Berwudhu Kembali setelah Mandi Junub

Berwudhu Kembali setelah Mandi Junub

Tongkrongan Islami – Terdapat beberap pertanyaan terkait dengan wudhu setelah mandi wajib. Apakah seorang yang telah melakukan mandi wajib perlu wudhu kembali, semisal ia ingin melaksanakan shalat setelah mandi junub tersebut?

Dalam hal ini ada beberapa ulama yang berbeda pendapat, ada yang mengharuskan wudhu lagi setelah mandi dan ada juga yang tidak mewajibkan;

a. Golongan yang Berpendapat setelah Mandi Tidak perlu Wudhu lagi

Mereka adalah Abu Zaid bin Ali, as-Syafi’i, Jam’ah dan Ibnu Bathal Al-Ijma’. Mereka beralasan dengan hadis:

(عن عائشة قالت: كان رسول الله.ص. لايتوضأ بعد الغسل.( رواه الخمسة

Dari Aisyah, Ia berkata; “Adalah Rasulullah saw itu tidak berwudhu lagi setelah beliau mandi”.

Dan berkata Ibnu Umar:

لما سئل النبي.ص. عن الةضوء بعد الغسل و أي وضوء أعمّ من الغسل.  رواه إبن أبي شيبة

“Tatkala Nabi saw. ditanya tentang wudhu sesudah mandi, sabdanya: ”manakah wudhu yang lebih rata dari pada mandi”. (HR. Ibnu Abi Syaibah).

Dan diriwayatkan dari Ibnu Umar:

قال رجل لابن عمر: إنّي أتوضأ بعد الغسل فقال لقد تعمّمت

“Telah berkata seorang laki-laki pada Ibnu Umar, Sesungguhnya saya berwudhu sesudah mandi, maka kata Ibnu Umar; Sesungguhnya engkau melebih-lebihkan. (Baca: Nailul Autor 1:315).

b. Golongan yang Mengharuskan Wudhu Kembali setelah Mandi.

Di antara yang berpendapat demikian adalah Ibnu Tsaur dan Daud Az-Dzahiri. Jadi bagi mereka setelah mandi harus berwudhu lagi, tapi dalam hal ini tak ada dalil yang bisa menguatkan argumen mereka.

Menurut Imam Nawawi: Tidak ada yang mewajibkan wudhu ketika mandi kecuali Daud al-Dzahiri, sedangkan yang lainya mengatakan sunah, sehingga sekiranya seseorang mengalirkan air ke seluruh badanya (tanpa wudhu) maka sah mandinya, dan dibolehkan baginya untuk shalat dan selainnya. Akan tetapi yang paling afdhol adalah berwudhu ketika mandi. (Syarhu Shahih Muslim An Nawawi III : 556)

Bahkan banyak hadis yang lebih menguatkan pendapat pertama, di antaranya hadis yang terdapat dalam sunan Abi Daud berikut ini;

اانّه صلي الله عليه وسلّم كان يغتسل ويصلي الركعتين, وصلاة الغداة ولا يمس الماء

Artinya; ”Sesungguhnya Nabi saw. pernah mandi, shalat dua rakaat dan dan shalat subuh sedangkan ia tidak menyentuh air”.

Para Ulama telah bersepakat bahwa wudhu sebelum mandi itu adalah sunah, karena mengikuti Rasulullah saw. (al-Fiqhul Islamiy wa Adillatuh I: 522).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here