Kitab Musnad Ahmad bin Hanbal Karangan Abu Hanifah

Advertisement
Tongkronganislami.net - Kitab Musnad adalah apabila seorang penyusun memasukkan semua Hadits yang pernah dia terima, dengan tanpa adanya penyaringan dan penjelasan tentang tingkatan Hadits-Hadits yang terdapat di dalamnya.[1] Dengan pengertian yang lain kitab Musnad adalah kitab yang Hadits-hadits di dalamnya disebutkan berdasarkan nama Shahabat yang pertama kali masuk Islam, berdasarkan nasab, dan lain-lain yang nantinya akan dijelaskan lebih lanjut. 

Imam Ahmad, selain seorang muhadits, fuqaha juga ulama yang produktif dalam tulis menulis, karya beliau yang paling terkenal dan Masterpiecenya ialah al-Musnad sekitar 60 tahun dan itu sudah dimulainya sejak tahun 180 saat pertama kali beliau mencari Hadits (baca: Biografi Ahmad bin Hanbal). Selain itu ada juga buku yang lainnya, seperti Tafsîr, an-Nâsikh Wa al-Mansûkh, al-Muqaddam wa al-Muakhar Fî Kitâbillâh, Jawâb al-Qur’an, al-Manâsik al-Kabîr, al-Manâsik al-‘Shagîr, kitab al-Radd ala al-Jahmiyah wa al-Zindiqah (Bantahan kepada Jahmiyah dan Zindiqah), dan yang lainnya. 

Sementara kitab yang tersebar sampai sekarang, yang di himpun kembali oleh Imam Abu Daud dan Rasyid Ridla ialah kitab: Kitâb al-Shalât, Kitâb Shagîr, Kitâb al-‘Sunnah, Risâlatu Shagîrah, Kitâb al-Wara’, Kitâb al-Zuhud, kitab al-‘Ilal wa al-Rijal, kitab al-Asyribah, satu juz tentang Ushul al-Sittah, Fadhail al-Shahabah.dan yang lainnya.

Berbeda dengan Imam Malik dalam kitab Muwaththa’nya, Imam Ahmad bin Hanbal tidak mencantumkan dalam Musnad-nya hal-hal yang berkaitan dengan fiqh para Shahabat maupun Tabi’in. Hadits-Hadits di dalamnya pun hanya memuat yang shahih saja yang ada dalam Kutub al-Sittah, yang mana Hadits Hasan dan Dlaif tidak termasuk di dalamnya. Imam al-Suyuthi berkata: semua yang ada pada Musnad Ahmad itu Haditsnya maqbul, kalau pun di dalamnya ditemukan Hadits yang dlaif maka itu mendekati hasan (bisa dibilang Hadits hasan li ghoiri).[2] 

Hal ini sebagaimana yang Ia ungkapkan: “dalam menulis kitab al-Musnad ini, saya bermaksud menghimpun hadits-hadits yang masyhur, sehingga apabila aku bermaksud untuk meriwayatkan seluruh hadits yang shahih menurutku. Maka saya tidak meriwayatkan Musnad ini kecuali sejumlah kecil hadits saja, akan tetapi, aku tidak meninggalkan hadits yang dha’if, jika dalam bab yang bersangkutan tidak ada hadits yang mewakilinya”. Dari sini jelas adanya bahwa dalam Musnad itu terdapat hadits yang dla’if, hal ini sebagaimana diakui oleh Imam Ahmad sendiri.

Seorang yang merupakan satu-satunya Ulama’ Hadits dari Mesir pun mentahqiq kitab Musnad beliau, kemudian mentakhrij Hadits yang terdapat di dalamnya kemudian di kasih tanda titik serta memberikan harokat sehingga muncullah faharis yang dapat memudahkan para pembaca. Syaikh Ahmad bin Abdurrahman mencoba untuk membuat bab-bab yang disandarkan pada Zawaid Abdullah bin Ahmad yang kemudian diberi nama “al-Fath al-Rabbany li Tartibi Musnad Ahmad bin Hanbal al-Syaibany” yang kemudian menjadi 7 bagian,[3] yakni: tauhid dan ushuluddin, fiqh (mencakup al-ibadah, al-muamalah, hukum dan keputusan, adat kebiasaan seseorang dan tingkah lakunya), Tafsir al-Qur’an,[4] al-targhib, al-tarhib, sejarah dan hari kiamat dan keadaan di alam akhirat. 

