneguhan, raja ibrani bila dibaiat diteguhkan dengan sebutan ”Al-mashu”. Al-Masih pemberian nama dari Jibril (lukas), tetapi menurut Mat 1 : 23 diberi nama Immanuel = Allah beserta kita.
e.    Terkemuka karena akan memimpin di bani Israil (Mat 15 : 24), di akherat karena akan menjadi saksi bagi 12 suku bani Israil  (Mat 19 : 28)
f.     Secara logika : Jika Yesus adalah Tuhan sejak awal (Yoh 1 : 1-2), adakah ibunya dan pamannya Yohanes yang membatiskan juga menyembahnya, Jika mulai diangkat jadi Tuhan tahun 325 M keputusan consili di Necea dan dilantik Kaisar Konstantin/manusia biasa adakah sah pelantikannya ? Mengapa jika memang Tuhan dan telah ditetapkan disalib menyeru Tuhan juga (Mrk 15 ; 34/Mat 27 : 46)

2.    Q.S 57/AL-HADID : 3
”Dialah yang Awal dan yang akhir yang Zhahir dan yang Bathin, dan Dia Maha mengetahui segala sesuatu”.

Mereka suka menghubungkan ini dengan surat An-Nas, yang mereka maknai bahwa yang dimaksud ayat-ayat tersebut adalah Yesus.
a.    Jika yang awal adalah Yesus justru bertentangan dengan (PL) Kej 1 : 1-2 Allah mencipta alam, sedang Yesus dicpta Allah (Luk 1 : 26-31)
b.    Y ang akhir, karena Allah kekal tak akan hancur
c.    Yang dzahir adalah manusia hanya  mampu melihat ciptaan Allah  (PL) Kel  19 : 16   
d.    Bathin bermakna tidak dapat digambarkan meskipun hanya dzatnya saja (PL) Kej 33 : 20)
e.    Kunci  argumen mereka  dengan menanyakan  siapa Melkisedek  7 : 3 

3.      Q.S 2 : 191 dan193
Sering ayat ini  dijadikan dalih tuduhan bahwa Islam adalah kekerasan bahkan sumber teroris

a.    suruh mereka jangan menyimpulkan sebelum memahami arti secara keseluruhan
à agar dihubungkan dengan 190 = perang bersifat defensif
à tak boleh berlebihan
à ayat 192, jika sudah musuh telah menyerah tak boleh terus diperangi .
b.    tidak berpanjang kalam, kunci argumen mereka dengan menyuruh mereka membuka Mat 10 : 34-35

4.    Q.S 19/MARYAM : 71
Menjadikan mereka berdalih ngapain harus masuk Islam toh tak ada jaminan masuk sorga, mending masuk kristen diselamatkan Yesus dan masuk sorga
a.    ayat 71 sebuah pernyataan, tetapi kuncinya di ayat 72 yakni janji Allah
b.     siapa bilang Yesus Penyelamat, Allahlah Penyelamat (Yesaya 43 : 11), siapa bilang percaya kristus langsung masuk sorga, pasti harus beribadah (Yacobus 2 : 20 / Kel 23 :25)

5.    Q.S 34/AN-NISA’ : 3 (poligami), ayat 11 (warisan diskriminatif)
Sering ayat ini dijadikan penyerangan bahwa Islam tidak mengadvokasi dan diskriminatif terhadap perempuan
a.    mereka tidah membaca dengan cermat syarat poligami
b.    jangankan membaca ayat al-qur’an dengan cermat, membaca Alkitab Mat 19 : 1-12 pun mungkin kurang cermat hanya dipotong bahwa kawin adalah sudah satu daging, tak boleh cerai karena menikah lagi adalah zina, bahkan mungkin mengambil ayat 10 ”jangan kawin”, padahal itu kan dialog Yesus dengan muridnya yang harus difahami dengan utuh
c.    bagaiman Alkitab menyikapi perempuan, agar dibuka
à1 Tim 2: 12 tak boleh mengajar
à1 Kor 14 : 34-35 tak boleh bicara dalam pertemuan
à (PL) Hak 19 : 24-26 wanita boleh diperekosaà untuk melindungi tamu yang menginap memperbolehkan anak perawannya dan gundiknya diperkosa sepanjang malam sampai mati
à (PL) Hos. 14 : 1 perempuan hamil boleh dibelah perutnya à balasan pada Samaria yang dianggap memberontak pada allahnya ?

