Hukum Memakai Cincin dari Emas dan Sutera

24
Term hadis dikenal sebagai
sesuatu yang berasal dari Nabi Muhammad SAW, baik ucapan, perbuatan, taqrir
maupun hal ihwal beliau. Melihat dari kedudukannya, hadis  merupakan sumber ajaran dan atau pedoman
hidup kedua setelah al-Qur’an. Dengan pernyataan ini manusia tentu akan dan
harus menjalani hidup yang selaras dan sejalan dengan bunyi teks kedua pedoman
hidup diatas, al-Qur’an dan al-Hadis.Namun dalam kenyataannya, sering
terjadi “kontra” antara realita dengan buyi teks yang ada baik itu disebabkan
karena faktor pemahman terhadap teks itu sendiri ataupun tradisi yang sudah
mengakar lekat menemani dalam kehidupan sehari-hari. Sebut saja, salah satu
contoh yang akan dipaparkan dalam tulisan ini adalah “Teks hadis” yang sudah
diakui dan popular sebagai hadis Rasulullah SAW
mengenai pelarangan Nya atas pemakaian cicncin emas namun pelarangan ini
terkhususkan bagi kaum laki-laki saja dan dibolehkan bagi perempuan. Namun
disisi lain, fenomena yang sudah ada dan melekat dihati dan relung kehidupan
masyarakat seperti “Mahar” dengan tukar cincin, pemakaian cincin dengan
motif-motif yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, dan hal inilah yang
menjadi objek kajian dalam tulisan ini.

Dengan melihat fenomena diatas
Sedikit tidaknya ada beberapa Rumusan masalah yang  hendak dijawab dalam makalah ini diantaranya
Mengapa ada pembedaan antara laki-laki dengan perempuan dalam pemakaian
cincin?  bagaimana respon masyarakat
dan  para ulama’ mengenai hal ini?? Apa
solusi sekaligus sebagai Kontribusi bagi pengembangan akademik yang ditawarkan?

Hukum Memakai Cincin dari Emas dan Sutera

Untuk mendapatkan pemahaman yang
utuh, ada beberapa langkah kerja metodologi yang penulis gunakan; Menentukan
hadis yang akan dikaji, Uji validitas baik dari segi kwalitas dan kwantitasnya,
pemaknaan terhadap matan hadis dengan berbagai analisis dari fariasi lafaz,
konteks sosio historis, mengaitkan kandungan makna hadis tersebut dengan
konteks relita kekinian (kontekstualisai) dan yang terakhir dengan menangkap
makna universal dari hadis tersebut yang dikenal dengan istilah Maqasid as-Syari’ah.

Hadis Hukum Memakai Cincin dari Emas dan Sutera

Dalam menentukan  hadis yang dijadikan acuan dari puluhan hadis
semakna yang mungkin diketemukan, penulis mengutamakan hadis yang matannya
telah masyhur diketahui dan dapat diketemukan dalam Shahih al Bukhari Kitab
Al-Libas, Bab Khawatim Al-Zahab, Nomor: 5414 Secara lengkap, redaksi hadis
tersebut berbunyi :

 

حَدَّثَنَا آدَمُ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ حَدَّثَنَا
أَشْعَثُ بْنُ سُلَيْمٍ قَالَ سَمِعْتُ مُعَاوِيَةَ بْنَ سُوَيْدِ بْنِ مُقَرِّنٍ قَالَ
سَمِعْتُ الْبَرَاءَ بْنَ عَازِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا يَقُولُ نَهَانَا النَّبِيُّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ سَبْعٍ نَهَانَا عَنْ خَاتَمِ الذَّهَبِ أَوْ
قَالَ حَلْقَةِ الذَّهَبِ وَعَنْ الْحَرِيرِ وَالْإِسْتَبْرَقِ وَالدِّيبَاجِ وَالْمِيثَرَةِ
الْحَمْرَاءِ وَالْقَسِّيِّ وَآنِيَةِ الْفِضَّةِ وَأَمَرَنَا بِسَبْعٍ بِعِيَادَةِ
الْمَرِيضِ وَاتِّبَاعِ الْجَنَائِزِ وَتَشْمِيتِ الْعَاطِسِ وَرَدِّ السَّلَامِ وَإِجَابَةِ
الدَّاعِي وَإِبْرَارِ الْمُقْسِمِ وَنَصْرِ الْمَظْلُومِ

 

Artinya: “Telah bercerita kepada
kami Syu’bah telah bercerita Asy’asy bin Salim Ia berkata Aku mendengar
mu’awiyah bin Suwaid bin Muqarrin Ai berkata Aku telah mendengar al-Barra’ bin
‘Azib Rhadhiyallahu ‘Anhuma Dia berkata Rasulullah telah melarang kami dari
tujuh perkara, beliau melarang kami
memakai cincin dari emas dan sutera,
….(HR al-Bukhari)[1]Cek kuantitas Hadis: Takhrij
al-Hadis

Setelah dilakukan proses takhrij
berkenaan dengan tema hadis diatas, terdapat beberapa hadis yang “dikatakan
setema” namun dengan varian-varian berbeda: diantaranya:

No
Kitab Pokok
Kitab
Bab
Nomor
1
Sunan
al-Tarmizi
Al-Adab ‘An
Rasulillah
.
 Al-Libas ‘An Rasulillah
Ma Ja’a Fi
Karahiyah al-libas.
Ma Ja’a Fi
rukubi al-Miyatsar
2733
1682
2
Sunan An-Nasa’i
al-Ziynah
Al-Janaiz
Dzakara
al-Nahyu ‘An al-Tsiyab al-Qasiyyah.
Al-Amru bi
al-Tiba’ Al-janaiz
5214
1913
3
Sunan Ibnu
Majah
Ibrar
al-Muqsim
Al-Kaffarat
2106
4
Musnad Ahmad bin Hanbal
Awwalu
Musnad al-kufin
Hadis
Al-barra’ bin ‘Azib
17773, 17801,
17900

 

 

a. Sunan al-Tarmizi,Kitab Al-Adab ‘An Rasulillah, bab
Ma Ja’a Fi Karahiyah al-libas, nomor hadis 2733

 

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ وَعَبْدُ الرّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ قَالَا حَدَّثَنَا شُعْبَةُ
عَنْ الْأَشْعَثِ بْنِ سُلَيْمٍ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ سُوَيْدِ بْنِ مُقَرِّنٍ عَنْ
الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ بِسَبْعٍ وَنَهَانَا عَنْ سَبْعٍ أَمَرَنَا بِاتِّبَاعِ الْجَنَازَةِ وَعِيَادَةِ
الْمَرِيضِ وَتَشْمِيتِ الْعَاطِسِ وَإِجَابَةِ الدَّاعِي وَنَصْرِ الْمَظْلُومِ وَإِبْرَارِ
الْقَسَمِ وَرَدِّ السَّلَامِ وَنَهَانَا عَنْ سَبْعٍ عَنْ خَاتَمِ الذَّهَبِ أَوْ
حَلْقَةِ الذَّهَبِ وَآنِيَةِ الْفِضَّةِ وَلُبْسِ الْحَرِيرِ وَالدِّيبَاجِ وَالْإِسْتَبْرَقِ
وَالْقَسِّيِّ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَأَشْعَثُ بْنُ سُلَيْمٍ
هُوَ أَشْعَثُ بْنُ أَبِي الشَّعْثَاءِ اسْمُهُ سُلَيْمُ بْنُ الْأَسْوَدِ

 

Kitab Al-Libas ‘An Rasulillah bab
Ma Ja’a Fi rukubi al-Miyatsar No: 1682

 

حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ أَخْبَرَنَا عَلِيُّ
بْنُ مُسْهِرٍ حَدَّثَنَا أَبُو إِسْحَقَ الشَّيْبَانِيُّ عَنْ أَشْعَثَ بْنِ أَبِي
الشَّعْثَاءِ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ سُوَيْدِ بْنِ مُقَرِّنٍ عَنْ الْبَرَاءِ بْنِ
عَازِبٍ قَالَ نَهَانَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ رُكُوبِ
الْمَيَاثِرِ قَالَ وَفِي الْحَدِيثِ قِصَّةٌ قَالَ وَفِي الْبَاب عَنْ عَلِيٍّ وَمُعَاوِيَةَ
وَحَدِيثُ الْبَرَاءِ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَقَدْ رَوَى شُعْبَةُ عَنْ أَشْعَثَ
بْنِ أَبِي الشَّعْثَاءِ نَحْوَهُ وَفِي الْحَدِيثِ قِصَّةٌ

 

Sunan An-Nasa’i

 

Kitab al-Ziynah, Bab Dzakara
al-Nahyu ‘An al-Tsiyab al-Qasiyyah no: 5214

 

أَخْبَرَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ مَنْصُورٍ قَالَ حَدَّثَنَا
أَبُو الْأَحْوَصِ عَنْ أَشْعَثَ بْنِ أَبِي الشَّعْثَاءِ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ سُوَيْدٍ
عَنْ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ بِسَبْعٍ وَنَهَانَا عَنْ سَبْعٍ نَهَانَا عَنْ خَوَاتِيمِ الذَّهَبِ وَعَنْ
آنِيَةِ الْفِضَّةِ وَعَنْ الْمَيَاثِرِ وَالْقَسِّيَّةِ وَالْإِسْتَبْرَقِ وَالدِّيبَاجِ
وَالْحَرِيرِ

 

Kitab al-Janaiz  Bab Al-Amru bi al-Tiba’ al-janaiz No: 1913

 

أَخْبَرَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ مَنْصُورٍ الْبَلْخِيُّ
قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو الْأَحْوَصِ ح وَأَنْبَأَنَا هَنَّادُ بْنُ السَّرِيِّ فِي
حَدِيثِهِ عَنْ أَبِي الْأَحْوَصِ عَنْ أَشْعَثَ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ سُوَيْدٍ قَالَ
هَنَّادٌ قَالَ الْبَرَاءُ بْنُ عَازِبٍ وَقَالَ سُلَيْمَانُ عَنْ الْبَرَاءِ بْنِ
عَازِبٍ قَالَ أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِسَبْعٍ
وَنَهَانَا عَنْ سَبْعٍ أَمَرَنَا بِعِيَادَةِ الْمَرِيضِ وَتَشْمِيتِ الْعَاطِسِ وَإِبْرَارِ
الْقَسَمِ وَنُصْرَةِ الْمَظْلُومِ وَإِفْشَاءِ السَّلَامِ وَإِجَابَةِ الدَّاعِي وَاتِّبَاعِ
الْجَنَائِزِ وَنَهَانَا عَنْ خَوَاتِيمِ الذَّهَبِ وَعَنْ آنِيَةِ الْفِضَّةِ وَعَنْ
الْمَيَاثِرِ وَالْقَسِّيَّةِ وَالْإِسْتَبْرَقِ وَالْحَرِيرِ وَالدِّيبَاجِ

 

Musnad Ahmad bin Hanbal

 

Kitab Awwalu Musnad al-kufin bab
Hadis Al-barra’ bin ‘Azib no: 17773

 

حَدَّثَنَا بَهْزٌ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ حَدَّثَنَا
الْأَشْعَثُ بْنُ سُلَيْمٍ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ سُوَيْدِ بْنِ مُقَرِّنٍ عَنِ الْبَرَاءِ
بْنِ عَازِبٍ قَالَ أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِسَبْعٍ
وَنَهَانَا عَنْ سَبْعٍ قَالَ فَذَكَرَ مَا أَمَرَهُمْ مِنْ عِيَادَةِ الْمَرِيضِ وَاتِّبَاعِ
الْجَنَائِزِ وَتَشْمِيتِ الْعَاطِسِ وَرَدِّ السَّلَامِ وَإِبْرَارِ الْمُقْسِمِ وَإِجَابَةِ
الدَّاعِي وَنَصْرِ الْمَظْلُومِ وَنَهَانَا عَنْ آنِيَةِ الْفِضَّةِ وَعَنْ خَاتَمِ
الذَّهَبِ أَوْ قَالَ حَلْقَةِ الذَّهَبِ وَالْإِسْتَبْرَقِ وَالْحَرِيرِ وَالدِّيبَاجِ
وَالْمِيثَرَةِ وَالْقَسِّيِّ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ
عَنِ الْأَشْعَثِ بْنِ سُلَيْمٍ فَذَكَرَ مَعْنَاهُ إِلَّا أَنَّهُ قَالَ تَشْمِيتِ
الْعَاطِسِ

 

Kitab Awwalu Musnad al-kufin bab
Hadis Al-barra’ bin ‘Azib no: 17801, 17900

 

حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ حَدَّثَنَا الشَّيْبَانِيُّ
عَنْ أَشْعَثَ بْنِ أَبِي الشَّعْثَاءِ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ سُوَيْدِ بْنِ مُقَرِّنٍ
عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ أَمَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ بِسَبْعٍ وَنَهَى عَنْ سَبْعٍ قَالَ نَهَى عَنْ التَّخَتُّمِ بِالذَّهَبِ
وَعَنْ الشُّرْبِ فِي آنِيَةِ الْفِضَّةِ وَآنِيَةِ الذَّهَبِ وَعَنْ لُبْسِ الدِّيبَاجِ
وَالْحَرِيرِ وَالْإِسْتَبْرَقِ وَعَنْ لُبْسِ الْقَسِّيِّ وَعَنْ رُكُوبِ الْمِيثَرَةِ
الْحَمْرَاءِ وَأَمَرَ بِسَبْعٍ عِيَادَةِ الْمَرِيضِ وَاتِّبَاعِ الْجَنَائِزِ وَتَشْمِيتِ
الْعَاطِسِ وَرَدِّ السَّلَامِ وَإِبْرَارِ الْمُقْسِمِ وَنَصْرِ الْمَظْلُومِ وَإِجَابَةِ
الدَّاعِي

 

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ آدَمَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ
عَن أَشْعَثَ بْنِ أَبِي الشَّعْثَاءِ عَن مُعَاوِيَةَ بْنِ سُوَيْدِ بْنِ مُقَرِّنٍ
عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ بِسَبْعٍ وَنَهَانَا عَنْ سَبْعٍ أَمَرَنَا بِعِيَادَةِ الْمَرِيضِ وَاتِّبَاعِ
الْجَنَائِزِ وَإِجَابَةِ الدَّاعِي وَإِفْشَاءِ السَّلَامِ وَتَشْمِيتِ الْعَاطِسِ
وَإِبْرَارِ الْقَسَمِ وَنَصْرِ الْمَظْلُومِ وَنَهَانَا عَنْ خَوَاتِيمِ الذَّهَبِ
وَآنِيَةِ الْفِضَّةِ وَالْحَرِيرِ وَالدِّيبَاجِ وَالْإِسْتَبْرَقِ وَالْمَيَاثِرِ
الْحُمْرِ وَالْقَسِّيِّ حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ عُمَرُ بْنُ سَعْدٍ عَن سُفْيَانَ
مِثْلَهُ وَلَمْ يَذْكُرْ فِيهِ إِفْشَاءَ السَّلَامِ وَقَالَ نَهَانَا عَنْ آنِيَةِ
الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ

 

Ibnu Majah

 