Hal ini sangat efektif karena sudah ada tema-tema tersendiri, kitab ini dicetak di Mesir yang berjumlah 24 juz, yang awal percetakannya pada tahun 1353 H yang kemudian berkembang pesat. Kitab tersebut juga sudah diperbanyak oleh team Dar Ihya’ al-Turats al-Araby Beirut-Lebanon[5] yang kemudian dijelaskan pula dalam syarahnya “Bulugh al-Amany min Asror al-Fath al-Rabbany”.

Musnad ini berpatok pada Hadits-Hadits yang ada pada al-Kutub al-Sittah, Mu’jam al-Thabrany al-Kabir, Musnad al-Bazzar, Musnad Abu Ya’la al-Muwashaly, serta atas inspirasi dari Imam Ahmad sendiri. 

Musnad Ahmad bin Hanbal

Selain itu, dalam Ashah-ul Asânîd (silsilatu sanad) Imam Ahmad berbeda dengan Imam-imam sesudahnya, seperti Imam Bukhari. Artinya, Ashah-ul Asanîdnya Imam Ahmad berbeda dengan Ashah-ul Asânîd-nya Imam Bukhari. Seperti asha-ul Asânîd-nya Imam Ahmad dan Ishaq bin Rahawayh ialah Zuhri dari Salim dari bapaknya. Sementara Imam Bukhari ialah Malik dari Nafi’ dari Ibnu Umar.
Latar Belakang Penulisan Kitab Musnad Ahmad bin Hanbal

Pada abad ke-3 H, dimana tidak ditulis kecuali Hadits-Hadits Nabi SAW saja, sehingga mulai disusun kitab-kitab Musnad yang bersih dari fatwa-fatwa, seperti Musnad Imam Ahmad bin Hanbal. Walaupun demikian, masih tercampur dengan Hadits-Hadits dla'if bahkan maudlu', sehingga pada pertengahan abad-III ini para ulama’ membuat kaidah-kaidah dan syarat-syarat Hadits shahih. Sehingga muncul ide-ide untuk mengumpulkan yang shahih-shahih saja yang dipelopori oleh Imam Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Bardizbah al-Bukhari (Imam Bukhari) dengan karyanya Jami' al-Shahih dan disusul oleh muridnya Imam Muslim bin Hajjaj bin Muslim al-Qusyairi an-Naisaburi (Imam Muslim), sehingga abad ini merupakan abad keemasan bagi Hadits dengan munculnya para ahli Hadits terkemuka dan disusunnya Kutub al-Sittah (6 kumpulan Hadits) yang memuat hampir seluruh Hadits-Hadits yang shahih. Maka dari itu Musnad Ahmad bin Hanbal hanya termasuk dalam Kutub al-Tis’ah, karena di dalamnya terdapat Hadits-Hadits yang tidak semuanya berkualitas shahih.

Metode Penyusunan Kitab Musnab Ahmad bin Hanbal

Beliau menyusunnya berdasarkan tingkatan keterdahuluan seorang shahabat dalam masuk Islam dan kedudukannya dari aspek keagamaan. Beliau memulai dengan menyebutkan sepuluh shahabat, dengan mendahulukan para khalifah atas yang lainnya, kemudian Ahli Badr, kemudian Ahli Hudaibiah, dst.

Berdasarkan sumbernya, Hadits-Hadits yang terdapat di dalam Musnad Ahmad dapat terbagi menjadi 6 macam:[6]

Hadits yang diriwayatkan Abdullah dari ayahnya, Ahmad bin Hanbal, dengan mendengar langsung. Hadits semacam ini paling banyak jumlahnya.