MENGHADAPI ARGUMENTASI  DENGAN LOGIKA DAN AYAT
          Manusia sebagai makhluq mulia karena memiliki aqal pikiran harus dipergunakan untuk mencari kebenaran, jika Menghadapi serangan dari walantardha jangan emosi, jangan trlihat memojokkan tetapi bisa balik bertanya atau mungkin dengan menggunkan akal, misalnya tentang:

1.    DOSA  WARIS
        Memang jika dapat kita hindari mempermasalhkan keyakinan, karena memang pasti tidak akan ada titik temunya, namun berjaga-jaga adalah sesuatu yang baik.  Pokok ajaran trinitas sebenarnya bermula dari keyakinan bawha manusia semenjak lahir  sudah membawa dosa bawaan yakni dosanya manusia pertama (Roma 5 : 12) ajaran inilah yang kemudian menjadi landasan penebusan (1 Ptr 1 : 18-19)
a.    Pengertian dosa dari kamus bahasa Arab asal kata dari istmun yang berarti kesalahan atau kejahatan, dalam kamus bahasa Indonesia  adalah perbuatan yang melanggar hukum Tuhan atau melanggar hukum agama. Kesimpulannya orang yang berdosa adalah orang yang melakukan kesalahan atau yang melanggar hukum Tuhan
b.     Dosa waris ajaran paulus pada Roma 5 : 12 bertentangan dengan ajaran Musa pada Yeh 18 : 19-20  -- bandingkan dengan Q.S 53/An-Najm 38-39  

2.    PENEBUSAN DOSA (1 Ptr 1 : 18-19)
            Petrus adalah termasuk murid Yesus, tetapi memang pernah menyangkal kepada Yesus, setelah Yesus tidak ada Petrus mengajarkan tentang penebusan dosa.
a.    adilkah jika seseorang menanggung kesalahan orang lain ?
b.    jika Yesus mengajarkan  muridnya untuk berdoa ”ampunilah kami dan dosa kami” (Luk 11 : 4), berarti dosa-dosa belum tertebuskan dong
c.     ajaran penebusan dosa bertentangan dengan Mat 16 : 27, karena Allah pada hari akhir akan  membalas setiap perbuatan dan akan dipertanggung jawabkan (Mat 12 : 36) 

3.    MISTERI PENYALIBAN (Yoh 19 : 16-19) dikoreksi dgn Q.S 4/An-Nisa 157-158
a.    tanyakan siapa sebenarnya pembawa kayu salib ?
àYesus (Yoh 19 : 16-17
à Simon (Mat 27 : 32) à dimana Yesus ? jangan-jangan setelah berdoa digetsamani diselamtkan Allah
b.    Jam berapa Yesus Mati ?
à jam 12.00 (Luk 22 : 24)
à jam 15.00 setelah Yesus memanggil Tuhan (Mrk 15 : 24) à Tuhan siapa
c.     Benarkah Yesus sudah mati ? sudah kata mereka
     à mengepa ditusuk lambungnya mengucurkan darah (Yoh 19 : 34)
àuntuk mempercepat kematian diremukkan kakinya (seperti pada dua penyamun  dikanan kiri Yesus), tapi Yesus tidak diremukkan kakinya. jam 9 di salib jam 15.00 mati secepat itukah, jika tidak di remukkan kakinya mestinya mati karena infeksi bisa juga tetanus, namun toh harus menunggu 2-3 hari karena infeksi
àapa yang dilakukan Maria Magdalena dalam kubur Yesus ? mau meminyaki Yesus ? adakah orang telah mati lukanya diminyaki  (Mrk 16 : 1), siapa Maria Magdalena, dapatkah dihubungkan dengan ”kahlan” dalam Ali Imran 46 ?
àbukankah 2 Malaikat ?  mengatakan pada Maria Magdalena ”Mengapa engkau mencari orang hidup diantara orang mati ?” Luk 24 : 4)
d.    Orang yang mati disalib mulia atau terkutuk (Galatea 3 : 13)
e.    Yesus pasti orang shalih dan doanya terkabulkan (Ibrani 5 : 7), tetapi ketika   memanggil Ely tidak dikabulkan, jangan-jangan bukan Yesus yang berdoa dan disalib, tetapi orang fasiq (Amsal 15 : 29 )à mungkinkah Yudas yang berkhianat ?
f.      Injil Barnabas pasal 215-216 sangat jelas menjawab segala pertanyaan kitaà mengapa tidak diakui padahal

