Hitam Putihnya Nasib Jomblo dalam Islam

Jomblo dalam Islam

Tongkrongan Islami – Jomblo dalam Islam, sebenarnya diartikan dengan sangat jelas yaitu seorang yang belum mampu menikah. Oleh sebab itu, bagi pemuda yang masih jomblo diperintahkan untuk berpuasa. Rasululllah Saw telah menjelaskan tentang bagaimanakah seharusnya jomblo itu bersikap.

Sabda Rasulullah Saw: “Wahai para pemuda, barangsiapa di antara kamu sekalian yang telah mampu, maka hendaklah menikah, karena sesungguhnya menikah itu dapat menundukkan pandangan dan memelihara kemaluan, dan barangsiapa yang belum mampu menikah, maka berpuasalah, karena dengan berpuasa dapat menjadi penghalang (benteng ) untuk melawan nafsu.“ (HR. Bukhari, Muslim, Ibnu Majah, dan At-Tirmidzi).

Jomblo Sampai Halal

Lalu bagaimana dengan istilah Jomblo Sampai Halal?. Mungkin anda sudah tahu arti dari kata kata tersebut. Tapi jika di antara anda semua belum mengerti apa sih yang dimaksud jomblo sampai halal tersebut. Berikut ini penjelasannya.

Jomblo sampai halal merupakan sebuah gerakan atau prinsip pemuda agar tidak memiliki pasangan lebih dahulu sebelum menikah, bisa dikatakan inilah kriteria jomblo berkualitas dalam islam. Ini dilakukan demi menghindari hal-hal yang bisa menjerumuskan ke dalam perbuatan yang haram.

Misalnya seperti maksiat dan zina. Atau Jomblo Sampai Halal yaitu sebuah gerakan atau prinsip pemuda untuk tidak pacaran hingga dia menikah. Karena proses pacaran adalah perbuatan yang haram dan dilarang oleh agama. Haramnya pacaran itu diantaranya seperti pegangan tangan sedangkan pasangan itu bukan muhrim, berbuat asusila layaknya suami istri, bermesraan dan perbuatan lain yang tidak sesuai dengan syariat Islam.

Para Jomblo Mending Menikah Saja

Jomblo apa enaknya? Jelas saja gak enak …Bangun tidur, tidak ada yang bangunin. Baju terus saja kusut, tidak ada yang setrikain. Pagi hari bengong saja, tidak ada yang siapkan sarapan dan teh hangat. Siang hari mesti keliling-keliling, tidak ada yang siapkan makan siang. Dompet terus tipis, mesti jajan di luar. Motor jadi kurang berkah, hanya ditumpangi satu orang. Malam pun kasihan tidur sendirian … Hadeuuh.

Itulah nasib para jomblo. Moga saja semakin terlecut untuk menikah. Nikah itu enaknya cuma 5%. Sisanya? Enaaaaak bangeeeeeet.

Ayolah sempurnakah separuh agamamu.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا تَزَوَّجَ العَبْدُ فَقَدْ كَمَّلَ نَصْفَ الدِّيْنِ ، فَلْيَتَّقِ اللهَ فِي النِّصْفِ البَاقِي

“Jika seseorang menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya. Karenanya, bertakwalah pada Allah pada separuh yang lainnya.” (HR. Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam As Silsilah Ash Shahihah no. 625).

Semoga Allah mudahkan para jomblo untuk segera mendapatkan pasangan yang diidam-idamkan.

Rasulullah Saw memerintahkan kepada para pemuda, bila sudah mampu, maka menikahlah. bila belum mampu maka berpuasalah alias jomblo. Apakah orang yang udah menikah menjadi lebih baik, daripada jomblo…? Belum tentu dong, apalagi jika tujuan menikahnya hanya ingin memenuhi nafsu saja tanpa diniatkan untuk ibadah pada Allah Swt. Na’udzubillaahimindzalik.

Sebaliknya pilihan menjadi jomblo bisa lebih mulia ditambah dengan pahala yang berlimpah. Hal ini berlaku bila menjadi jomblo kamu niatkan untuk tidak ingin bermaksiat kepada Allah. Selama jomblo dipenuhi dengan aktivitas yang positif. Maka, jomblo yang kayak gini tidak sia-sia.

Baca Juga: Menikah, Cara Terbaik Menjaga Kesucian Diri!

Kata Mutiara buat Para Jomblo

“Jomblo adalah salah satu cara Tuhan menyelamatkanmu dari dosa bernama pacaran.”

“Jomblo itu punya prinsip, nggak pacaran tapi langsung nikah aja, karena pacaran sebelum nikah itu haram.”

“NO Couple until Akad. ~ Jomblo fii sabillah.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.