Adab Muslim Pada Hari Jumat

Advertisement
Adab Muslim Pada Hari Jumat

Jumat merupakan salah satu hari yang sangat penting dalam Islam. Rasulullah SAW. Sendiri menyebutnya dengan “sayyidul ayyam” atau “penghulu hari”. Rasulullah SAW bersabda: “Penghulu hari adalah jumat dan ia adalah seagung-agung hari bagi Allah SWT. Bahkan lebih agung bagi Allah SWT daripada Idul Fitri dan Idul Adha” (HR. Ahmad dan Ibnu Maajah)

Pada hari jumat terdapat beberapa amal yang disunnahkan, bahkan dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Bila dilaksanakan dengan baik, Insya Allah SWT kualitas ketakwaan kita kepada-Nya bisa menjadi lebih baik.

1. Memperbanyak Sholawat Kepada Nabi, Rasulullah SAW bersabda:


عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ الْأَنْصَارِيِّ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: أَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَإِنَّهُ لَيْسَ يُصَلِّي عَلَيَّ أَحَدٌ يَوْمَ الْجُمُعَةِ إِلَّا عُرِضَتْ عَلَيَّ صَلَاتُهُ

Perbanyaklah sholawat untukku pada hari jumat, karena sesungguhnya tidaklah seseorang bersholawat kepadaku kecuali sholawat tersebut akan sampai kepadaku

2. Memperbanyak Do'a, pada hari jumat kaum muslimin sangat dainjurkan untuk banyak berdo’a, karena pada hari jumat Allah SWT akan mengabulkan doa Hamba-Nya. Abu Hurairah meriwayatkan Bahwa Rasulullah SAW bersabda


إِنَّ فِيْ يَوْمِ الجُمُعَةِ لَسَاعَةً لَا يُوَافِقُهَا مُسْلِمٌ وَهُوَ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللهَ فِيْهَا شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَاهُ

Sesungguhnya pada hari jumat, ada suatu saat didapati oleh seorang muslim dan ia sedang shalat, memohon kepada Allah SWT suatu kebaikan, melainkan Allah SWT memberikan kepada-Nya”(HR. Jamaah)

3. Membaca surat al-kahfi. Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ
(رواه النسائي والبيهقي )

"Barang siapa membaca surat al-kahfi pada hari jumat, maka cahaya meneranginya pada dua jumat." (HR. An-Nasa'i, Al-Baihaqi, Hakim dan beliau menshohihkannya)

4. Mandi, menggunakan pakaian yang bersih dan menggunakan parfum serta tidak melangkahi orang-orang yang duduk dan tidak memisahkan mereka karena Rasulullah SAW bersabda:

وعن أبي هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : إِذَا كَانَ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فَاغْتَسَلَ الرَّجُلُ , وَغَسَلَ رَأْسَهُ , ثُمَّ تَطَيَّبَ مِنْ أَطْيَبِ طِيبِهِ , وَلَبِسَ مِنْ صَالِحِ ثِيَابِهِ ، ثُمَّ خَرَجَ إِلَى الصَّلاَةِ وَلَمْ يُفَرِّقْ بَيْنَ اثْنَيْنِ , ثُمَّ اسْتَمَعَ لِلإِمَامِ غُفِرَ لَهُ مِنَ الْجُمُعَةِ إِلَى الْجُمُعَةِ , وَزِيَادَةُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ (رواه ابن خزيمة في صحيحه)

"Dari abu hurairah RA berkata. Rasulullah SAW bersabda, jika pada hari jumat, seseorang mandi, dan membasuh kepalanya, kemudian memakai wewangian yang paling wangi dari wewangian yang ia miliki, dan memakai pakaiannya yang bagus, lalu ia keluar untuk sholat dan tidak memisahkan dua (orang yang telah duduk), lalu ia mendengarkan imam. Maka diampuni dosanya pada jumat itu hingga jumat yang selanjutnya dan di tambah (ampunannya) tiga hari" (diriwayatkan oleh khuzaimah dalam sohihnya)

