Rukun dan Syarat 2 Khutbah Jumat

Advertisement
Rukun dan Syarat 2 Khutbah Jumat

RUKUN KHUTBAH JUMAT


Di dalam khutbah jumat terdapat rukun-rukun yang harus dipenuhi, baik pada khutbah pertama maupun pada khutbah kedua. Apabila salah satu rukun tidak dipenuhi secara sengaja, maka khutbah jumat menjadi tidak sah, adapun rukun-rukun khutbah itu antara lain:

1. Membaca tahmid, dari Abu Hurairah ra. Bahwa Nabi SAW. Bersabda “Tiap-tiap pembicaraan yang tidak di dahului dengan hamdalah, maka itu sia-sia” (HR Abu Daud dan Ahmad)

2. Membaca sholawat atas Rasulullah SAW. Sebagian ulama memandang membaca sholawat ini tidak termasuk rukun sehingga tidak perlu dibaca.

3. Membaca syahadat, “Khutbah yang didalamnya tidak berisikan syahadat seperti tangan yang berpenyakit kusta” (HR Abu Daud dan Timidzi)

4. Menyampaikan wasiat taqwa kepada para jama’ah dan khotib sendiri. Wasiat takwa dapat disampaikan dalam bahasa arab atau bahasa jama’ah setempat, baik saat membaca muqoddimah (pembukaan) maupun materi khutbah. Ayat yang biasa dibaca saat memberi wasiat taqwa antara lain QS. Ali Imran [3]:102:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ 

“Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah SWT dengan sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.”

Atau QS. Al-Hasyr [59]:18:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah SWT dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang Telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

5. Membaca ayat-ayat Al-Qur’an, dari Jabir bin Samurah katanya, “Adalah Rasulullah SAW berkhutbah berdiri, beliau duduk diantara keduanya, beliau lalu membaca beberapa ayat Al-Qur’an dan memperingati serta mempertakuti manusia” (HR. Muslim)

6. Duduk diantara dua khutbah, “Rasulullah SAW biasa berkhutbah dengan berdiri dan duduk diantara dua khutbah, membaca beberapa ayat dan member nasihat kepada manusia” (HR. jama’ah kecuali Bukhari dan Tirmidzi). Tidak ada bacaan khusus yang dibaca nabi ketika duduk diantara dua khutbah sebagaimana hadits riwayat Jabir bin Samrah “Aku melihat Nabi berkhutbah berdiri lalu duduk tanpa bicara” (HR. Abu Dawud). Namun demikian sebagian Ulama ada yang berpendapat bahwa duduk antara dua khutbah dapat diisi dengan berbagai do’a dan shalawat Nabi, mengingat doa pada hari jumat adalah lebih utama. Lamanya duduk menurut sebagian ulama adalah selama satu kali pembacaan surat al-ikhlas. Ibnu Hajar menegaskan bahwa “Lama duduk antara dua khutbah itu tidak memakan waktu lama” (Fathul Bari 2/409)

7. Berdoa. Khususnya doa memintakan ampun bagi muslim dan muslimah pada khutbah kedua, “Dari Samurah bin Jundab bahwasanya Nabi SAW. Memintakan ampun bagi mukminin dan mukminat di tiap-tiap jumat” (HR. Daruqhutni)

Rukun dan Syarat 2 Khutbah Jumat

Baca Juga Khutbah Jumat Terbaru 2015 lainnya:
  1. Teks Khutbah Jumat Terbaru di Tahun 2015 Cinta dunia dan takut mati 
  2. Materi Khutbah Jumat Terbaru 3 Perumpamaan Sifat Manusia dalam Al-Qur'an  
  3. Teks Khutbah Jum'at Singkat Langkah Rasulullah SAW dalam Membangun Peradaban
SYARAT DUA KHUTBAH

Kedua khutbah yang dilaksanakan baiknya memenuhi beberapa syarat khutbah sebagaimana berikut:

1. Khutbah hendaknya dimulai sebelum sholat jumat
2. Khutbah disampaikan dalam keadaan berdiri jika mampu
3. Khatib duduk diantara dua khutbah
4. Khutbah disampaikan dengan suara lantang, tegas dan tidak panjang, sebagaimana hadits yang menyatakan “Sesungguhnya Nabi SAW. Tidak pernah memanjangkan khutbahnya pada hari jumat. Sesungguhnya khutbah itu berisikan kalimat-kalimat yang pendek” (HR Abu Daud dari Jabir)
5. Rukun dan tata cara khutbah dan sholat jumat dilakukan secara berurutan
6. Khatib hendaknya suci dari hadats dan najis serta menutup aurat saat menyampaikan khutbah.

Update Materi Khutbah 2016

Terkait dengan beberapa email masuk dari pembaca setia situs ini, berkenaan dengan pembaharuan khutbah jumat tiap minggunya. Telah kami kumpulkan materi khutbah dari beberapa situs, InsyaAllah filenya bisa langsung didapatkan. Untuk 45 materi khutbah tersebut, bisa klik kata berikut: Khutbah Jumat Terbaru 2016

Dan bagi Ustadz yang ingin mendapatkan khutbah dan artikel terbaru kami (langsung terkirim ke email Ustadz), silahkan masukkan email Ustadz di kotak yang telah kami sediakan di bawah, lalu klik subscribe/berlangganan.