Mengenal Nama-nama Surga dan Calon Penghuninya, Apakah Kita Salah Satunya?

Nama-nama Surga dan Calon Penghuninya

Tongkronganislami – Kehidupan di akhirat sudah banyak dijelaskan dalam Al-Qur’an maupun Al-Hadist, termasuk keberadaan surga dan neraka.  Dimana surga merupakan tempat bagi hamba yang taat kepada perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala sementara nereka menjadi tempat bagi hamba yang durhaka.

Ada baiknya kita mengetahui nama-nama surga beserta calon penghuninya sehingga kita bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mencapainya di akhirat kelak.

Surga digambarkan sebagai tempat yang penuh kenikmatan, kesenangan, kemuliaan dan kebahagiaan yang kekal di dalamnya.  Berikut ini adalah nama-nama surga yang bisa dicapai oleh manusia yang beramal shalih:

  1. Firdaus

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:  “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal shalih, bagi mereka adalah surga Firdaus (yang) menjadi tempat tinggal.”  (QS. Al-Kahfi: 107).

Firdaus merupakan surga yang paling tinggi dan paling mulia tingkatannya.  Surga ini diciptakan dari emas yang merah dan diperuntukkan bagi hamba Allah yang taat dan beramal shalih.  Calon penghuni surga Firdaus adalah orang yang beriman dan beramal shalih dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Orang yang beriman, memelihara shalatnya dan khusyuk dalam shalatnya, yaitu orang yang berkeyakinan bahwa mereka akan menemui Rabb-nya sehingga seolah-olah melihatnya atau setidaknya mereka merasa Allah senantiasa melihat mereka. Selain itu orang yang beriman juga memelihara shalatnya, dimana dengan shalat mereka terhindar dari perbuatan yang keji dan munkar.
  • Senantiasa menjauhkan diri dari perbuatan maupun perkataan yang tidak berguna, seperti perkataan yang keji, ghibah, maupun perbuatan lainnya yang tidak bermanfaat.
  • Senantiasa mengeluarkan zakatnya untuk membersihkan hartanya.
  • Senantiasa menjaga diri dari perbuatan zina dan yang mengarah peda perbuatan zina.
  • Senantiasa menjaga amanah diberikan kepadanya sehingga bisa dipercaya.
  1. Surga ‘Adn

Surga ‘Adn merupakan surga di tingkatan kedua yang tertinggi setelah Firdaus, dimana surga ini diciptakan dari intan putih dan diperuntukkan bagi hamba-Nya yang beriman dan beramal shalih, yaitu:

  • Orang-orang yang sabar, mendirkan shalat serat bersedekah di jalan Allah, serta tidak melakukan perbuatan jahat. Hal ini sesuai dengan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:  “Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik), (yaitu) surga ‘Adn yang mereka masuk bersama-sama dengan orang-orang yang shalih dari bapak-bapaknya, istri-istrinya, dan anak cucunya, sedang malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu; (sambil mengucapkan):  “Salamun ‘alaikum bima shabartum”.  Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu.  (QS.  Ar Ra’du:  22-24)
  • Orang yang bertaubat, beriman dan beramal shalih.
  • Orang-orang yang bersungguh-sungguh dalam ketakwaannya dan orang-orang yang berbuat baik.
  1. Surga Na’im

Surga Na’im diciptakan dari perak putih dan diperuntukkan bagi hamba-Nya yang beriman dan beramal shalih serta bertakwa.  Sebagaiman firman Allah SWT berikut ini:

Advertisement
Loading...

“Sesungguhnya bagi orang-orang yang bertakwa (disediakan) surga-surga yang penuh kenikmatan di sisi Tuhannya.”  (QS.  Al-Qalam: 34).

  1. Surga Ma’wa

Surga Ma’wa diciptakan dari zamrud hijau dan diperuntukkan bagi hamba-Nya yang beramal shalih, yaitu yang benar-benar beriman dan bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, orang-orang yang merasa takut pada kebesaran Rabb-nya serta mengendalikan diri dari hawa nafsu yang menyesatkan.

  1. Surga Darussalam

Surga Darussalam diciptakan dari yakut merah dan merupakan surga yang berada pada tingkatan ke-lima.

Adapun calon penghuni surga Darussalam antara lain adalah orang-orang yang kuat dalam menjaga keimanan dan ketakwaannya sehingga tetap lurus di jalan Allah SWT.

Dan juga orang-orang yang senantiasa memperhatikan ayat-ayat suci Al-Qur’an serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Surga Darul Muqamah

Surga Darul Muqamah diciptakan dari permata putih dan diperuntukkan bagi hamba-Nya yang senatiasa beramal shalih dengan selalu berbuat kebaikan dan jarang sekali berbuat kesalahan.

  1. Surga Al-Maqamul Amin

Surga yang ke-tujuh ini diciptakan dari permata putih dan diperuntukkan bagi orang-orang yang beriman dengan tingkat keimanan muttaqin, yaitu benar-benar telah bertakwa kepada Allah tanpa keraguan sedikitpun.

  1. Surga Khuldi

Surga Khuldi diciptakan dari marjan merah dan kuning, dimana surga ini diperuntukkan bagi orang-orang yang senantiasa bertakwa kepada Allah dengan selalu menjalankan perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya.

Baca Juga:

Dengan mengetahui nama-nama surga dan bagaimana kriteria calon penghuni surga yang akan memasukinya, kita bisa mulai memperisapkan diri dengan memperbaiki akhlak, iman dan takwa kita sehingga lebih baik lagi.  Wallahu a’lam Bish-shawab.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here