Sunnah-Sunnah Puasa Bulan Ramadhan

Advertisement
Hal-hal yang disunnahkan 
saat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan

Pada dasarnya segala amalan di bulan ramadhan akan dilipat gandakan oleh Allah SWT, mengingat Ramadhan adalah bulan penuh keberkahan yang telah digariskan dalam Al-Qur'an maupun hadis Nabi SAW. Namun terkait dengan ibadah puasa, ada beberapa amalan yang dapat menambah pahala puasa jika hal demikian dilakukan. Telah kami sebutkan secara rinci pada artikel puasa ramadhan yang sempurna. Secara ringkas akan ami intisarikan pada beberapa hal berikut:

Mengakhirkan sahur sampai akhir waktu malam, selama tidak dikhawatirkan terbit fajar. Selengkapnya Anda dapat membaca artikel kami "Anjuran Sahur Puasa Ramadhan"

Segera berbuka puasa bila benar-benar matahari telah terbenam.

Jika dicaci maki, supaya mengatakan : "Saya berpuasa," dan jangan membalas mengejek orang yang mengejeknya, memaki orang yang memakinya, membalas kejahatan orang yang berbuat jahat kepadanya; tetapi membalas itu semua dengan kebaikan agar mendapatkan pahala dan terhindar dari dosa.

Puasa adalah perisai, bila suatu hari seseorang dari kamu beupuasa, hendaknya ia tidak bevkata buruk dan berteriak-teriak. Bila seseorang menghina atau mencacinya, hendaknya ia berkata 'Sesungguhnya aku sedang puasa’." (HR. Al- Bukhari, Muslim dan para penulis kitab Sunan).

Berdo'a ketika berbuka puasa, seperti membaca:

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ اْلعُرُوْقُ وَ ثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ 

“Hilanglah haus dan basahlah urat-urat, dan pahalanya pun telah ditetaokan, Insya Allah.” (HR. Abu Dawud, Daruquthny dan Al Hakim)

Tata Cara Puasa di Bulan Ramadhan

e. Berdo'a ketika berbuka puasa sesuai dengan yang diinginkan, karena doa orang yang sedang berpuka puasa itu akan dikabulkan oleh Allah.


f. Berbuka dengan kurma yang masih segar, jika tidak punya maka dengan kurma kering, dan jika tidak punya cukup dengan air.



1 Response to "Sunnah-Sunnah Puasa Bulan Ramadhan"

  1. saya sudah follow yaa..follbacknya ditunggu,,sesuai janji "I Follow U Follow" jodyworld.id-fb.com

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang Bijak! Hanya komentar yang sopan yang Kami terbitkan di situs ini. Baca Kebijakan Situs

No Sara, No Spam!