Materi Kultum Terbaru Muslim Rahiim

Materi Kultum Terbaru Muslim Rahiim
Photo by AvePress.com

Tongkrongan Islami – Konsep menyeyangi dalam Islam bisa dilacak dari narasi sejarah perjalanan Nabi Muhammad SAW. pra-pewahyuan. Pelacakan ini akan memberikan kita pelajaran berharga terkait dengan sosok Nabi, sebagai manusia biasa yang santun, ramah, memiliki etos kerja yang baik, dan disayangi oleh penduduk Makkah.

Panutan masyarakat Makkah pada masa itu kalah populer dibandingkan Nabi Muhammad SAW, secara perlahan namun pasti nama Muhammad SAW dikenal oleh penjuru Arab-Makkah. Terlebih para ahl kitab yang sudah mengenai keagungan dan kelembutan Nabi dari narasi kitab Injil, akan datangnya nabi Muhammad SAW.

Dalam ajaran islam spesifik, istilah menyayangi biasanya difahami sebagai tasawwuf. Dan para pengikut tasawwuf biasanya menjadikan nabi sebagai puncak cerminan kehidupan beragama dan sosial, melipti: kesederhanaan, ketundukan, mengasihi, kelembutan dan kesabaran hati.

Dari ajaran-ajaran tasawuf secara nyata jelas berbeda dengan nuansa keberagamaan lain, mengingat pola keberagamaan Muslim juga banyak, apalagi konteks awal islam pasca wafatnya Nabi.  Istilah “menyatangi” mengacu pada sifat yang tidak hanya disukai oleh manusia, tetapi juga dicintai oleh Allah sendiri. Hadits populer yang menyebuttkan:

“الرَّاحِمُونَ يَرْحَمُهُمُ الرَّحْمَنُ, ارْحَمُوا مَنْ فِي الْأَرْضِ يَرْحَمُكُمْ مَنْ فِي السَّمَاءِ”

Persoalan yang melanda umat beriman sekarang ini diantaranya kurangnya rasa mengasihi. Dengan demikina, sangat perlu untuk melihat pengalaman iman dan cinta para sufi.

Sebagaimana yang telah disinggung di atas, pada dasarnya segala perbuatan atau sikap yang ditampilkan oleh para pemeluk agama dengan varian dan bentuk yang berbeda hendak menunjukkan pola kecintaannya kepada Sang Khaliq.

Hanya saja jika ekpresi cinta itu dilakukan dengan cara yang tidak baik, maka hasil yang akn dipetik tidak baik pula. Agam jika diresai dari perjalanan Nabi, akan didapatkan pemahaman “agama adalah kebaikan”, kebaikan yang ditempuh dengan cara baik, kebaikan yang akan dihasilkan dari prilaku baik.

Kebaikan Nabi merupakan uswah ideal, bahwa dalam posisi keseharaiannya beliau menampakkan iman dan cinta menyatu.  Hal tersebut mendorong jiwa beliau untuk melakukan apa yang diyakininya sebagai cinta dan kebenaran sejati. Allah telah berfirman dalam QS. Al-Baqarah: 165 tentang cinta karena iman.

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَتَّخِذُ مِنْ دُونِ اللَّهِ أَنْدَادًا يُحِبُّونَهُمْ كَحُبِّ اللَّهِ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَشَدُّ حُبًّا لِلَّهِ وَلَوْ يَرَى الَّذِينَ ظَلَمُوا إِذْ يَرَوْنَ الْعَذَابَ أَنَّ الْقُوَّةَ لِلَّهِ جَمِيعًا وَأَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعَذَابِ

Ayat diatas menerangkan iman yang penting dibarengi dengan cinta. Muslim seharusnya mengikuti liku demikian, tidak memisahkan iman dan cinta, keyakinan dan mengasihi, ketegasan dan niat untuk berlaku lembut.

Karena iman dan cinta, maka ajaran kekerasan itu tidak berarti dibenarkan dalam ajaran tasawuf. Sebaliknya, hal tersebut bertentangan dengan prinsip-prinsip dasar ajarannya, seperti kasih sayang, keindahan, kedamaian, dan toleransi antar sesama umat manusia.

Dalam alur keberagamaan Muslim kekinian, memahami agama harus menyadari adanya “wajah ganda agama”. Di satu sisi, agama menawarkan pengalaman ruhani yang dalam, misterius, dan sangat pribadi. Sementara di sisi lain, agama sering terekspresikan dalam wujud yang kaku, kering, dan formal.

Wajah ganda agama itulah yang, agaknya, menjadi alasan, mengapa tiap kali menulis tentang agama, seseorang harus meyakinkan dirinya bahwa subjek yang dibahasnya sebenarnya tidak ada, namun dirasakan, demikian disebut Ihsan.

Seolah kita merasa adanya kehadiran Allah dengan melihatnya, padahal sejatinya Ia lah yang nelihat kita dengan segala kuasaNya. Islam dan mengasihi, muslim yang mengasihi akan menjadi pilar keberagamaan yang kuat bagi peradaban Islami, yang akan memami agama Islam tidak hanya melalui jalur syar’i (formal), melainkan sebisa mungkin menghadirkan baginda Rasul dalam kehidupannya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here