Makanan dan Minuman Penghuni Neraka yang Mengerikan, Na’udzubillah!

Makanan dan Minuman Penghuni Neraka yang Mengerikan

Tongkrongan Islami – Dahsyatnya siksa api neraka telah banyak disebutkan dalam Al-Qur’an maupun Hadist sebagai peringatan bagi umat manusia. Berbagai kengerian yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya menjadi bentuk siksaan bagi hamba yang ingkar dan durhaka terhadap perintah Allah.

Neraka adalah balasan yang setimpal dan sudah dijanjikan Allah SWT bagi mereka yang banyak berbuat dosa. Jika penghuni surga diberikan kenikmatan berupa makanan dan minuman yang lezat tiada tara, maka di neraka pun ada makanan khusus bagi penghuninya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah makanan dan minuman bagi penghuni neraka yang sangat mengerikan.

Zaqqum

Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya pohon zaqqum itu makanan orang yang berdosa, ia seperti kotoran minyak yang mendidih dalam perut, seperti mendidihnya air yang sangat panas.”  (QS. Ad-Dukhan [44]:  (43-46).

Pohon zaqqum digambarkan sebagai sebatang pohon yang keluar dari dasar neraka yang menyala-nyala. Dan ketika sudah berada dalam perut, makanan tersebut akan menididh seperti minyak panas sehingga semakin menyiksa mereka. Buahnya diibaratkan seperti kepala-kepala setan yang sangat mengerikan, sebagaimana firman Allah SWT berikut ini:

“(Makanan surga) itukah hidangan yang lebih baik ataukah pohon zaqqum. Sesungguhnya Kami menjadikan pohon zaqqum itu sebagai siksaan bagi orang-orang yang dzalim. Sesungguhnya ia adalah sebatang pohon yang keluar dari dasar neraka yang menyala.  Maka sesungguhnya mereka benar-benar memakan sebagian dari buah pohon itu. Maka mereka memenuhi perutnya dengan buah zaqqum itu. Kemudian sesudah makan buah pohon zaqqum itu pasti mereka mendapat minuman yang bercampur dengan air yang sangat panas.  Kemudian sesungguhnya tempat kembali mereka benar-benar ke neraka Jahim.”  (QS.  As-Shaffat [37]:  (62-68).

Pohon Dhari’

Pohon yang berduri sangat keras ini merupakan makanan bagi penghuni neraka, dimana dengan makanan ini penghuni neraka tidak akan merasakan kenyang namun justru menyumbat tenggorokan mereka.

Allah SWT berfirman, “Mereka tidak memiliki makanan kecuali dari dhari’, yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar.”  (QS. Al- Ghasyiyah: 6-7).

Ghislin

Ghislin merupakan minuman bagi penghuni neraka, minuman yang sangat menjijikkan ini dibuat dari campuran darah dan nanah yang berasal dari tubuh penghuni neraka. Tidak terbayangkan bagaimana rasa dari minuman ini. Na’udzubillahi min Dzalik.

Allah SWT berfirman:  “Maka tiada seorang teman pun baginya pada hari ini di sini. Dan tiada (pula) makanan sedikitpun (baginya) kecuali dari ghislin (darah dan nanah). Tidak ada yang memakannya kecuali orang-orang yang rajin berdosa (orang kafir).”  (QS. Al- Haqah: 35-37) 

Ghassaq

Selain Ghislin, penghuni neraka juga disediakan ghassaq, yaitu minuman yang terbuat dari cairan nanah kental yang berbau busuk dan menyengat. Minum ghassaq sama sekali tidak akan menghilangkan dahaga.

Allah berfirman, “Di hadapannya ada Jahannam dan ia akan diberi minuman dengan air nanah; diminumnya air nanah itu dan hampir ia tidak bisa menelannya dan datanglah (bahaya) maut kepadanya dari segenap penjuru, tetapi dia tidak juga mati; dan di hadapannya masih ada azab yang berat.”  (QS. Ibrahim [14]: 16-17).

Hamim

Hamim adalah minuman penghuni neraka berupa air yang sangat panas dan disajikan dengan menggunakan besi panas yang bagian ujungnya dibengkokkan. Minuman panas tersebut akan menghancurkan perut siapapun yang meminumnya.

Allah SWT berfirman: “Mereka diberi minum dengan air yang mendidih sehingga memotong ususnya.”  (QS. Muhammad: 15).

Allah SWT juga berfirman:  “Mereka berkeliling diantaranya dan di antara (hamimin) air panas yang memuncak panasnya.”  (QS. Ar-Rahman [55]: 44).

Ash-Shadid

Shadid adalah nanah yang keluar dari daging dan kulit orang kafir.  Sebagaimana Sabda Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa Sallam berikut ini: “Siapa saja yang meminum minuman yang mengandung alkohol akan minum lumpur khabal.”  Para sahabat bertanya:  “Ya Rasulullah, apakah lumpur khabal itu?” Beliau menjawab: “Keringat para penduduk neraka atau nanah yang dikeluarkan oleh penduduk neraka.”  (HR. Muslim).

Mahl

Mahl adalah minuman bagi penghuni neraka yang sangat panas dan bisa melelehkan kulit.  Sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut ini, “Ia seperti minyak yang mendidih, yang apabila didekatkan kepada wajah seseorang maka kulit wajahnya akan meleleh ke dalamnya.”  (HR. Ahmad dan Tirmidzi).

Baca Juga:

  1. Perjalanan Ruh Orang Beriman dan Kafir Setelah Meninggal, Berbedakah?
  2. Bidadari Surga, Balasan dari Allah bagi Hamba-Nya yang Shalih
  3. Mengenal Nama-nama Neraka dan Kriteria Penghuninya, Na’udzubillah!

Wallahu a’lam bish-shawab, Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita dan melindungi kita dari siksa kubur dan siksa api neraka. Allahumma aamiin.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here