Hadits yang didengar Abdullah dari ayahnya, Ahmad bin Hanbal, dan dari orang lain. Hadits semacam ini sedikit jumlahnya.

Hadits yang tidak didengar dan tidak dibacakan Abdullah kepada ayahnya, tetapi Abdullah menemukannya dalam kitab sang ayah yang ditulis dengan tangan. Hadits semacam ini juga sedikit jumlahnya.

Hadits yang diriwayatkan Abdullah dari selain ayahnya. Hadits-Hadits ini oleh ahli Hadits disebut Zawaid Abdullah.

Hadits yang diriwayatkan oleh Hafidz Abu Bakar al-Qathi’i, selain Abdullah dan ayahnya al-Imam Ahmad. Ini disebut dengan Zawaid al-Qathi’iy.

Akan tetapi, kami menemukan urutan dalam kitab Musnad Ahmad bin Hanbal adalah sebagai berikut:[7]

§ مسند العشرة المبشرين بالجنة

- 1أخبرنا الشيخ أبو القاسم هبة الله بن محمد عبد الواحد بن أحمد بن الحصين الشيباني قراءة عليه وأنا أسمع فأقر به قال أخبرني أبو علي الحسن بن علي بن محمد التميمي الواعظ ويعرف بابن المذهب قراءة من أصل سماعه قال أخبرنا أبو بكر أحمد بن جعفر بن حمدان بن مالك القطيعي قراءة عليه قال ثنا أبو عبد الرحمن عبد الله بن أحمد بن محمد بن حنبل رضي الله عنهم قال حدثني أبي أحمد بن محمد بن حنبل بن هلال بن أسد من كتابه قال حدثنا عبد الله بن نمير قال أخبرنا إسماعيل يعني بن أبي خالد عن قيس قال قام أبو بكر رضي الله عنه فحمد الله وأثنى عليه ثم قال : يا أيها الناس إنكم تقرؤون هذه الآية { يا أيها الذين آمنوا عليكم أنفسكم لا يضركم من ضل إذا اهتديتم } وأنا سمعنا رسول الله صلى الله عليه و سلم يقول إن الناس إذا رأوا المنكر فلم يغيروه أوشك أن يعمهم الله بعقابه

تعليق شعيب الأرنؤوط : إسناده صحيح على شرط الشيخين

§ مسند الصحابة بعد العشرة

1702 - حدثنا عبد الله حدثني أبي ثنا محمد بن أبي عدى عن سليمان يعنى التيمي عن أبي عثمان عن عبد الرحمن بن أبي بكر قال : جاء أبو بكر رضي الله عنه بضيف له أو بأضياف له قال فأمسى عند النبي صلى الله عليه و سلم قال فلما أمسى قالت له أمي احتبست عن ضيفك أو أضيافك مذ الليلة قال أما عشيتهم قالت لا قالت قد عرضت ذاك عليه أو عليهم فأبوا أو فأبى قال فغضب أبو بكر وحلف أن لا يطعمه وحلف الضيف أو الأضياف أن لا يطعموه حتى يطعمه فقال أبو بكر ان كانت هذه من الشيطان قال فدعا بالطعام فأكل وأكلوا قال فجعلوا لا يرفعون لقمة الا ربت من أسفلها أكثر منها فقال يا أخت بني فراس ما هذا قال فقالت قرة عيني انها الآن لأكثر منها قبل ان نأكل قال فأكلوا وبعث بها إلى النبي صلى الله عليه و سلم فذكر أنه أكل منها

تعليق شعيب الأرنؤوط : إسناده صحيح على شرط الشيخين

§ مسند أهل البيت

1718 - حدثنا عبد الله حدثني أبي ثنا وكيع ثنا يونس بن أبي إسحاق عن بريد بن أبي مريم السلولي عن أبي الحوراء عن الحسن بن على قال : علمني رسول الله صلى الله عليه و سلم كلمات أقولهن في قنوت الوتر اللهم أهدني فيمن هديت وعافني فيمن عافيت وتولني فيمن توليت وبارك لي فيما أعطيت وقني شر ما قضيت فإنك تقضى ولا يقضى عليك إنه لا يذل من واليت تباركت ربنا وتعاليت 

