Mengenal Nama-nama Neraka dan Kriteria Penghuninya, Na’udzubillah!

Nama-nama Neraka dan Kriteria Penghuninya
Photo by Arrisalah.net

Tongkrongan Islami – Siapapun tidak akan pernah mau jika dimasukkan ke dalam neraka, bahkan ahli maksiat sekalipun. Sebaliknya, siapapun menginginkan masuk surga. Banyaknya penjelasan yang mengungkapkan bagaimana dahsyatnya siksaan yang diterima di neraka membuat siapa pun ngeri dan takut menghadapinya.

Neraka adalah balasan bagi manusia yang durhaka kepada perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala. Beberapa ayat dalam Al-Qur’an maupun Al-Hadist menjelaskan tingkatan neraka dan bagaimana kriteria penghuninya. Berikut ini adalah nama-nama neraka yang bisa kita ketahui dan semoga Allah melindungi kita semua dari siksa api neraka.

  1. Neraka Jahanam

Neraka Jahanam diperuntukkan bagi manusia yang kafir, durhaka kepada Allah dan mengikuti syaithan. Dimana syaithan bukan hanya membujuk manusia untuk melakukan perbuatan yang keji maupun ingkar tetapi juga membuat manusia terjebak dalan ibadah yang tidak diterima oleh Allah. Oleh karena itu kita harus senantiasa berhati-hati dengan bujuk rayu syaithon yang seolah indah padahal menjauhkan kita dari jalan Allah yang lurus.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “Dan sesungguhnya Jahanam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut) syaithan semuanya.”  (QS. Al-Hijr: 43).

Allah juga berfirman: “Bahwasanya orang-orang kafir dan orang aniaya itu tidak akan diampuni oleh Allah, dan tidak pula ditunjuki jalan, melainkan jalan ke Neraka Jahanam.  Mereka kekal di dalam neraka itu selama-lamanya. Yang demikian itu mudah bagi sekali bagi Allah.”  (QS. An-Nisa’: 169).

Dalam sebuah riwayat juga disebutkan bahwa Malaikat Jibril memberitahukan kepada Nabi Muhammad Sallallahu ‘alaihi wa Sallam bahwa Neraka Jahanam dihuni oleh umat Nabi yang melakukan dosa besar dan mati sebelum bertaubat.  Na’udzubillah.

  1. Neraka Jahim

Neraka Jahim diperuntukkan bagi manusia yang sesat bahkan bisa dikategorikan dalam perbuatan syirik. Oleh karena itu kita harus senantiasa belajar dan meningkatkan pemahaman serta ilmu agama, sehingga mengetahui secara pasti mana yang benar dan mana yang salah agar tidak terjebak dalam perbuatan yang dimurkai Allah.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: Dan diperlihatkan dengan jelas Neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat.”  (QS. Ay-Syu’araa: 91).

  1. Neraka Hawiyah

Neraka Hawiyah diperuntukkan bagi manusia yang ringan timbangan amal perbuatan baiknya. Dimana mereka mencampuradukkan amal perbuatan yang baik dengan yang munkar, seperti misalnya mencari rezeki dengan cara yang tidak halal, memakan riba dan perbuatan lainnya yang tidak sesuai dengan tuntunan agama Islam.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah Neraka Hawiyah. Tahukah kamu apa Neraka Hawiyah itu? (yaitu) api yang sangat panas.”  (QS. Al-Qari’ah: 8-11).

  1. Neraka Wail

Neraka Wail diperuntukkan bagi para pedagang atau pengusaha yang curang, yaitu dengan mengurangi takaran timbangan maupun mencampurkan dagangan yang tidak bagus ke dalam barang dagangannya.

Serta mencalokan barang dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang berlipat. Neraka ini juga diperuntukkan bagi mereka yang riya’, suka menumpuk harta dan tidak mengeluarkan zakat serta lalai dalam shalatnya.

Allah SWT berfirman: “Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya, orang-orang yang berbuat riya’ dan enggan (menolong dengan) barang berguna.”  (QS. Al-Ma’un: 4-7).

  1. Neraka Sa’iir

Neraka Sa’iir diperuntukkan bagi orang-orang kafir dan mereka yang suka memakan harta anak yatim. Sebagaimana firma Allah SWT yang artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka).”  (QS. An-Nisa’: 10).

  1. Neraka Saqar

Neraka Saqar diperuntukkan bagi orang-orang yang munafik serta mendustakan perintah Allah dan Rasul-Nya. Mereka sudah mengetahui tentang hukum Islam namun meremehkan syari’atnya,

Allah SWT berfirman: “Apakah yang memasukkanmu ke dalam Saqar (neraka)? Mereka menjawab:  ‘Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat, dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin, dan adalah kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya, dan adalah kami mendustakan hari pembalasan, hingga datang kepada kami kematian’.” (QS. Al-Mudatsir: 42-47).

  1. Neraka Huthamah

Neraka Huthamah diperuntukkan bagi manusia yang kikir, selalu menumpuk-numpuk hartanya, menghitung-hitung dan tidak pernah membayar zakat karena takut akan mengurangi hartanya, serta orang-orang yang suka menghina dan mencela kekurangan orang lain.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela, yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitung. Dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengekalkannya. Sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah.” (QS. Al-Humazah: 1-4).

Baca Juga:

  1. Inilah Sebabnya Mengapa Dosa Selalu Menggelisahkan Hati
  2. Dahsyatnya Sakaratul Maut, Seperti Apa Persiapan Kita?
  3. Nama-nama Surga dan Calon Penghuninya, Apakah Kita Salah Satunya?

Semoga Allah melindungi kita dari siksa kubur dan siksa api neraka. Allahumma Aamiin.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here