Adab Pada Hari Jumat 2
5. Menyegerakan datang ke masjid. Rasulullah SAW besabda:

مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُسْلَ الجنابةِ، ثُمَّ رَاحَ فِيْ السَاعَةِ الأُولىَ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً، ومَنْ راحَ فِيْ السَاعَةِ الثَانِيَةِ؛ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بقرةً، ومَنْ رَاحَ فِيْ السَاعَةِ الثَالِثَةِ؛ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ كَبْشاً آقْرَنَ، وَمَنْ رَاحَ فِيْ السَاعَةِ الرَابِعَةِ؛ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ دجَاجَةً، ومَنْ رَاحَ فِيْ السَاعَةِ الخَامِسَةِ؛ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَيْضَةً، فَإِذَا خَرَجَ الِامَامُ حَضَرَتِ المَلاَئِكَةُ يَسْتَمِعُوْنَ الذِكْرَ

Barang siapa yang mandi pada hari jumat serupa junub, kemudian pagi-pagi (datang awal) ia pergi ketempat jumat, pahalanya serupa dengan pahala berkurban satu unta gemuk. Barang siapa pergi pada saat kedua, maka seolah-olah ia berkorban dengan seekor sapi, barang siapa yang pergi pada saat ketiga maka seolah-olah ia berkorban dengan seekor kambing. Barang siapa pada saat yang keempat, maka seolah-olah ia berkorban dengan seekor ayam. Barang siapa pergi pada saat yang kelima, maka seolah-olah ia berkorban dengan dengan sebutir telur. Maka imam telah keluar, hadirlah para malaikat untuk mendengar khutbah” (HR Jamaah kecuali Ibnu Maajah)

6. Pindah tempat duduk apabila mengantuk. Rasulullah SAW bersabda

إِذَانَعَسَ أَحَدُكُمْ يَوْمَ الجُمُعَةِ فَلْيَتَحَوَّلْ إِلَىَ مَقْعَدِ صَاحِبِهِ وَ لْيَتَحَوَّلْ صَاحِبُهُ إِلَىَ مَقْعَدِهِ

Apabila salah seorang diantara kamu mengantuk di tempat duduknya pada hari jumat maka pindahlah ke tempat lain” (HR. Tirmidzi)

7. Shalat Tahiyatul Masjid, Rasulullah SAW sangat memperhatikan hal ini, sebagaimana yang telah diterangkan dalam satu hadits:

إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمْ يَوْمَ الجُمُعَةِ وَ الإِمَامُ يَخْطُبُ فَلْيُصَلِّ رَكْعَتَيْنِ وَ لْيَتَجَوَّزْ فِيْهِمَا

Apabila seseorang diantara kamu masuk masjid pada hari jumat, sedang imam berkhutbah, maka hendaknya dia shalat dua rakaat dan menyingkat sholatnya” (HR Jabir)

8. Diam ketika khutbah berlangsung dan memperhatikan khutbah yang disampaikan, Rasulullah SAW bersabda

إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ أَنْصِتْ . يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَالإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ

“Bila engkau katakan kepada temanmu pada hari jumat, ‘Diam!’ sewaktu khutbah, maka sesungguhnya engkau telah menyia-nyiakan (shalat jumatmu)” (HR Bukhari dan Muslim)

Update Materi Khutbah 2016

Terkait dengan beberapa email masuk dari pembaca setia situs ini, berkenaan dengan pembaharuan khutbah jumat tiap minggunya. Telah kami kumpulkan materi khutbah dari beberapa situs, InsyaAllah filenya bisa langsung didapatkan. Untuk 45 materi khutbah tersebut, bisa klik kata berikut: Khutbah Jumat Terbaru 2016

Dan bagi Ustadz yang ingin mendapatkan khutbah dan artikel terbaru kami (langsung terkirim ke email Ustadz), silahkan masukkan email Ustadz di kotak yang telah kami sediakan di bawah, lalu klik subscribe/berlangganan.