تعليق شعيب الأرنؤوط : إسناده صحيح رجاله كلهم ثقات

§ ومن مسند بنى هاشم

1763 - حدثنا عبد الله حدثني أبى ثنا وكيع ثنا سفيان عن عبد الملك بن عمير عن عبد الله بن الحرث عن العباس بن عبد المطلب انه قال : يا رسول الله عمك أبو طالب كان يحوطك ويفعل قال انه في ضحضاح من النار ولولا انا كان في الدرك الأسفل من النار 

تعليق شعيب الأرنؤوط : إسناده صحيح على شرط الشيخين

§ مسند المكثرين من الصحابة

3548 - حدثنا أبو عبد الرحمن عبد الله بن أحمد بن محمد بن حنبل حدثني أبي ثنا هشيم ثنا مغيرة عن إبراهيم ثنا عبد الرحمن بن يزيد قال : رأيت بن مسعود رمى الجمرة جمرة العقبة من بطن الوادي ثم قال هذا والذي لا إله غيره مقام الذي أنزلت عليه سورة البقرة 

تعليق شعيب الأرنؤوط : صحيح

§ مسند المكيين

15335 - حدثنا أبو عبد الرحمن عبد الله بن أحمد بن محمد بن حنبل بن هلال بن أسد الشيباني قال حدثني أبي أحمد بن محمد بن حنبل بن هلال بن أسد قال ثنا سفيان بن عيينة عن عبد الكريم عن عبد الله بن الحرث قال زوجني أبي في إمارة عثمان فدعا نفرا من أصحاب رسول الله صلى الله عليه و سلم فجاء صفوان بن أمية وهو شيخ كبير فقال إن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال : انهسوا اللحم نهسا فإنه أهنأ وأمرأ أو أشهى وأمرأ قال سفيان الشك مني أو منه 

تعليق شعيب الأرنؤوط : حسن لغيره وهذا إسناد ضعيف لضعف عبد الكريم : وهو ابن أبي المخارق أبو أمية البصري وبقية رجاله ثقات رجال الشيخين

§ مسند المدنيين

16134 - حدثنا عبد الله حدثني أبي ثنا سفيان بن عيينة عن صفوان بن سليم عن نافع بن جبير عن سهل بن أبي حثمة يبلغ به النبي صلى الله عليه و سلم قال وقال سفيان مرة ان رسول الله صلى الله عليه و سلم قال : إذا صلى أحدكم إلى سترة فليدن منها ما لا يقطع الشيطان عليه صلاته 

تعليق شعيب الأرنؤوط : إسناده صحيح رجاله ثقات رجال الشيخين

§ مسند الشاميين

16863 - حدثنا عبد الله حدثني أبي ثنا يزيد بن عبد ربه ثنا بقية بن الوليد حدثني ثور بن يزيد عن صالح بن يحيى بن المقدام بن معدي كرب عن أبيه عن جده عن خالد بن الوليد قال : نهى رسول الله صلى الله عليه و سلم عن أكل لحوم الخيل والبغال والحمير 

تعليق شعيب الأرنؤوط : إسناده ضعيف

§ مسند الكوفيين

18114 - حدثنا عبد الله بن أحمد بن محمد بن حنبل حدثني أبي ثنا عفان ثنا حماد بن سلمة انا عاصم بن بهدلة عن زر بن حبيش قال غدوت على صفوان بن عسال المرادي أسأله عن المسح على الخفين فقال ما جاء بك قلت ابتغاء العلم قال الا أبشرك ورفع الحديث إلى رسول الله صلى الله عليه و سلم قال : ان الملائكة لتضع أجنحتها لطالب العلم رضا بما يطلب فذكر الحديث 

