Contoh Makalah Kesehatan Tabungan Ibu Bersalin

Advertisement

Kata Pengantar Pemakalah
Assalamu alaikum Wr. Wb

Syukur Alhamdulillah, segala puja dan puji hanya milik Allah s.w.t. yang berhak untuk menerimanya.Nikmat yang telah di anugerahkan kepada hamba_Nya yang tak terkira jumlahnya patut untuk disyukuri baik melalui lisan maupun amal.Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabiullah tercinta Muhammad s.a.w. keluarga,maupun para sahabtnya.Dengan ini, ingin bersyukur melalui amal dalam bentuk penulisan makalah ini dengan judul “ASUHAN KUMUNITAS (TABULIN)”,dan penulis sadar bahwa karya ini tak mungkin terwujud tanpa disadari dengan niat yang tulus serta perjuangan yang pantang menyerah.

Baca Juga Makalah Kesehatan Lainnya:
  1. Contoh Makalah Kebidanan Penanganan Atonia Uteri
  2. Contoh Makalah Kesehatan (Kebidanan) tentang Dismonerhae
     
Contoh Makalah Kesehatan Tabungan Ibu Bersalin 1

Akhirnya penulis berharap semoga malah ini dapat bermanfaat bagi para mahasiswi Akademi Kebidanan khususnya maupun masyarakat umumnya yang kurang mengetahui tentang hal tersebut.Kiranya penulis berharap juga makalah ini dapat menjadi sumbangsih kepada Bangsa dan Negara yang sedang mengalami reformasi di segala bidang.Dengan iringan doa yang tulus,semoga Allah s.w.t. selalu mencurahkan Rahmat_Nya dan menuntun kita di setiap pemikiran dan langkah dalam menegakkan risalhnya.Amin Ya Rabbal alamin…..


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar belakang Makalah

Tabulin adalah salah satu program kesehatan yang dinilai sangat positif karena langsung menyentuh masyarakat. Tabungan yang bersifat social ini sangat membantu warga, terutama yang ekonominya lemah. Program ini sangat tepat dan efektif dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat. Warga tidak akan merasa terbebani dalam mendukung program tersebut karena penggalangan dana tabungan dilakukan melalui pola jimpitan (sejenis iuran sukarela). Tabungan ini sifatnya incidental, keberadaannya terutama pada saat mulai kehamilan dan berakhir ketika ibu sudah melahirkan.


Tabungan bersalin (tabulin) sudah dimulai sebelum ada desa siaga. Bidan dituntut memberi penjelasan kepada ibu hamil dan keluarga tentang kegunaan tabulin, meskipun orang yang mampu. Seharusnya oraang yang mampu tersebut dapat member contoh kepada orang yang tidak mampu untuk menabung. Ibu hamil yang mengikuti tabulin diberi buku yang dibawa setiap pemeriksaan.

B. Rumusan masalah

a. Apa pengertian dari tabulin?
b. Apa manfaat dari tabulin?
c. Tujuan dari tabulin?


BAB II: PEMBAHASAN
MAKALAH LESEHATAN (TABULIN)
(TABUNGAN IBU BERSALIN)

A. Pengertian

Tabulin adalah salah satu program kesehatan yang dinilai sangat positif karena langsung menyentuh masyarakat. Tabungan yang bersifat social ini sangat membantu warga, terutama yang ekonominya lemah. Program ini sangat tepat dan efektif dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat. Warga tidak akan merasa terbebani dalam mendukungprogram tersebut karena penggalangan dana tabungan dilakukan melalui pola jimpitan (sejenis iuran sukarela). Tabungan ini sifatnya incidental, keberadaannya terutama pada saat mulai kehamilan dan berakhir ketika ibu sudah melahirkan. Tabungan ini akan sangat membantu, terutama bagi ibu hamil dan keluarganya pada saat menghadapi persalinan karena masalah biaya dapat diatasi. Secara psikologis, ibu akan merasa tenang menghadapi persalinan. Tabulin ini biasanya dikoordinasi oleh tokoh masyarakat atau petugas kesehatan yang akan menjamin akses ibu ke pelayanan kesehatan. Perlindungan pembiayaan kesehatan sendiri harusnya dimiliki setiap individu selama fase kehidupannya.

B. Tujuan Penulisan Makalah

Keberhasilan pemberdayaan perempuan di sector kesehatan juga terlihat pada indicator persalinan yang ditolong medis. Intervensi yang dilakukan adalah menggiatkan penyuluhan masyarakat, khususnya dipedesaan dan menyediakan lebih banyak lagi pusat “pelayanan kesehatan masyarakat” bersama tenaga medisnya. Pemberdayaan perempuan di sector kesehatan telah berhasil meningkatkan usia harapanhidup perempuan. Salah satu kegiatan ini adalah membuat tabungan ibu bersalin (tabulin).

Adapun tujuan dari diadakannya tabulin ini adalah sebagai berikut :

1. Menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Indonesia
2. Meningkatkan derajat kesehatan masyrakat, terutama ibu hamil
3. Memotivasi masyarakat, terutama ibu hamil untuk menyisihkan sebagian uang di tabung sebagai persiapan persalinan .

Melalui tabulin bumil diharapakan dapat menabung sehingga saat melahirkan, tidak mengalami kesulitan biaya persalinan karena sudah adadana tabungan. Kegiatan ini adalah upaya yang sangat baik untuk menurunkan angka kematian ibu. Meskipun demikian, cara ini belum menjamin 100% menjamin ibu hamil selamat dari maut.

C. Manfaat Tabulin


Ada pun manfaat dari tabulin antara lain :

1. Sebagai tabungan / simpanan itu yang digunakan untuk biaya persalinan atau sesudah persalinan .
2. Ibu dan keluarga tidak merasa terbebani terhadap biaya persalinan.