Kitab Ibrar al-Muqsim bab
al-Kaffarat  No: 2106

 

حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ
عَنْ عَلِيِّ بْنِ صَالِحٍ عَنْ أَشْعَثَ بْنِ أَبِي الشَّعْثَاءِ عَنْ مُعَاوِيَةَ
بْنِ سُوَيْدِ بْنِ مُقَرِّنٍ عَنْ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ أَمَرَنَا رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِإِبْرَارِ الْمُقْسِمِ

 

Cek Kualitas Hadis: Kritik Sanad
dan MatanHal yang mendasar yang harus
diketahui para pengkaji hadis sebelum memahami suatu teks hadis adalah uji
validitas suatu hadis, dalam hal ini yang dimaksudkan adalah apakah teksnya
sudah mencukupi syarat sebuah hadis itu shahih dan minimal hasan, dan apakah
perawi-perawi yang meriwayatkannya itu terpercaya dan dapat terbukti bersambung
kepada sumber utama hadis; Nabi SAW.

Dengan hal ini, penulis
mencantumkan keadaan perawi sesuai yang tertera dalam program CD Mausu’ah
al-Hadis al-Syarif

a. Kritik Sanad: Kwalitas rawi dan ketersambungan
sanad

1. Adam yang merupakan sanad
pertama dari hadis ini memilki nama lengkap adalah: Abdurrahman Muhammad, namun
dikatakan pula Nahiyah bin Syu’aib al-khurasany al-Marruziy, laqab:  Abu Hasan al-‘Asqalani. Ia meriwayatkan hadis dari
beberapa orang ternama, dan salah satu diantaranya adalah Syu’bah bin
Hajjaj  (sanad ke -2). Namun Ia juga
memilki banyak murid dan salah satu diantaranya adalah Muhammad bin Isma’il bin
Ibrahim al-Mughirah bin bardizbah al-Ju’fiy al-Bukhari (Mukharrij al-hadis). Penilaian Ulama’: tsiqah, La
Ba’sa bihi.[2]

2. Syu’bah bin Hajjaj bin
al-Wardi al ‘Ataki al-Azdi. Laqab: Abu Busthami al-Wasathi. Guru-guru: salah satunya:
‘Asy’asy bin Salim. Penilaian Ulama’: Tsiqah, ‘Adl

 

3. Mu’awiyah bin Suwaid bin
muqarrin al-Muzaniy. Laqab: Abu Siwaid al-Kufi.

 

Salah satu gurunya adalah:
Al-barra’ bin ‘Azib. Penilaian Ulama: Ibnu Hibban: Tsiqah4. Al-Barra’ bin ‘Azib bin Harits
bin ‘Adiy bin Majda’ah bin al-Harisah bin al-harits bin al-Khazraj bin ‘Amri
bin Malik bin al-Aus al-Anshariy; Sahabat. Dari data di atas, jelaslah bahwa
Hadis ini terpercaya ruwwat-nya. Sedang dalam
ketersambungannya hadis ini termasuk yang marfu’ muttashil, Oleh
karenanya, hadis ini memenuhi syarat untuk dikaji lebih lanjut.

b. Kritik Matan; Sebuah pemahaman

Sebagai umat muslim, dituntut
untuk meyakini bahwa yang berhak menghalalkan dan mengharamkan hanyalah Allah
dan Nabi SAW, karena segala yang dihalalkan dan diharamkan Rasulullah SAW itu
berasal dari Allah SWT[3]. Maka inplikasinya barang siapa yang inkar kepada
Rasul begitu juga Ia telah inkar kepada Allah SWT. Dan tidak dibenarkan
sesorang menghalalkan sesuatu tanpa izin Allah kecuali ada dalil syara’ yang
sudah membolehkan.

Kaitannya dengan hadis diatas,
dapat ditangkap bahwa suatu ketika Rasulullah SAW melarang dan menganjurkan
sahabat untuk mengenakan tujuh perkara diantaranya yakni memakai cincin emas,
memakai sutera, minum dari bejana emas, dan menganjurkan juga tujuh perkara;
menjenguk orang sakit, mengikuti jenazah, menjawab bersin, menjawab salam, memenuhi
undangan dan menolong orang yang teraniaya.

Upaya memahami hadis diatas kami
mencoba menampilkan beberapa pendapat ulama’ tentang hadis pengharaman atas
pemakaian cincin” diatas :

Ibnu Ruslan dalam “Syarah
As-Sunan” ……”Cegahan memakai emas yang dimaksudkan adalah emas yang  banyak, adapun yang kecil-kecil dan sedikit
umpamanya sebagai cincin atau sebentuk subang dan mata pedang tiadalah
diharamkan, namun yang diharamkan adalah yang banyak sebagai bahan pamer
sebagaimana yang sering dilakukan oleh kaum-kaum hartawan feudal.