تعليق شعيب الأرنؤوط : إسناده حسن من أجل عاصم بن بهدلة

§ مسند الأنصار

21123 - حدثنا عبد الله حدثني أبي ثنا يحيى بن سعيد عن سفيان حدثني حبيب يعنى بن أبي ثابت عن سعيد بن جبير عن بن عباس رضي الله عنهما قال : قال عمر علي أقضانا وأبي أقرؤنا وإنا لندع من قول أبي وأبي يقول أخذت من فم رسول الله صلى الله عليه و سلم فلا أدعه والله يقول { ما ننسخ من آية أو ننسها } 

تعليق شعيب الأرنؤوط : إسناده صحيح على شرط الشيخين

§ باقي مسند الأنصار

22193 - حدثنا عبد الله حدثني أبي ثنا هدبة بن خالد ثنا همام بن يحيى وحماد بن الجعد عن قتادة عن أيمن عن أبي أمامة عن النبي صلى الله عليه و سلم : مثله أو نحوه 

تعليق شعيب الأرنؤوط : حسن لغيره وهذا إسناد ضعيف لجهالة أيمن - وهو ابن مالك الأشعري

§ مسند القبائل

Contoh:

27199 - حدثنا عبد الله حدثني أبى قال ثنا وكيع عن يونس يعنى بن أبى إسحاق قال سمعت هذا الحديث من المغيرة بن عبد الله عن أبيه : نحوه 

تعليق شعيب الأرنؤوط : إسناده ضعيف

Kedudukan Kitab Musnab Ahmad bin Hanbal

Hanbal berkata, Ahmad bin Hanbal mengumpulkan kami; aku, Shalih dan Abdullah, lalu membacakan Musnad kepada kami. Tidak ada orang lain yang mendengarkannya selain kami. Ia berkata, Kitab ini aku kumpulkan dan aku pilah dari 750.000 Hadits lebih. Hadits Rasulullah SAW yang diperselisihkan kaum Muslimin hendaknya merujuk kepadanya. Jika kamu mendapati, maka itu baik dan jika tidak, maka itu bukan hujjah.

Abu Musa, Muhammad bin Abu Bakar al-Madiny berkata, Kitab ini merupakan pokok yang besar, dan sumber yang terpercaya bagi para ahli Hadits. Beliau memilahnya dari banyak Hadits dan apa-apa yang didengarnya. Beliau menjadikannya sebagai imam dan pegangan, dan di saat terjadi pertikaian, maka ia menjadi tempat berlindung dan pedoman.

Jumlah Hadits Dalam Kitab Musnab Ahmad bin Hanbal

Musnad Ahmad memuat 6 juz, sementara Hadits-Hadits yang diulang, maka jumlahnya ada 40.000 Hadits,[8] sedangkan tanpa pengulangan, maka ada 30.000[9] Hadits sebagai hasil menyaring lebih dari 750.000 Hadits. Dalam Musnadnya Imam Ahmad menghimpun 18 musnad dari 66 jalan.[10]

Jumlah Shahabat yang Sanadnya Dikeluarkan dalam Kitab Musnab Ahmad bin Hanbal

Abu Musa berkata, Adapun jumlah para shahabat, maka sekitar 700 orang laki-laki dan 100-an lebih wanita. Ibn al-Jazary berkata, Aku sudah menjumlah mereka, maka jumlahnya mencapai 690-an perawi laki-laki, tanpa perawi wanita. Lalu aku menjumlah para perawi wanita, maka jumlah mereka mencapai 96 orang. Musnad memuat sekitar 300 orang Shahabat, selain mereka yang belum disebutkan namanya, baik yang hanya disebut dengan Ibn atau pun nama-nama yang tidak diketahui (Mubham), dan selain mereka.

Al-Hafizh berkata di dalam mukaddimahnya, Di dalam Musnad tidak terdapat Hadits yang dinilai sebagai tidak memiliki asal (dasar, kecuali hanya 3 atau 4 Hadits saja), di antaranya Hadits Abdurrahman bin Auf, bahwa ia masuk surga dengan merangkak.

