Derivasi pengertian Jilbab Cantik Nan Islami Ala Muslimah

Advertisement
Tongkronganislami.net,- Secara bahasa, jilbab berasal dari bahasa arab yaitu dari kata jalbaba– yujalbibu–jalbabatan, yang artinya menutup, kata dasar ini mengikuti wazan fa‟lala. Dan ada juga yang ikut wazan tafa‟lala yaitu dari kata dasar tajalbaba-yatajalbabu-tajalbuban yang artinya berjilbab. Sebelum sampai pada pemaknaan jilbab, akan diuraikan terlebih dahulu makna pakaian dalam Al-Qur‟an. Karena jilbab adalah salah satu jenis pakaian. Paling tidak Al-Qur‟an telah menggunakan tiga istilah untuk pakaian, yaitu libas, tsiyab dan sarabil.

Libas adalah penutup, apapun yang ditutup, meskipun hanya sebagian, seperti cincin yang dipakai dijari manis. Dalam Al-Qur‟an libas digunakan untuk menunjukkan pakaian lahir maupun batin seperti taqwa yang dalam Al-Qur‟an surat al-A‟raf [7] ayat 26 disebut juga dengan libasuttaqwa. Berbeda dengan kata libas, kata tsiyab dalam surat al-Muddatsir [84] ayat 4 hanya menunjukkan pada pakaian lahir. Kata ini diambil dari kata tsaub yang berarti kembali, yakni kembalinya sesuatu pada keadaan semula atau pada keadaan yang seharusnya sesuai pada ide pertanyaannya.

pengertian jilbab dalam hadis

Ide dasar pakaian berdasarkan surat Al-A‟raf [7] ayat 20-22 yang mengisahkan tentang adam dan hawa bahwa ide dasar pakaian adalah untuk menutup aurat. Namun karena godaan setan, aurat manusia menjadi terbuka (atau kalau sekarang dibuka). Dengan demikian, aurat yang ditutup dengan pakaian, akan dikembalikan pada ide dasarnya, yaitu untuk ditutup, bukan untuk dibuka apalagi untuk dipamerkan. Ayat itu juga menegaskan bahwa menutup aurat adalah fitrah  manusia  yang  diaktualkan  pada  saat  ia  memiliki  kesadaran.  Dengan demikian ide membuka aurat adalah ide setan, dan karenanya  tanda-tanda kehadiran setan keterbukaan aurat.

Kata yang ketiga adalah sarabil. Kata ini berarti pakaian, apapun jenis dan bahannya. Dalam Al-Qur‟an kata ini hanya disebut dua kali. Dalam surat An-Nahl [16] ayat 81 dijelaskan sarabil adalah pakaian yang berfungsi untuk menangkal sengatan panas, dingin dan bahaya dalam peperangan. Dalam surat Ibrahim [14] ayat 50 dijelaskan tentang siksa yang akan dialami   oleh orang-orang berdosa kelak „pakaian mereka dari pelangkin‟. Dari sini dipahami bahwa pakaian ada yang menjadi alat penyiksa. Siksa tersebut karena yang bersangkutan tidak menyesuaikan diri dengan nilai-nilai yang diamanatkan oleh Allah.

jilbab cantik yang dikenakan wanita muslimahKata jilbab yang sudah menjadi bahasa  Indoneia  diberi  makna  yang berbeda oleh para ulama‟. Makna-makna jilbab itu antara lain: baju yang longgar atau kerudung penutup kepala wanita, pakaian yang menutupi baju dan kerudung yang dipakai, semua pakaian yang menutupi aurat wanita.

Jilbab secara istilah, para ahli bahasa berbeda-beda dalam mendefinisaikan jilbab akan tetapi dengan makna dan tujuan yang sama.  Menurut al-Biqo‟i yang dikutip oleh Quraish Shihab dalam tafsir al-Misbah bahwa jilbab adalah pakaian yang menutupi baju dan kerudung atau semua pakaian yang menutupi wanita.

Menurut  Ahmad  Mustofa  Al-Maragi  dalam  tafsirnya  Al-Maragi  mengatakan bahwa jilbab adalah baju kurung yang meliputi seluruh tubuh wanita, lebih dari sekedar baju biasa dan kerudung.

Dari beberapa definisi diatas dapat diambil kesimpulan bahwa Jilbab yaitu pakaian yang menutupi aurat wanita. Jilbab adalah pakaian lebar dan sekaligus kerudung (penutup kepala). Jilbab dalam bahasa arab disebut juga sebagai hijab yang  hampir sama dengan satir yaitu keterpisahan (pemisah) atau penutup. Ada juga yang mengartikan jilbab sebagai penutup wajah, apapun yang diartikan oleh para alhi memiliki maksud yang sama yaitu sebagai penutup aurat.

Daftar Rujukan

AW Munawwir dan Muhammad Fairuz, Kamus Al-Munawwir Indonesia-Arab Lengkap, (Surabaya: Pustaka Progresif, 2007).

Quraish Shihab, Tafsir al-Misbah, volume II, (Jakarta; Lentera Hati, 2002).

Ahmad Mustofa Al-Maragi, Tafsir Al-Maragi, jus. XXII.

Demikianlah artikel Derivasi pengertian Jilbab Cantik Nan Islami Ala Muslimah mudahan bermanfaat.