Doa Sapu Jagad: Memohon Kesalamatan Dunia dan Akhirat

Doa Memohon Kesalamatan Dunia dan Akhirat

Tongkrongan Islam – Ada banyak dalil yang menganjurkan untuk membaca doa memohon kesalamatan dunia dan akhirat (doa sapu jagad). Seperti yang terdapat dalam hadis al-Abbas Ibnu Abdul Muthalib ra yang meminta petunjuk Rasulullah SAW, berikut kutipannya:

Aku berkata, ‘Wahai Rasulullah, ajarilah kepadaku sesuatu yang aku memohonnya kepada Allah?’ Lalu beliau bersabda, ‘Mintalah kepada Allah kesehatan dan kekuatan.’ Lalu aku berdiam beberapa hari kemudian aku datang kembali dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, ajarilah kepadaku sesuatu yang aku memohonnya kepada Allah?’ Lalu beliau berkata kepadaku, ‘Wahai Abbas, wahai paman Rasulullah, mintalah kepada Allah keselamatan di dunia dan diakhirat.” [HR. at-Tirmidzi].

Selain hadis al-Abbas Ibnu Abdul Muthalib ra, terdapat juga riwayat hadis dari Abu Bakar as-Shiddiq ra yang mengatakan bahwa Nabi SAW berkata di atas mimbar:

اسْأَلُوا اللَّهَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فَإِنَّ أَحَدًا لَمْ يُعْطَ بَعْدَ الْيَقِينِ خَيْرًا مِنْ الْعَافِيَةِ

“Mintalah kepada Allah ampunan dan keselamatan, maka sesungguhnya seseorang tidaklah diberi setelah yakin sesuatu yang lebih baik dari keselamatan.” [HR. at-Tirmidzi]

Kedua hadis di atas menunjukkan bahwa kita dituntut untuk senantiasa memohon ampunan dan kesalamatan di dunia mapun di akhirat. Siapapun pasti menginginkan keselamatan. Apalah artinya kekayaan, memiliki segudang harta benda namun tidak diberi keselamatan.

Misalnya, seorang yang mempunyai kekayaan 1 Milyar, namun mendadak mengalami musibah berupa kecelakaan dengan mengharuskan mendanai pengobatan dan ganti rugi atas kecalakan hebat yang terjadi.

Apalagi jika menyebabkan hilangnya nyawa seseorang. Sipapun tidak ingin mengganti keselamatan di dunia dan akhirat dengan uang sebanyak apapun. Oleh karenanya, kita dianjurkan untuk senantiasa memohon perlindungan dari segala masalah dan musibah yang terjadi di Dunia, begitu juga dengan permohonan selamat di akhirat.

Doa Memohon Kesalamatan Dunia dan Akhirat [Doa Sapu Jagad]

Kehidupan yang kita alami di dunia bersifat semantara, hanya kehidupan akhiratlah yang abadi dan kekal. Sudah selayaknya, kita senantiasa memperbanyak amal sholeh selama hidup di dunia yang diiringi dengan permohonan kebaikan dan keselamatan dunia maupun akhir. Berikut bacaan doa selamat atas kehidupan di dunia dan akhirat:

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

RABBANAA AATINAA FIDDUNNYAA HASANAH, WA FIL AAKHIRATI HASANAH, WAQINAA ‘ADZAA BAN NAAR.

Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka. [QS. Al-Baqarah: 201]

Dalam tafsir Ibnu Katsir disebutkan bahwa di dalam doa ini terkandung makna permohonan untuk mendapatkan kebaikan di dunia dan akhirat serta terkandung permohonan untuk terhindar dari segalan keburukan.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِى الدّيْنِ وَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ

ALLOOHUMMA INNAA NAS-ALUKAL ‘AFWA WAL ‘AAFIYATA FIDDIINI WAD DUN-YA WAL AAKAHIROTI

Ya Allah, kami mohon ampunan kepadaMu dan limpahkanlah kesejahteraan agama dunia dan akhirat. 

Berdasarkan hadis Nabi SAW yang berbunyi:

اَللَّهُمَّ إِنَِي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِي الدِّنْيَا وَاْلآخِرَةِ اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِيْنِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي اَللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِي وَآمِنْ رَوْعَاتِي اَللَّهُمَّ احْفَظْنِي مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ وَمِنْ خَلْفِي وَعَنْ يَمِيْنِي وَعَنْ شِمَالِي وَمِنْ فَوْقِي وَأَعُوْذُ بِعِظَمَتِكَ مِنْ أَنْ أَغْتَالَ مِنْ تَحْتِي

Ya Allah, sesungguhnya Saya memohon kepada-Mu keselamatan di dunia dan di akhirat. Ya Allah, sesungguhnya saya memohon kepadamu ampunan dan keselamatan dalam agama dan dunia saya, keluarga, dan harta saya.Ya Allah, tutupilah kejelekan saya dan tentramkanlah hati saya. Ya Allah, lindungilah dari depan dan dari belakang saya, sebelah kanan dan kiri saya dari atas kepala saya, serta dengan keagungan-Mu aku berlindung dari upaya makar atas saya dari bawah saya. [HR. Bukhari, Abu Daud & Tirmidzi]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.