Tiga penilaian Ulama’ tentang derajat Hadis Musnad Ahmad

Pertama, bahwa seluruh Hadits yang terdapat di dalamnya dapat dijadikan sebagai hujjah. Kedua, bahwa di dalamnya terdapat Hadits yang shahih, dlaif dan bahkan maudlu’. Ibn al-Jauzy menjelaskan bahwa di dalam Musnad Ahmad terdapat 29 Hadits maudlu’. Sementara menurut al-Iraqy terdapat 39 Hadits maudlu’. Ketiga, bahwa di dalamnya terdapat Hadits yang shahih dan dlaif, yang mendekati hasan. Di antara mereka yang berpendapat demikian adalah al-Dzahaby, Ibnu Hajar al-Asqalany, Ibnu Taimiyah dan al-Suyuthi.

Munculnya kitab al-Jami’ al-Musnad

Pada bulan januari 1914 pada masa al-Merza Basyir al-Din Mahmud Ahmad al-imam al-Haly, Imam Ahmad punya usaha untuk mencocokkan terhadap kaum Ahmadiyah. Mereka merespon akan usaha tersebut karena berkeinginan untuk mencari jalan bagaimana bisa mempermudah para pembaca dalam memahami Musnad Ahmad tersebut. Sehingga muncullah kitab al-Jami’ al-Musnad sebagai salah satu usaha dari Imam Ahmad sendiri. Dari sini dapat diambil point-point yang dianggap perlu ditegaskan bahwa:

§ Kitab ini sudah disusun secara tertib berdasarkan atas asas aqidah keislaman dan hukum syari’ah

§ Telah berbentuk bab-bab tertentu, serta mencantumkan adanya ayat-ayat al-Qur’an

§ Tiap bab mengandung Hadits-Hadits yang erat kaitannya dengan tema dalam bab yang dimaksudkan

§ Adanya hubungan (‘Alaqah) antar bab, oleh karena itu tidaklah diragukan jika ditemukan adanya pencantuman Hadits yang sama dalam bab yang berbeda, meskipun berbeda tapi masih ada keterikatan dengan yang lain.

§ Hampir sama dengan point sebelumnya, yakni pada tiap bab tidaklah jarang ditemukan pencantuman Hadits yang sama dikarenakan terkadang dalam salah satu hadits, tema yang diangkat tidak hanya satu.

§ Adanya pencantuman nomor halaman beserta juz pada tiap Hadits yang tertulis di sana.

§ Percetakan yang ada adalah al-Maimunah selain dari Idarah al-Sayyid Ahmad al-Baby al-Halby yang menghasilkan 6 jilid.

§ Adanya pencantuman tentang kualitas Hadits, apakah itu shahih, hasan, atau dlaif? Akan tetapi belum ditemukan adanya pencantuman tentang penilaian terhadap para sanad dalam Hadits-Hadits yang disebyutkan (al-Jarh wa al-ta’dil)-nya.

§ Adanya hubungan antar sanad dengan ziyadah al-Qathi’iy.

Kemudian ada pula faharis-faharis, yakni:

ü فهرس الأيات القرأنية الكريمة على ترتيب السور

ü فهرس الأحاديث النبوية الشريفة و الأثار على ترتيب حروف المعجم

ü فهرس مرويات عبد الله بن أحمد دون أبيه

ü فهرس لأسماء الصحابة مرتبا على نسق حروف المعجم

ü فهرس الأشعار و القوافي و الأرجاز

ü فهرس بأسماء الذين روى عنهم الإمام أحمد رحمه الله

Kelebihan dan kekurangan Kitab Musnab Ahmad bin Hanbal

o Sudah ada kitab yang bisa disebut sebagai penyempurna dari kitab Musnad Ahmad bin Hanbal. Yang di sana dudah adanya penertiban bab di dalamnya serta penomoran pada Hadits yang dicantumin

o Disusun berdasarkan nama shahabat yang pertama kali masuk Islam, yang kemudian disusul berdasarkan nasab dan seterusnya.

