Urgensi Belajar Tauhid bagi Keluarga tercinta

Advertisement
Urgensi Belajar Tauhid bagi Keluarga - Tauhid merupakan masalah yang paling mendasar dan utama dalam Islam. Namun demikian masih banyak dari kalangan awam yang belum mengerti, memahami dan menghayati sebenarnya akan makna dan hakikat dari tauhid yang dikehendaki Islam, sehingga tidak sedikit dari mereka secara tidak dasar telah terjerumus ke dalam pemahaman tentang keyakinan yang keliru atau salah diartikan.Umat Islam harus memahami dan mengerti risalah yang dibawah Rasulullah saw.

Tauhid merupakan dasar peradaban Islam, sebab esensi peradaban Islam adalah agama Islam (baca: pengertian tauhid). sementara esensi ajaran Islam itu sendiri adalah tauhid, yaitu suatu afirmasi atau pengakuan bahwa Allah adalah Maha Esa, Pencipta yang mutlak dan transenden serta Raja dan Penguasa alam semesta. Tauhid memiliki implikasi yang sangat penting dalam sistem dan struktur amal dalam Islam. Dengan tauhid, seorang muslim akan menjadikan Allah sebagai terminal akhir dan ultimate serta dasar aksiologi dari semua mata rantai aktivitas di dunia.
Belajar Tauhid bagi Keluarga tercinta

Menurut pendapat Amin Rais, Pandangan dunia tauhid itu bukan saja mengesakan Allah seperti yang diyakini oleh kaum monoteis, melainkan juga mengakui kesatuan penciptaan, kesatuan kemanusiaan, kesatuan tuntunan hidup, dan kesatuan tujuan hidup, yang semua itu merupakan derivasi dari kesatuan ketuhanan” (baca: Tujuan Menanamkan Tauhid). 

Formulasi kalimat tauhid adalah kalimat thayyibah Laa Ilaaha illallah, yang berarti tiada Tuhan selain Allah. Dengan mengucapkan kalimat Laa Ilaaha Illallah ini, seorang manusia tahu dan memutlakkan Allah Yang Maha Esa sebagai Khalik dan menisbikan selain-Nya, sebagai ciptan-Nya (makhluk). Dengan dasar ini maka pendidikan tauhid menjadi suatu yang vital dalam kehidupan manusia sebab dengan memembekali dasar tauhid manusia akan selalu ingat kepada Allah. Orang yang berpaling dari pengetahuan tentang tauhid akan tersesat karena akan selalu mengikuti pikiran-pikiran yang salah yang akan menjerumuskan kelembah kemusyrikan.

Pengalaman tauhid merupakan pengalaman yang bersifat suci, maka pengalaman ini dalam kehidupan manusia akan menjadi sumber inspirasi kehidupan jiwa dan pendidikan kemanusiaan yang tinggi. Hal ini disebabkan tauhid akan mendidik jiwa manusia untuk mengikhlaskan seluruh hidup dan kehidupannya kepada Allah semata. Tujuan hidup hanyalah Allah dan harapan yang dikejarnya adalah keridhaan-Nya, yang akhirnya akan membawa konsekuensi pembinaan karakter yang agung dan menjadi manusia yang suci, jujur, dan teguh memegang amanah Allah.

Pendidikan tauhid sangatlah penting, karena mempunyai relevansi dengan konsep tauhid itu sendiri. Menurut Jalaluddin Rahmat, pengajaran tauhid menjadi penting karena beberapa hal :
1. tauhid mendasari seluruh pemikiran kita tentang dunia, tauhid adala weltanschaung kita.
2. secara otomatis, konseptualisasi tauhid menyiratkan konseptualisasi syirik yang mempunyai implikai-implikasi sosial.
3. tauhid adalah konsepsi Islam yang dapat dipertentangkan denan sekularisme, humanisme atau eksistensialisme.