4.    KEBANGKITAN
           Credo orang kristiani memang Yesus bangkit duduk disebelah kanan tuhan Bapa untuk  mengadili manusia, benarkah yesus bangkit
a.    jika yesus mati kan sudah menjadi ruh, tetapi mengapa keluar dari kubur menggulingkan batu (Mrk 16 : 4), tidak menembus dinding kuburà benar-benar mati atau entah jenazah Yesus atau Yudas tetapi memang strategi untuk menyelamatkan Yesus yang terus dikejar orang Yahudi
b.    jika memang sudah mati mengapa akan menemui Maria Magdalena menyamar menjadi tukang kebon dan takut pada orang Yahudi ? (Yoh 20 : 14-16)
c.     jika mati dibangkitkan Allah, mengapa tidak langsung di sisi Allah ?, tetapi mengunjungi beberapi tempat untuk mengajar, apakah tidak menghambat proses menghadap Allah ke Galatea (Mat 28:7), ke Kampung emaus (Luk 24 : 13), ke Yerusalem, makan ikan goreng  (Luk 24 : 33), ke Tiberia  menjala ikan dengan Simon (Yoh 21 : 1)
d.    apakah semua yang bangkit dipertuhan ?
à Henoch (Kej 5:51)
      à Lazarus(Yoh 11:39-44),
      à Orang kudus ketika Yesus dikubur (Mat 27 :51)
e.     siapa yang berani mempraktekkan ayat Mrk 16 : 18--. (Percaya kebangkitan akan berani pegang ular berbisa dan minum racun tidak mati)   
f.      ajaran yesus kebangkitan itu besuk hari kiyamat (Yoh 11 : 23), Yesus memang akan menjadi saksi dan mengadili, tetapi tidak untuk semua orang, Cuma untuk keduabelas suku Israil (Matius 19 : 28)

5.    JURU SELAMAT (Kis 4 : 12)
        Saking PDnya sudah melalui penebusan dosa dan mepercayai kebangkitan, merasa sudah selamat dan sering menyerang umat islam tidak ada jaminan keselamatan.
a.       Jika memang Yesus juriu selamat mengapa tidak mampu menolong diri sendiri (Yoh 5 : 30)
b.      Juru Selamat adalah ajaran paulus (Roma 10 : 9)
c.       Yesus sendiri tidak senang disebut Mesias Mat 16 : 20à dan yang mengatas nama yesus sebagai tuhan, kelak akan diusir dari hadapannya Mat 7 : 21-23
d.      Penyelamat itu Cuma Allah semata (Yesaya 43 : 11)

6.    TRINITAS
Dosa waris, penebusan, penyaliban, kebangkitan dan juru selamat adalah peneguhan ajaran trinitas
a.       trinitas ajaran Paulus dalam Mat 28 : 19 dan 1 Yon 5 : 7-8, yang masih perlu dipertanyakan (lihat penjelasan pada Perlukah mengimani Injil)
b.      bertentangan dengan ajaran Musa Ul 6 : 4, ajaran Isa  Mrk 12 : 29

KESIMPULAN
Umat Islam harus mendakwahkan
Ø  Ultimatum Allah dlm Q.S 5 : 72 -73
Ø  Statement Allah dlm Q.S 98 : 6
Ø  Dogma Isa dalam Q.S 4 : 171

