Kalau Sudah Nikah, Suka Dukanya Nikmati Ajah!

5 Hal Yang Dapat Membuat Pernikahan Awet

Tongkrongan Islami – Dalam membina rumah tangga yang bahagia itu memang bukan hal yang gampang. Terbukti banyak orang lebih memilih untuk berpisah alias cerai karena sudah tidak memiliki kecocokan.

Selain itu alasan mereka karena sudah tidak lagi satu visi dan misi. Padahal Allah SWT sangat membenci perceraian. Tak seorang pun yang ingin bercerai dalam rumah tangganya. Ya, saat janji suci telah diucapkan, maka semua pasangan berharap hanya tangan Tuhan-lah yang bisa memisahkan mereka.

Pernikahan merupakan cara terbaik menjaga kesucian diri, meski di dalamnya terdapat banyak suka dan dukanya. Tapi bila kita bisa menyikapi itu semua dengan hati yang ikhas dan selalu ingat pada janji pernikahan kita, maka insyaallah kita bisa mempertahankan biduk pernikahan kita.

5 Hal Yang Dapat Membuat Pernikahan Awet

Ingat, sebelum lebih jauh melangkah ke jenjang pernikahan pasti kalian telah berjanji untuk saling menemani kala suka ataupun duka. Jadi, ketika ujian masalah datang, cobalah mengingat kembali janji tersebut. Lihat kembali wajah pasangan masing-masing. Cobal kenang kembali bagaimana kita dulu begitu mencintainya dan rela untuk melakukan apapun agar dia bahagia.

Berbagi Persoalan Bersama

Ketika persoalan datang melanda rumah tangga kalian, yakinlah bahwa kalian berdua pasti bisa melewati itu bersama. Ya, segala macam persoalan bila dihadapi bersama pastinya akan terasa jauh lebih ringan. Jangan pernah lari bahkan menghindar dari segala masalah yang datang, karena solusi dari permasalahan itu cuma satu, yaitu dihadapi.

Selalu luangkan kesempatan tertawa bersama

Dulu, ketika masih pacaran kamu selalu ingin lihat ia tersenyum juga tertawa. Ini karena bagimu senyumnya jadi kebahagiaanmu. Maka, sesudah nikah hal tersebut jangan sampai dihilangkan. Habiskan tengah malam anda dengan nonton bareng. Makan bersama di restoran juga bisa jadi momen yang tepat untuk kalian berbincang, bercanda dan tertawa. Membina rumah tangga tidak mudah, tapi akan lebih susah bila berjalan sendiri-sendiri.

Ungkapkan Cintamu Setiap Hari

Mencium dan memeluknya setiap hari, dan jangan lupa selalu bilang “I love you”. Mungkin kedengarannya mudah dan sederhana, namun banyak pasangan yang lupa tentang itu. Terlebih pasangan yang sudah menikah bertahun-tahun lamanya. Kembalikanlah rasa cinta yang dulu lagi, agar kehidupan rumah tangga juga berjalan sangat menyenangkan setiap hari.

Seolalu Berkomunikasi

Jika kalian sedang menghadapi masalah, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah berkomunikasi. Selalu Bicarakan semua persoalan yang terjadi dan jangan ragu berkompromi. Karena dengan selalu setuju dan mengalah bukan solusi terbaik dalam kehidupan rumah tangga. Kalian harus belajar mengemukakan serta mendengarkan pendapat pasangan.

Pelajaran Pentring Dalam Rumah Tangga

Beberapa pelajaran pernikahan yang perlu dipahami untuk mereka yang ingin berumah tangga ataupun sudah berumah tangga.

• Tujuan dalam berkeluarga: senang dan susah dirasakan bareng.

Itu adalah hikmah dari doa yang diajarkan Rasullullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada pengantin: Barakallahu laka wa baraka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fii khoir. Artinya: Semoga Allah berkahi engkau baik dalam senang maupun susah, semoga Allah kumpulkan kalian berdua didalam kebaikan.

• Suamilah yang harus memperhatikan nafkah kepada istri dengan melihat pada dua keadaan: kebutuhan istri, dan kemampuan suami.

• Istri harus banyak bersyukur pada pemberian suami baik sekecil apa pun itu. Ingat, wanita itu banyak yang masuk neraka, gara- gara banyak protes juga kurang bersyukur atas pemberian suami.

• Kewajiban istri paling besar adalah taat kepada suami.

• Didalam rumah tangga, saling mengajak dalam kebaikan serta mengingatkan ketika terjadi kekeliruan.

Mari kita sama- sama berdoa semoga keluarga kita bisa menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here