Beginilah Islam Mengajarkan Adab Makan dan Minum

273
Adab Makan dan Minum

Tongkrongan Islami – Pemandangan yang sudah biasa tatkala melihat seorang muslimah makan sambil berdiri, makan sambil berjalan, makan menggunakan tangan kiri, tanpa berdoa sambil ngobrol bersama temannya, bahkan menyisakan makanan.

Bahkan acara walimah yang digelar pun sekarang ini sedang trend dengan pesta kebun atau berdiri. dimana para tamu undangannya mengambil makanan kemudian menyantap hidangan pesta dengan berdiri. Lantas dimanakah adab makan dan minum yang diajarkan Nabi? Sudahkah kita melupakannya?

Betapa miris hati ini melihatnya. Jika amal ibadah yang ringan saja ditinggalkan dan disepelekan, bagaimana amalan yang besar pahalanya?? Atau mungkin karena itu hanya merupakan suatu ibadah kecil yang lantas kita meninggalkannya dengan alasan kecilnya pahala yang kita peroleh?

Jangan begitu Saudaraku … Yang sedikit jika rutin dilakukan, akan menjadi banyak! Berikut Adab Makan Dan Minum Dalam Islam:

Adab Sebelum Makan dan Minum

  1. Mencuci kedua tangan
  2. Mencuci mulut atau berkumur
  3. Membaca basmalah saat hendak makan dan mengakhirinya dengan membaca hamdalah.
  4. Membaca doa sebelum makan dan minum adalah : “Ya Allah, jadikanlah rezeki yang telah Engkau limpahkan kepada kami rezeki yang berkah, serta jauhkanlah kami dari siksa api neraka”.

Adab Ketika Makan dan Minum

  1. Makan dan minum dengan duduk
  2. Saat makan tidak boleh berbicara
  3. Makan menggunakan tangan kanan
  4. Sewaktu makan harus tenang, tidak boleh tergesa-gesa, makanan tak boleh tercecer.
  5. Tidak boleh makan sambil berjalan
  6. Makan secukupnya jangan berlebihan. Firman Allah SWT : ”Makan dan minumlah, tapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”.
  7. Saat makan tidak membicarakan hal-hal buruk
  8. Mengambil makanan atau hidangan yang dekat dan tidak meraih makanan yang ada di tempat yang jauh, sebagai pertanda qanaah.
  9. Saat makan bersama, dilarang mengambil lagi makanan, kecuali sudah mendapat izin.
  10. Mulai mengambil makanan dari pinggir dan dilarang dari tengah.
  11. Tidak boleh mencela makanan tapi sunah untuk memujinya.
  12. Memakan makanan dan minuman yang halal. Makanan halal tentu hal yang wajib dikonsumsi oleh seorang muslim, begitu juga dengan makanan yang bagus. Yang dimaksud makanan halal lagi bagus yaitu makanan yang halal juga menyehatkan.
  13. Mendahulukan makan daripada shalat jika makanan telah dihidangkan. Yang dimaksud dengan telah dihidangkan yaitu sudah siap disantap. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila makan malam telah dihidangkan dan shalat telah ditegakkan, maka mulailah dengan makan malam dan janganlah tergesa-gesa (pergi shalat) sampai makanmu selesai.” (Muttafaqun ‘alaih).
  14. Tidak makan dan minum dengan menggunakan wadah yang terbuat dari emas dan perak. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Orang yang minum pada bejana perak sesungguhnya ia mengobarkan api neraka jahanam dalam perutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).
  15. Jangan menyantap makanan dan minuman dalam keadaan masih sangat panas ataupun sangat dingin karena hal ini membahayakan tubuh.
  16. Mendinginkan makanan hsampai makanan itu layak disantap akan mendatangkan berkah. Ini berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Sesungguhnya yang demikian itu dapat mendatangkan berkah yang lebih besar.” (HR. Ahmad)
  17. Memungut makanan yang jatuh, membersihkannya, lalu memakannya. Hal ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Jika salah satu dari kalian makan lalu makanan tersebut jatuh, maka hendaklah ia memungutnya dan membuang kotorannya kemudian memakannya. Jangan ia biarkan makanan itu untuk setan.” (HR. At-Tirmidzi) Betapa mulianya agama ini, sampai-sampai sesuap nasi yang jatuh pun sangat dianjurkan untuk dimakan. inilah salah satu bentuk syukur atas makanan yang sudah Allah Ta’ala berikan dan bentuk kepedulian terhadap fakir miskin.

Adab Sesudah Makan dan Minum

  1. Membaca doa : “Segala puji bagi Allah yang telah member makan dan minum dan telah menjadikan kami sebagai orang Muslim”.
  2. Mencuci tangan.
  3. Membersihkan dan mencuci peralatan yang dipakai untuk makan.
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here