Prinsip Dasar Tabulin

Tabungan bersalin (tabulin) sudah dimulai sebelum ada desa siaga. Bidan dituntut memberi penjelasan kepada ibu hamil dan keluarga tentang kegunaan tabulin, meskipun orang yang mampu. Seharusnya oraang yang mampu tersebut dapat member contoh kepada orang yang tidak mampu untuk menabung. Ibu hamil yang mengikuti tabulin diberi buku yang dibawa setiap pemeriksaan.

Tabungan ini dibentuk berdasarkan rukun warga (RW) atau posyandu. Jika ada 4 posyandu disuatu tempat tabungannya ada empat didesa tersebut. Kita juga harus menentukan jumlah tabungan ibu hamilsetiap minggunya dan member penjelasan kepada ibu hamil, betapa pentingnya manfaat tabulin sehingga ibu hamil mempunyai kesadaran untuk melaksanakan tabulin. Bannyak sekali hal yang sebenarnya kelihatan kecil atau sepele, seperti menyiapakan tabungan dan bantuan tetangga yang dapat mengantarkan pada saat terjadinya persalinan secara tiba-tiba. Hal ini dapat menginspirasi banyak masyarakat agar masa mendatang, tabulin dapat disosialisasikan dengan baik di masyarakat

Langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam tabulin :

a. Pengalokasian / pemanfaatan pembiayaan kesehatan.
b. Identifikasi sumber dana yang sudah ada dan yang akan dikembangkan.
c. Cara pengelolaan dan pembelajaran perlu kejelasan dalam hal mekanisme pengumpulan dana, kesempatan pengelolaan dan sistem kontrak.
d. Kesiapan keluarga dan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembiayaan kesehatan yang telah dan akan dikembangkan.

Indikator keberhasilan dalam tabulin :

a. Dana terhimpun, masyarakat yang berpartisipasi dalam pembiayaan kesehatan masyarakat.
b. Pengalokasian tepat sasaran sesuai berbagai kebutuhan kesehatan (promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif).
c. Pengelolaan dan pemanfaatan tertib, mudah, lancar.
d. Kegiatan yang berkesinambungan.

Tabulin atau tabungan ibu bersalin merupakan bagian dari program yang ada, dimana Ikatan Bidan Indonesia (IBI) selaku mitra Depkes dan BKKBN turut membina masyarakat untuk sosialisasi program ini. Selain itu utk biaya melahirkan, Tabulin juga bisa dipakai sebagai penunjang biaya pasca persalinan. Beragam penyuluhan yang menjadi program penting dalam siaga ini, karena dalam penyuluhan warga selalu diingatkan akan biaya kehamilan akan 3 TERLAMBAT, yaitu:

a. terlambat mengenali tanda bahaya
b. terlambat sampai RS
c. terlambat mendapat pertolongan bidan/ dokter.
Juga bahaya 4 TERLALU yaitu :

d. terlalu sering
e. terlalu muda
f. terlalu tua
g. terlalu banyak.

Yang merupakan faktor resiko terjadinya komplikasi persalinan Sebelum ada desa siaga sudah dimulai dengan tabungan Ibu bersalin (Tabulin). Jadi kita menerangkan ke Ibu hamil dan keluarganya, meskipun kaya. Justru orang kaya tersebut memberikan contoh kepada orang-orang yang tidak mampu untuk menabung. Dan Ibu hamil di berikan buku yang dibawa setiap pemeriksaan.

BAB III
PENUTUP
MAKALAH LESEHATAN (TABULIN)

A. Kesimpulan

Dari hasil penjelasan di atas maka kami dapat menyimpulkan sebagai berikut :

Tabulin adalah salah satu program kesehatan yang dinilai sangat positif karena langsung menyentuh masyarakat. Tabungan yang bersifat social ini sangat membantu warga, terutama yang ekonominya lemah. Program ini sangat tepat dan efektif dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat.

Adapun tujuan dari diadakannya tabulin ini adalah sebagai berikut :

1. Menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Indonesia
2. Meningkatkan derajat kesehatan masyrakat, terutama ibu hamil
3. Memotivasi masyarakat, terutama ibu hamil untuk menyisihkan sebagian uang di tabung sebagai persiapan persalinan .

Ada pun manfaat dari tabulin antara lain :

1. Sebagai tabungan / simpanan itu yang digunakan untuk biaya persalinan atau sesudah persalinan .
2. Ibu dan keluarga tidak merasa terbebani terhadap biaya persalinan.

B. Saran

Seharusnya oraang yang mampu tersebut dapat member contoh kepada orang yang tidak mampu untuk menabung. Ibu hamil yang mengikuti tabulin diberi buku yang dibawa setiap pemeriksaan. Program ini sangat tepat dan efektif dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat. Warga tidak akan merasa terbebani dalam mendukungprogram tersebut karena penggalangan dana tabungan dilakukan melalui pola jimpitan (sejenis iuran sukarela).
DAFTAR PUSTAKA

http//:asuhan26.pdf kutipan pada tanggal 28 September 2011 
Maimunah,siti.Kamus istilah Kebidanan.ECG.Jakarta.2005
http://jurnalbidandiah.blogspot.com/

Makalah Kesehatan Tabungan Ibu Bersalin disusun Oleh Mahasiswa Akbid Syekh Yusuf SULSEL. Salam Bermanfaat.


0 Response to "Contoh Makalah Kesehatan Tabungan Ibu Bersalin"

Post a Comment

Berkomentarlah yang Bijak! Hanya komentar yang sopan yang Kami terbitkan di situs ini. Baca Kebijakan Situs

No Sara, No Spam!