Al-Khattabi dalam
“Mu’alimussunan”: “ Kebolehan memakai emas yang kecil itu hanaya bagi perempuan
namun kalau laki-laki banyak maupun sedikitnya tetap diharamkan.[4]

Al-Hafidz ibnu Qayyim berkata:
…..“ Aku telah mendengar Syaikhul Islam Ibnu Taymiyah  berkata: Hadis Mu’awiyah yang membolehkan
kita memakai emas kecil-kecil itu bermaksud membolehkan kita meletakkan emas
pada benda yang bukan emas umpamanya untu menjadi tanda, dan bukanlah dimaksud
boleh memakai emas dalam bentuk cincin atau yang lainnya “ berdiri
sendiri”  Ibnu Taymiyah berpendapat
demikian disebabkan Ia memegang hadis yang diriwayat kan Ahmad bin Hanbal dari
“Barang siapa berhias dengan sepotong emas walaupun kecil-kecil maka kelak
mukanya akan digosokkan dineraka dengan emas yang dia pakai……” (al-hadis)

Dari beberapa pendapat yang
ditawarkan ulama’ diatas, menurut penulis apaya yang ditawarkan Imam
al-Khattabi yang menghususkan pembolehan (hanya memakai yang kecil-kecil saja)
kepada wanita dapat menghilangkan makna hadis karena banyak hadis yang telah
menyatakan pembolehan terhadap perempuan, sebagaimana  hadis yang diriwayatkan oleh An-Nasa’i:

أُحِلَّ الذَّهَبُ وَالْحَرِيرُ لِإِنَاثِ أُمَّتِي
وَحُرِّمَ عَلَى ذُكُورِهَا

Dihalalkan memakai emas dan sutera
bagi perempuan dari ummatKu dan diharamkan keduanya (emas dan sutera) bagi
laki-laki[5]. Begitu juga argumen yang dilontarkan Imam Al-Hafidz ibnu Qayyim
yang mencantumkan hadis riwayat Imam ahmad diatas tidak diakui akan
keshahihannya dari kalangan mayoritas ulama’ hadis. Dengan ini penulis
berkesimpulan lebih cocok dan sependapat dengan pendapat yang dilontarkan oleh
Ibnu Ruslan, yakni pengharamannya yang dikarenakan oleh adanya sifat riya’ dan
sombong yang nantinya timbul dihatinya, karena kemewahan yang dipakai.

Keharaman Cincin bagi Laki-laki:
Analisis Sosio-Historis

Diantara banyak hadis yang
menunjukkan pelarangan, ada beberapa hadis yang terlacak dan ternyata seolah
melegitimasi kebolehan penggunaan terhadap cincin emas bagi lak-laki,
perhatikan hadis berikut:

 

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ حَدَّثَنَا يَزِيدُ
بْنُ هَارُونَ عَنْ حَمَّادِ بْنِ سَلَمَةَ قَالَ رَأَيْتُ ابْنَ أَبِي رَافِعٍ يَتَخَتَّمُ
فِي يَمِينِهِ فَسَأَلْتُهُ عَنْ ذَلِكَ فَقَالَ رَأَيْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ جَعْفَرٍ
يَتَخَتَّمُ فِي يَمِينِهِ وَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ جَعْفَرٍ كَانَ النَّبِيُّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَخَتَّمُ فِي يَمِينِهِ[6] 

Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Mani’, telah menceritakan kepada kami Yazid bin Harun dari Hamad bin Salmah telah berkata Aku telah melihat Ibnu Abi Rafi’ mengenakan cincin pada (jari) kanannnya dan aku bertanya perihal masalah ini, dan ibn Abi Rafi’ berkata : Aku telah melihat Abdullah bin Ja’far mengenakan pada (jari) kananya, dan berkata Abdullah bin Ju’far, Nabi Muhammad saw. mengenakan cincin pada jari kanannya. (HR.Tirmidzi)

 

Secara general hadis ini menandai
adanya tradisi mengenakan cincin pada masa Rasul, hal ini digambarkan
pertentangan sahabat perihal apakah Nabi mengenakan cincin pada jari tangan
kanan ataukah jari pada tangan kiri. Pertentangan apakah Rasul memakai cincin
pada tangan kanan ataupun pada tangan kiri, sebagaimana dikatakan oleh
al-Dawudiy yang berpendapat bahwa memakai cincin pada tangan kiri adalah
kebiasaan Ahl-al-Madinah. Jika ini adalah kebiasaan ahl-al-Madinah maka timbul
pertanyaan, bahwa sahabat, juga tabi’in sebagian mereka adalah ahl-Madinah
tetapi tetap menggunakan cincin pada tangan kanan. Tentang hal ini al-Bayhaqi
dalam al-Adab berpendapat dengan mengutip riwayat ibn umar dengan mengumpulkan
antara kedua hadis yang bertentangan ini berpendapat bahwa cincin yang
dikenakan oleh Sahabat juga tabi’in pada tangan kanan adalah emas sedang pada
tangan kiri adalah dari bahan perak.[7]Menurut penulis, Kita mesti
kembali kepada bara’atul ashliyah (kembali kepada hukum asal) yakni bolehnya
memakai cincin selain emas, baik itu besi, kuningan, dan perak, atau logam
lainnya walau berharga tinggi. Bertolak dari sini sudah dapat dipastikan bahwa
cincin emas dan pengharamannya dikarenakan adanya ‘illat yang menyebabkannya.
Sejauh penelitian penulis hadis mengenai pelarangan menggunakan cincin emas
bagi laki-laki tidak memiliki asbab al-Wurud yang khusus. Sementara jika kita
melihat situasi-kondisi pada saat itu sangat memungkinkan jika larangan yang
dilontarkan oleh Nabi dilatar belakangi oleh hal-hal berikut: antara lain yaitu:

a) Cincin emas adalah simbol
kemewahan yang berpotensi untuk menimbulkan kesombongan (Khuyala’).