CATATAN
1.    Makalah ini memang tidak seluruh ayat Al-Qur’an dan ayat Alkitab ditulis lengkap, atau hanya disebutkan nama surat dan ayat atau menyebut nama kita, bab dan ayat, karena
a.    untuk meringkas akalah
b.    untuk mengaktifkan peserta mencari sndiri ayat-ayatnya
2.    Untuk lebih mengembangkan maka dituntut peserta melakukan tindak lanjut banyak membaca buku-buku kristologi dan membuka ayat Al-Qur’an dan Alkitab untuk croscek
3.    Perlu mengenal singkatan dan penulisan dari nama kitab dalam Alkitab, misalnya
Mat yang dimaksud Matius,Yoh adalah yohanes penulis injil, Yon adalah Yohanes sahabat Paulus.  II Samoel bila ditulis singkat 2 Sam

oleh: DRA. HJ. SHOIMAH KASTOLANI **






1 Response to "PENGANTAR KRISTOLOGI *"

  1. APAKAH ANDA MEMILIKI KASIH TERHADAP ALLAH?

    KESAKSIAN YESUS TENTANG DIRINYA
    Yohanes 5:19-47 (TB) Maka Yesus menjawab mereka, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau tidak Ia melihat Bapa mengerjakannya; sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak.
    Sebab Bapa mengasihi Anak dan Ia menunjukkan kepada-Nya segala sesuatu yang dikerjakan-Nya sendiri, bahkan Ia akan menunjukkan kepada-Nya pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar lagi dari pada pekerjaan-pekerjaan itu, sehingga kamu menjadi heran.
    Sebab sama seperti Bapa membangkitkan orang-orang mati dan menghidupkannya, demikian juga Anak menghidupkan barangsiapa yang dikehendaki-Nya.
    Bapa tidak menghakimi siapa pun, melainkan telah menyerahkan penghakiman itu seluruhnya kepada Anak,
    supaya semua orang menghormati Anak sama seperti mereka menghormati Bapa. Barangsiapa tidak menghormati Anak, ia juga tidak menghormati Bapa, yang mengutus Dia.
    Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup.
    Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya saatnya akan tiba dan sudah tiba, bahwa orang-orang mati akan mendengar suara Anak Allah, dan mereka yang mendengarnya, akan hidup.
    Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan-Nya Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri.
    Dan Ia telah memberikan kuasa kepada-Nya untuk menghakimi, karena Ia adalah Anak Manusia.
    Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba, bahwa semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suara-Nya,
    dan mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum.
    Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku.
    Kalau Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, maka kesaksian-Ku itu tidak benar;
    ada yang lain yang bersaksi tentang Aku dan Aku tahu, bahwa kesaksian yang diberikan-Nya tentang Aku adalah benar.
    Kamu telah mengirim utusan kepada Yohanes dan ia telah bersaksi tentang kebenaran;
    tetapi Aku tidak memerlukan kesaksian dari manusia, namun Aku mengatakan hal ini, supaya kamu diselamatkan.
    Ia adalah pelita yang menyala dan yang bercahaya dan kamu hanya mau menikmati seketika saja cahayanya itu.
    Tetapi Aku mempunyai suatu kesaksian yang lebih penting dari pada kesaksian Yohanes, yaitu segala pekerjaan yang diserahkan Bapa kepada-Ku, supaya Aku melaksanakannya. Pekerjaan itu juga yang Kukerjakan sekarang, dan itulah yang memberi kesaksian tentang Aku, bahwa Bapa yang mengutus Aku.
    Bapa yang mengutus Aku, Dialah yang bersaksi tentang Aku. Kamu tidak pernah mendengar suara-Nya, rupa-Nya pun tidak pernah kamu lihat,
    dan firman-Nya tidak menetap di dalam dirimu, sebab kamu tidak percaya kepada Dia yang diutus-Nya.
    Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku,
    namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu.
    Aku tidak memerlukan hormat dari manusia.
    Tetapi tentang kamu, memang Aku tahu bahwa di dalam hatimu kamu tidak mempunyai kasih akan Allah.
    Aku datang dalam nama Bapa-Ku dan kamu tidak menerima Aku; jikalau orang lain datang atas namanya sendiri, kamu akan menerima dia.
    Bagaimanakah kamu dapat percaya, kamu yang menerima hormat seorang dari yang lain dan yang tidak mencari hormat yang datang dari Allah yang Esa?
    Jangan kamu menyangka, bahwa Aku akan mendakwa kamu di hadapan Bapa; yang mendakwa kamu adalah Musa, yaitu Musa, yang kepadanya kamu menaruh pengharapanmu.
    Sebab jikalau kamu percaya kepada Musa, tentu kamu akan percaya juga kepada-Ku

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang Bijak! Hanya komentar yang sopan yang Kami terbitkan di situs ini. Baca Kebijakan Situs

No Sara, No Spam!