Awal munculnya manusia sampai sekarang yang masih tetap komitmen untuk membebaskan manusia dari keterikatan yang membelenggu kehidupan menuju kemerdekaan yang hakiki dan tinggi, yang semua itu akan berorientasi pada pengakuan akan keesaan Allah. Jadi pendidikan tauhid menjadi sangat penting, hal ini disebabkan

1. Tauhid akan mengantarkan manusia kepada posisi yang mulia menjadi lebih sempurna dengan akan dimasukkannya manusia yang bertauhid ke dalam surga.

2. Adanya fenomena akan semakin lunturnya makna kemanusiaan yang tidak menuntut kemungkinan dapat hilang sama sekali, ini berarti merusak bangunan tauhid yang dimiliki setiap manusia.

Dalam posisi yang kedua ini, manusia akan kehilangan jati dirinya sebagai ahsani taqwim. Oleh karena itu rekonstruksi manusia harus selalu diupayakan dan hal ini merupakan suatu kebutuhan dengan menginternalisasikan, membiasakan dan mentranformasikan nilai-nilai ilahi yang tertinggi melalui pendidikan tauhid. 

Pentingnya belajar pendidikan tauhid, menurut Mar’ie Muhammad, disebabkan “tauhid mempunyai relevansi yang dalam di tengah kehidupan manusia sehari-hari”. Kita menyaksikan manusia telah mencapai berbagai kemajuan dalam bidang materi, ilmu dan teknologi yang mengagumkan, namun umat manusia mengalami penyakit mental yang kronis dan serius yakni kehilangan pegangan hidup. Umat manusia tampaknya telah mengalami apa yang disebut kekosongan jiwa. Kehilangan pegangan hidup mengakibatkan umat manusia tidak mempunyai arah dan tidak tahu untuk apa hidup di dunia yang fana ini (baca: penanaman tauhid sejak dini). Tentunya suatu ironi bahkan suatu tragedi, jika penyakit mental dan spiritual yang berbahaya ini menjangkiti mereka yang menyatakan dirinya muslim.

Manusia yang kehilangan pegangan hidup meskipun mereka bergelimang dalam materi namun merana secara mental dan spritual. Mereka akan mudah terperosok ke dalam tingkah laku yang tidak mencerminkan nilai-nilai kemanusiaan, bahkan mereka dapat berperilaku menghancurkan nilai-nilai kemanusiaan. Hal ini bila dibiarkan maka pada gilirannya akan menghancurkan peradaban umat manusia. Padahal tujuan hidup manusia adalah semata-mata untuk mengabdi kepada Allah. Mengabdi di sini mempunyai makna luas, tidak sebatas menjalankan rukun Islam saja. Hal ini mengandung arti menjalankan semua perintah dan larangan Allah secara konsisten dengan penuh keikhlasan.

Dengan demikian pendidikan tauhid begitu penting bagi manusia sebagaimana pentingnya kedudukan dan fungsi tauhid itu sendiri dalam Islam. Begitu besarnya pengaruh tauhid atas kehidupan manusia. Orang yang menolak tauhid akan hidup sengsara di dunia dan akhirat.

Oleh karena itu pendidikan tauhid hendaknya dilakukan sedini mungkin, sebab setiap anak mempunyai fitrah bertuhan sejak sebelum ia lahir di dunia. Anak hendaknya dibina ketauhidannya hingga perkembangan ketauhidannya semakin sempurna. Ia menjadi manusia tauhid yang benar- benar mencintai Allah di atas segalanya.

Terimah kasih telah membaca artikel Urgensi Belajar Tauhid bagi Keluarga tercinta. Mudahan bermanfaat

0 Response to "Urgensi Belajar Tauhid bagi Keluarga tercinta"

Post a Comment

Berkomentarlah yang Bijak! Hanya komentar yang sopan yang Kami terbitkan di situs ini. Baca Kebijakan Situs

No Sara, No Spam!