b) Emas adalah identik dengan
perempuan. Dan Islam melarang laki-laki menyerupai perempuan dalam hal-hal yang
memang hanya spesifik untuk perempuan saja.

c) Pada masa Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan sampai beberapa generasi berikutnya, emas
dan perak adalah jenis mata uang yang kita kenal dengan dinar untuk emas dan
dirham untuk perak. Dari sini bisa dibayangkan jika kaum laki-lakipun memakai
emas untuk menghias dirinya, yang memungkinakan berakibat tidak ada lagi bahan
untuk membuat mata uang yang akan memudahkan mereka dalam bertransaksi.

Perihal masalah tersebut diatas
yakni ‘Illat yang diajukan. Menurut Yusuf al-Qaradhawi untuk memahami hadis
Nabi, dapat dengan memperhatikan sebab-sebab khusus yang melatar belakangi
diucapkannya suatu hadis, atau terkait dengan suatu ‘illah tertentu yang
dinyatakan dalam hadis tersebut atau dapat dipahami dari kejadian yang
menyertainya . Hal ini mengingat bahwa hadis Nabi menyelesaikan pelbagai
problem yang bersifat lokal (Maudhu’i), partikular (Juz’i) dan temporal (
ani’). Dengan mengetahui hal tersebut, seseorang dapat melakukan pemilahan
antara apa yang bersifat khusus dan yang umum, yang sementara dan yang abadi,
antara yang partikular dan yang universal. Semuanya itu mempunyai hukumnya
masing-masing.

Dengan demikian jika kita merujuk
pada pendapat Yusuf al-Qardhawi, apabila kondisi telah berubah dan tidak ada
lagi ‘illah, maka hukum yang berkenaan dengan suatu nashakan gugur dengan
sendirinya. Hal ini sejalan dengan kaidah “ suatu hukum berjalan seiring dengan
‘illah-nya, baik dalam hal ada maupun tidak adanya “. Begitu pula terhadap
hadis yang berlandaskan suatu kebiasaan temporer yang berlaku pada zaman Nabi
dan mengalami perubahan pada masa kini, maka yang dipegangi adalah maksud yang
dikandungnya dan bukan pengertian harfiyahnya.[8]

D. Kontekstualisasi

Kehidupan modern telah
menyebabkan rumitnya mode pakaian dan upaya menghias diri. Umat muslim
sebenarnya dapat mengenakan pakaian apa saja dan bebas menghias diri asalkan
tidak menjurus kepada pemborosan ataupun kesombongan. Ada sebuah hadis yang
menyatakan: “makanlah apa yang kau ingini dan kenakanlah pakaian yang kau
ingini, selama kau menghindar dari dua hal: pemborosan dan kesombongan.[9] Hal
ini berdasar pada hadis Nabi SAW:

 

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى وَمُحَمَّدُ
بْنُ بَشَّارٍ وَإِبْرَاهِيمُ بْنُ دِينَارٍ جَمِيعًا عَنْ يَحْيَى بْنِ حَمَّادٍ قَالَ
ابْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنِي يَحْيَى بْنُ حَمَّادٍ أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَبَانَ
بْنِ تَغْلِبَ عَنْ فُضَيْلٍ الْفُقَيْمِيِّ عَنْ إِبْرَاهِيمَ النَّخَعِيِّ عَنْ عَلْقَمَةَ
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ
قَالَ رَجُلٌ إِنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ أَنْ يَكُونَ ثَوْبُهُ حَسَنًا وَنَعْلُهُ حَسَنَةً
قَالَ إِنَّ اللَّهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ
النَّاسِ

 

 

Artinya: “Tidak masuk surga orang
yang dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji sawi. Seorang laki-laki
berkata, ada orang ingin bajunya bagus dan sandalnya bagus. Nabi Saw. bersabda,
sesungguhnya Allah Maha Indah dan menyukai keindahan. Kesombongan itu
mengingkari kebenaran dan menghina orang lain.” (HR. Muslim)

 

Emas adalah salah satu dari barang
yang bisa dijadikan sebagai penghias diri. Akan tetapi,  menurut Sunnah Nabi, Emas, sebagai perhiasan,
diharamkan bagi kaum laki-laki dan tidak bagi kaum perempuan. Hal ini menjadi
pertanyaan besar, mengapa dilarang bagi kaum laki-laki dan diperbolehkan hanya
bagi perempuan.Faidah Pengharaman Cincin dari Emas dan Sutera bagi Laki-laki ditinjau dari berbagai Aspek

 

Dilatari hal ini penulis mencoba
untuk mencari jawaban dari pertanyaan tersebut, untuk sementara, dengan menilik
dua aspek yang mungkin mempengaruhi tercetusnya fatwa tersebut dari Nabi Saw.
Dua aspek tersebut adalah:

 

1. Ekonomi

 