o Adanya faharis sehingga dapat mempermudah dalam mencari data

o Adanya keterangan kualitas hadits

o Termasuk kutub al-tis’ah

o Tidak adanya bab dalam musnad sehingga terasa sulit dalam mencari data, akan tetapi di sisi lain ada hal positifnya juga yaitu bisa melacak dari nama shahabat yang dimaksud.

o Hadits di dalamnya sebagian ada yang dlaif, bahkan ada yang menyebutnya maudlu’

o Dan lain-lain

Perhatian Ulama Terhadap Kitab Musnab Ahmad bin Hanbal[11]

Al-Hafizh Abu Bakar Muhammad bin Abdullah bin al-Muhibb al-Shamith menyusunnya berdasarkan Mu’jam shahabat dan para perawi dari mereka seperti penyusunan kitab-kitab Athraf.

Al-Hafizh Abu al-Fida` Imaduddin Ismâil bin Umar bin Katsir mengambil Kitab Musnad melalui penyusunan yang dibuat Ibn al-Muhibb dan ia beri nama Jami al-Masanid Wa al-Sunan

Al-Hafizh Ibn Hajar juga menyusunnya berdasarkan metode penyusunan kitab Athraf, yang diberi nama Athraf al-Musnid al-Mutali Bi Athraf al-Musnad al-Hanbali. Kemudian ia menggabungkannya dengan sepuluh kitab dalam kitabnya âthaf as-Sadah al-Maharah al-Khayyirah Bi Athraf al-Kutub al-Asyarah.

al-Hafizh Syamsuddin al-Husaini dalam kitabnya al-Ikmal Biman Fi Musnad Ahmad Min al-Rijal Mimman Laisa Fi Tahdzib al-Kamal Li al-Mizzi memuat riwayat hidup para perawinya, kemudian memuat para perawinya juga dalam kitabnya al-Tadzkirah Bi Rijal al-Asyrah, yaitu al-Kutub al-Sittah; Muwaththa` Malik; Musnad Ahmad; Musnad al-Syafi’i dan Musnad Abu Hanifah. Al-Hafizh Ibn Hajar telah meringkasnya dalam kitabnya Tajil al-Manfa’ah, dengan memuat sebatas para perawi empat kitab Sunan.

Syaikh Ahmad bin Abdurrahm as-Saati menyusunnya berdasarkan kitab-kitab dan bab-bab untuk memudahkan para penuntut ilmu dalam mengambil manfaat Musnad. Ia menamakan kitabnya al-Fath al-Rabbani Bi Tartib Musnad al-Imam Ahmad bin Hanbal al-Syaibaniy, kemudian kembali mensyarahnya dan mentakhrij Hadits-Haditsnya dalam kitabnya yang diberi nama Bulugh al-Amany Min Asrar al-Fath al-Rabbany.

Syaikh Ahmad bin Muhammad bin Syakir juga memberikan perhatian kepada kitab Musnad Ahmad, dengan memberikan syarah Gharib-nya (kata-kata yang asing, unik) lalu menilai kualitasnya dari sisi keshahihan dan ke-dla’if-annya sesuai dengan ijtihad yang mampu dikerahkannya. Kemudian ia membuat Faharis (index) dengan membaginya kepada dua bagian: Faharis lafazh seperti faharis untuk tokoh dan semisalnya; Faharis Ilmiah seperti yang dibuatnya pada kitab al-Risalah karya Imam al-Syafi’i. Beliau wafat sebelum sempat menyempurnakannya. Apa yang telah dikerjakannya mencapai hampir ¼-nya (menurut yang kami ketahui, syarah ini telah dilanjutkan dan disempurnakan oleh murid-murid beliau.

