Bidadari Surga, Balasan dari Allah bagi Hamba-Nya yang Shalih

563
Bidadari Surga

Tongkrongan Islami – Allah Ta’ala telah menjanjikan surga bagi setiap hamba-Nya yang taat dalam menjalankan segala perintah Allah di dunia.  Surga merupakan bentuk kasih sayang Allah kepada hamba-Nya yang taat, dimana semua kesenangan dan kenikmatan yang belum pernah dibayangkan bisa dirasakan tanpa ada batasan.

Selain pemandangan yang menakjubkan, surga juga digambarkan dengan adanya makanan dan minuman lezat, pakaian yang indah, perhiasan yang berkilauan, dan tentu saja keberadaan bidadari di dalamnya.

Keberadaan bidadari di dalam surga telah disebutkan dalam beberapa ayat Al-Qur’an maupun Hadist.  Di dalam Al-Qur’an, bidadari surga disebut dengan istilah “huurin ‘iin” yang bisa diartikan sebagai bidadari bermata jeli.

Hal ini sesuai dengan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala yang artinya: “Dan (di dalam surga itu) ada bidadari yang bermata jelita.”  (QS.  Al Waqiah 22).

Lalu seperti apakah karakteristik bidadari surga yang akan diberikan kepada hamba-Nya yang shalih?  Berikut ini penjelasannya:

Kecantikan fisik yang sempurna

Allah Subhanahu wa Ta’ala menciptakan bidadari dengan kecantikan yang sempurna bahkan di luar batas pemikiran manusia.  Sebagaimana sabda Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa Sallam yang artinya:  “Allah Azza wa Jalla berfirman: “Aku siapkan bagi-bagi hamba-Ku yang shalih sesuatu yang tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah didengar oleh telinga dan tidak pernah terlintas oleh pikiran.”  (HR.  Bukhari dan Muslim).

Allah berfirman:  “Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan”  (QS.  Ar-Rahman: 58).  Dimana menurut ahli tafsir yang dimaksud dalam firman tersebut adalah bidadari surga memiliki fisik yang sebening yakut dan seputih marjan.

Allah juga berfirman:  “(Bidadari-bidadari) yang jelita, putih bersih dipingit di dalam kemah.”  (QS. Ar-Rahman:  72).

Beberapa ahli tafsir menyimpulkan bahwa bidadari adalah seorang wanita muda yang cantik jelita dengan kulitnya yang putih bersih dan mata yang sangat indah.  Dan dengan kecantikan yang sempurna, bidadari hanya diperuntukkan bagi suami mereka.

Bidadari memiliki akhlak yang mulia dengan sifat pemalu dan sopan

Bidadari diciptakan oleh Allah Ta’ala dengan akhlak yang mulia, sifat pemalu dan sopan sebagaimana yang difirmankan dalam Al-Qur’an.

Allah berfirman:  “Di dalam surga terdapat bidadari-bidadari yang sopan, yang menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin.  Maka nikmat Rabb-mu yang manakah yang kamu dustakan?”  (QS.  Ar-Rahman: 56-57).

“Dan pada sisi mereka ada Bidadari-bidadari yang tidak liar pandangannya dan jelita matanya.”  (QS.  Ash-Shaffat: 48).

“Dan pada sisi mereka (ada bidadari-bidadari) yang tidak liar pandangannya dan sebaya umurnya.”  (QS.  Shad: 52).

Bidadari diciptakan dari empat unsur

Allah berfirman:  “Sesungguhnya kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung.  Dan kami jadikan mereka gadis-gadis perawan.  Penuh cinta lagi sebaya umurnya.  (kami ciptakan mereka) untuk golongan kanan, (yaitu) segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu.  Dan segolongan besar pula dari orang-orang yang kemudian.”  (QS. Al Waaqi’ah [56]: 35-40).

Berbeda dengan malaikat yang diciptakan dari cahaya dan manusia dari tanah serta iblis dari api, maka bidadari diciptakan dari empat unsur.  Sebagaimana sabda Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa Sallam berikut ini:  “Sesungguhnya di dalam surga itu ada bidadari yang dinamakan ‘Aina’ yang diciptakan dari empat unsur, yaitu misik, kafur, anbar, dan za’faran.”  (HR.  Ibnu Abbas).

Za’faran merupakan bunga dengan warna ungu nan cantik dan tumbuh di jazirah Arab, selain harum jenis bunga ini juga memiliki banyak khasiat.  Sementara dalam riwayat lainnya disebutkan bahwa “Allah menciptakan bidadari dari empat warna  yaitu putih, hijau, kuning, dan merah.  Diciptakannya tubuhnya dari za’faran, misik, anbar, dan kafur sedangkan rambutnya dari sutera.”

Harum dan bercahaya

Bidadari surga memiliki keharuman yang luar biasa sebagaimana sabda Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa Sallam:  “Sekiranya salah seorang bidadari surga datang ke dunia, pasti ia akan menyinari langit dan bumi dan memenuhi antara langit dan bumi dengan aroma yang harum semerbak.  Sungguh tutup kepala salah seorang wanita surga itu lebih baik daripada dunia dan seisinya.”  (HR.   Bukhari dan Muslim).

Baca Juga:

  1. Gambaran Surga dalam al-Quran dan Hadis Nabi SAW
  2. Ketahuilah, Ada 4 Golongan Manusia Senantiasa Dirindukan Surga!
  3. Benarkah dalam Islam Tidak ada Jaminan masuk Surga, Sebaliknya Malah Neraka?

Subhanallah, dengan kesempurnaan fisik dan akhlak yang Allah berikan kepada bidadari surga tentu semua laki-laki shalih akan sangat beruntung mendapatkannya sebagai balasan atas ketaatan dan ketakwaannya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.  Wallahu ‘alam Bish-shawab.

SHARE