Emas adalah instrumen ekonomi
yang paling tua dan kekal sepanjang sejarah manusia. Emas dipersepsikan
bernilai dan sangat disukai setiap zaman. Kedudukan emas yang istimewa
dihadapan manusia bukan karena manusia yang menetapkannya, tetapi manusia
mengikuti ketetapan dari Pencipta Alam ini. Firman Allah dalam Surat Ali
Imran ayat 14 berbunyi:

 

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ
وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ
الْمُسَوَّمَةِ وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ذَلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَاللَّهُ
عِنْدَهُ حُسْنُ الْمَآَبِ

 

Artinya: Dijadikan indah pada
(pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu:
wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda
pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di
dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga)” [11]Jelas sudah bahwa kecintaan
manusia kepada emas dan perak bukan tidak berdasar. Dan ayat ini pun telah
menunjukkan kepada kita Umat yang baru lahir ini untuk mengikuti dan
menjalankan urutan-urutan investasi yang dimulai dari Investasi Istri Solehah,
Investasi Anak Soleh dan yang ketiga Investasi Emas. Urut-urutan inipun
bukanlah dari penulis tetapi juga dari yang menciptakan Alam Semesta ini. Dan
jika ada teori/produk Investasi yang tidak didasarkan dengan Al Quran dan As
Sunnah , maka bisa dibilang teori dan produk investasi tersebut tidak akan
lama.

Melihat kedudukan emas yang
begitu istemewa dalam perekonomian sedangkan hasil pertambangan emas di
negara-negara Arab tidaklah tinggi, maka pelarangan pemakaian emas pun tidak
bisa dihindari. Pelarangan berlaku untuk kaum laki-laki agar pemakaian emas
tidak menjadi sebuah trend dalam masyarakat. Jika kaum laki-laki banyak yang
mengenakan emas maka hal ini akan cepat menjadi sebuah trend. Sebab dahulu yang
selalu terexpose adalah kaum laki-laki, dalam pergaulan di masyarakat,
peperangan, dan sebagainya. Pemakaian emas oleh laki-laki juga bisa mengancam
keselematan harta. Misalnya, dalam peperangan yang kalah, selain akan
mempersulit pertarungan, emas yang dikenakan oleh para prajurit juga bisa
menjadi harta rampasan.

2. Sosial

Emas adalah barang yang begitu
istemewa sehingga untuk mendapatkannya sangatlah sulit. Perlu banyak alat untuk
menggali atau menambangnya. Perlu banyak uang untuk membelinya. Sehingga bagi
yang punya cukup alat atau uang akan merasa kedudukannya lebih tinggi dari
oarang biasa. Hal ini bisa menimbulkan kesenjangan sosial dalam masyarakat.

Dua aspek tersebut tentu yang ada
dalam kondisi masyarakat Makkah atau Madinah pada zaman dahulu. Jika kita tarik
ke kondisi Indonesia pada saat ini, maka sudah sepatutnya jika fatwa bisa
berubah. Indonesia adalah Penghasil Emas terbesar ketujuh dunia dan negara yang
mempunyai kandung emas terbesar dunia.[12]

Saat ini fungsi emas juga semakin
bertambah dan semakin diminati. Antara lain karena selain emas sebagai
perhiasan dan merupakan alat pembayaran yang tidak akan terganti sampai
kapanpun, Emas juga dipakai pada alat-alat elektronik karena emas bisa menjadi
alat penghantar yang baik dibandingkan logam lainnya sehingga ia menjadi sebuah
teknologi canggih.

Terlepas dari larangan pemakaian
emas oleh kaum laki-laki dari hadis Nabi Saw, sebenarnya keistimewaan yang
dimiliki emas sekarang membuat masyarakat Indonesia disarankan agar
berinvestasi emas walaupun hanya 1 gram emas logam.

E.  Kesimpulan

Dalam upaya menggali makna yang
komprehensif  maka perlu memperhatikan
beberapa aspek yang mengitarinya di antaranya dengan mendialogkan dengan
konteks relita kekinian (kontekstualisasi) dan yang terakhir dengan menangkap
makna universal dari hadis tersebut yang dikenal dengan istilah  Maqasid al-Syari’ah. Bertolak dari sini sudah
dapat dipastikan bahwa cincin emas dan pengharamannya dikarenakan adanya ‘illat
yang menyebabkannya sebagai indikasi dari keberagaman umat Islam yang tidak
hanya berada pada satu kultur.Kiranya demikianlah makalah yang
dapat penulis sajikan, ucapan terima kasih tak lupa disampaikan kepada
bapak  Drs, Muhammad Yusuf M.Ag  selaku dosen pengampu Mata kuliah hadis dan
Sosial Budaya  dan pihak-pihak yang turut
membantu penulis dalam menyelesaikan makalah ini. Namun penulis menyadari bahwa
di dalam makalah ini masih terdapat kekurangan dan kekeliruan, sehingga masih
jauh dari kata sempurna. Kritik dansaran pembaca sangat penulis harapkan untuk
perbaikan selanjutnya.