Catatan Kaki

[1] Dosen Tafsir Hadits Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Studi Kitab Hadits. (Yogyakarta: TERAS dan TH-Press, 2003) hlm. 31 

[2] Dalam Riyadl Abdullah Abdul Hadi, 1992. Faharis Musnad al-Imam Ahmad bin Hanbal Abi Abdillah al-Syaibany. Muassasah al-Tarikh al-Araby: Dar Ihya’ al-Turats al-Araby, hlm. 4 terdapat foot note yang menjelaskan bahwa sebagian Ulama’ berbeda pendapat mengenai isi kitab Musnad Ahmad. Di dalamnya mencantumkan tema (maudlu’) dalam Musnad beliau, meskipun hal itu jarang ditemukan atau malah ada juga yang mengatakan kalau tidak ada pencantuman tema sama sekali dalam Musnad beliau. Ibnu Hajar berkata dalam kitabnya Ta’jil al-Manfa’ah bi Rijal al-Arba’ah (Muwaththa’, Musnad Abu Hanifah, Musnad al-Syafi’i serta Musnad Ahmad) dijelaskan bahwasanya sebagian Ulama’ mengatakan kalau di dalamnya tidak adanya tema dalam Musnad tersebut. 

[3] Muhammad Muhammad Abu Zahw. 1378 H. Al-Hadits Wa al-Muhadditsun Aw Inayah al-ummah al-Islamiyah al-Sunnah al-Nabawiyah. Al-Qahirah: al-Maktabah al-Taufiqiyah. Hlm. 376-377 

[4] Dalam CD-ROM al-A’lam Wa Tarajim al-Rijal. Siyar al-A’lam al-Nubala’. Juz 7, hlm 314 (No. 1876) dijelaskan kalau jumlah hadits dalam kitab tafsirnya 120.000 (2/3 dengan metode al-sima’, sementara sisanya menggunakan al-wijadah). Jumlah dalam musnadnya 30.000 

[5] Riyadl Abdullah Abdul Hadi, 1992. Faharis Musnad al-Imam Ahmad bin Hanbal Abi Abdillah al-Syaibany. Muassasah al-Tarikh al-Araby: Dar Ihya’ al-Turats al-Araby, hlm. 5 

[6] Dosen Tafsir Hadits Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Studi Kitab Hadits. (Yogyakarta: TERAS dan TH-Press, 2003) hlm. 33-34 dan juga pada Ibnu Hanbal, Ahmad _____ al-Jami’ al-Musnad. Rabwah al-Pakistan: Idarah al-Mushannifin 

[7] CD-ROM al-Maktabah al-Syamilah, Kutub al-Mutun dan Riyadl Abdullah Abdul Hadi, 1992. Faharis Musnad al-Imam Ahmad bin Hanbal Abi Abdillah al-Syaibany. Muassasah al-Tarikh al-Araby: Dar Ihya’ al-Turats al-Araby, hlm. 4 

[8] Muhammad Muhammad Abu Zahw. 1378 H. Al-Hadits Wa al-Muhadditsun Aw Inayah al-ummah al-Islamiyah al-Sunnah al-Nabawiyah. Al-Qahirah: al-Maktabah al-Taufiqiyah. Hlm. 370 

[9] Dalam Riyadl Abdullah Abdul Hadi, 1992. Faharis Musnad al-Imam Ahmad bin Hanbal Abi Abdillah al-Syaibany. Muassasah al-Tarikh al-Araby: Dar Ihya’ al-Turats al-Araby, hlm. 3 dijelaskan kalau Hadits di dalam Musnad Ahmad berjumlah 27.100 

[10] Http:\Imam Ahmad Bin Hanbal « Perwakilan Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PERSIS) Republik Arab Mesir.htm dan Riyadl Abdullah Abdul Hadi, 1992. Faharis Musnad al-Imam Ahmad bin Hanbal Abi Abdillah al-Syaibany. Muassasah al-Tarikh al-Araby: Dar Ihya’ al-Turats al-Araby

[11] http://superpedia.rumahilmuindonesia.net/index.php?title=Kategori:Musnad_Ahmad yang diakses pada tanggal 14 februari 2009 pukul 13.10 WIB dan http://IbnuRodjat.Multiply.com/reviews



0 Response to "Kitab Musnad Ahmad bin Hanbal Karangan Abu Hanifah"

Post a Comment

Berkomentarlah yang Bijak! Hanya komentar yang sopan yang Kami terbitkan di situs ini. Baca Kebijakan Situs

No Sara, No Spam!