Daftar Referensi

Al-Qur’an dan Terjemahan
Ibn Hajar, Fath al-Bary, Man
Ja’ala Fash Al-Khatn fi Bathn Kaffahu, (DVD ROM al-Maktabah al-Syamilah ( Solo:
Pustaka Ridwana, 2004).
Tahdzib al-Kamal,  CD ROM al-A’lam wa-al-Tarajim al-Rijal.
Tadzkirah al-Huffadz, CD ROM
al-A’lam wa-al-Tarajim al-Rijal.
Taqrib al-Tahdzib, CD ROM
al-A’lam wa-al-Tarajim al-Rijal.

 

Tsiqat ibn Hibban,  CD ROM al-A’lam wa-al-Tarajim al-Rijal.

 

CD Mausu’ah al-Hadits al-Syarif.
Fath al-Bari. Global Islamic Software, 1991-1997.

 

__________________________ Musnad
Ahmad bin Hanbal. Global Islamic Software, 1991-1997.

 

_________________________   Shahih al-Bukhari. Global Islamic Software,
1991-1997.

 

__________________________  Shahih Muslim. Global Islamic Software,
1991-1997.

 

__________________________   Sunan al-Tirmidzi. Global Islamic Software,
1991-1997.

 

__________________________  Syarh Shahih Muslim. Global Islamic Software,
1991-1997.

 

Suryadi, Metode Kontemporer
Memahami Hadis Nabi  Persfektif Muhammad
al-Ghazali dan Yusuf al-Qaradhawi.
Yogyakarta: Teras.

 

Muhammad al-Ghazali, Studi Kritis
Atas Hadis Nabi Saw: Antara Pemahaman Tekstual dan Kontekstual (Bandung: Mizan,
1994), hal. 111

 

Muhammad al-Jamal, Ibrahim, Fiqih
Wanita, (Semarang : al-Syifa), 1986.

 

Isma’il, Faisal, Paradigma
Kebudayaan Islam, (Yogyakarta : Titian Ilahi Press), 1998.

 

http://kemilau-investasi-emas.blogspot.com/

 

 

[1] Hadits ini diriwayatkan Imam
Bukhari, Shahih Bukhari kitab  Al-Libas
Bab Khawatim al-Zahab nomor 5414. CD ROM Mausu’ah Al Hadits Al Syarif .

 

[2] Lebih jelasnya buka: “Tahzib
Al-kamal”  dalam Maktabah al-‘A’lam Wa
al-Tarajim al-Rijal, Islamic Global Software, 1991-1997, jilid 1 halaman  417, “Ta’dil wa al-Tajrih” dalam Maktabah
al-‘A’lam Wa al-Tarajim al-Rijal, Islamic Global Software, 1991-1997, jilid
1halaman  62, “Taqrib al-tahzib”  dalam Maktabah al-‘A’lam Wa al-Tarajim
al-Rijal, Islamic Global Software, 1991-1997, jilid 1 halaman  42, “Tadzkirat al-Huffadz”  dalam Maktabah al-‘A’lam Wa al-Tarajim
al-Rijal, Islamic Global Software, 1991-1997, jilid 1 halaman  409.

 

[3] Hal ini sesuai dengan firman
Allah SWT dalam al-Qur’an surat An-Najm’: وما ينطق عن الهوي إن هو إلا وحي يوحي

 

[4] Prof. T. Hasbie As-Siddiqie,
Koleksi Hadis-hadis Hukum,

 

[5]Sunan An-Nasai, An-Nasa’I,
kitab al-ziynah Bab Tahrim al-zahab ‘ala al-Rajuli No: 5057. CD ROM Mausu’ah
Hadis al-Syarif, lihat juga Sunan Tarmizi, kitab Ma Ja’a fi al-harir wa
al-Zahab bab Libas ‘An Rasulillah SAW no: 1642. CD ROM Mausu’ah Hadis al-Syarif
Islamic Global Software.

 

[6] Al-Tirmidzi, Sunan
al-Tirmidzi, no. 1666 (CD- Mawsu’ah al-Hadits al-Syarif, Global Islamic
Software .Adapun penilaian ulama tentang hadis ini ditunjukkan dengan kalimat
berikut :    قَالَ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَعِيلَ هَذَا أَصَحُّ شَيْءٍ رُوِيَ عَنْ النَّبِيِّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي هَذَا الْبَاب

 

[7] Ibn Hajar, Fath al-Bary, Man
Ja’ala Fash Al-Khatn fi Bathn Kaffahu, Juz 16.
DVD ROM al-Maktabah al-Syamilah ( Solo: Pustaka Ridwana, 2004). hlm.
457.

 

[8] Suryadi, Metode Kontemporer
Memahami Hadis Nabi  Persfektif Muhammad
al-Ghazali dan Yusuf al-Qaradhawi. ( Yogyakarta: Teras), hlm. 160-161.

 

[9] Muhammad al-Ghazali, Studi Kritis
Atas Hadis Nabi Saw: Antara Pemahaman Tekstual dan Kontekstual (Bandung: Mizan,
1994), hal. 111

 

[10] Muslim, Shahih Muslim  (CD ROM. al-Maktabah al-Syamilah), juz   1, hal. 247

 

[11] Al-Qur’an surat al-Baqarah
ayat 14

 

[12] http://kemilau-investasi-emas.blogspot.com/
SHARE