Pengantin Baru Jangan Takut Kesulitan Keuangan, Coba 4 Cara Ini!

Pengantin Baru Jangan Takut Kesulitan Keuangan

Tongkrongan Islami – Mengambil keputusan untuk menikah bukan hal yang mudah, karena ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Khususnya untuk masalah keuangan. Beberapa orang memang sering mengalami kesulitan mengelola keuangan. Terlebih saat sudah menikah dan mempunyai anak sehingga makin banyak pengeluaran. Oleh karena itu keahlian mengelola keuangan harus dimiliki setiap orang.

Ini yang menjadikan sebagian orang memilih menunda untuk menikah karena takut mengalami kesulitan ekonomi. Menunggu mapan dulu baru berani menikah. Sama halnya wanita yang lebih memilih untuk menggapai cita-cita dan karir yang cemerlang sebelum menikah dengan tujuan masa depan cerah.
Carilah Kaya dengan Nikah

Beberapa pemuda khawatir menikah karena takut dalam hal rizki. Padahal saat ini berpenghasilan cukup, sudah bisa dikatakan ia dapat menghidupi seorang istri. Namun kekhawatiran demi kekhawatiran selalu menghantuinya dan ia pun mengulur waktu segera menikah. Padahal janji Allah sudah pasti, Dia akan mencukupi kita bila kita miskin. Karena kita mesti yakin bahwa Allah-lah Sang pemberi rizki setelah kita berusaha.

Ayat yang menjadi renungan yaitu firman Allah Ta’ala,

وَأَنكِحُوا اْلأَيَامَى مِنكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَآئِكُمْ إِن يَكُونُوا فُقَرَآءَ يُغْنِهِمُ اللهُ مِن فَضْلِهِ وَاللهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Artinya: Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Bila mereka miskin maka Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui. QS. An Nuur: 32.

Di bawah ini beberapa Cara Mengelola Keuangan Setelah Menikah, agar segala hal yang berhubungan dengannya dapat diselesaikan:

Terbuka soal keuangan pada pasangan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan agar sukses dalam mengelola keuangan yakni selalu terbuka dengan pasangan Anda masalah keuangan. Karena hal yang sudah menyangkut keuangan itu akan menjadi hal yang begitu sensitif. Banyak hubungan yang hancur hanya karena masalah uang.

Membuat anggaran untuk setiap bulan

Salah satu cara yang tepat dalam mengelola keuangan Anda adalah dengan membuat anggaran. Buatlah catatan yang berisi pendapatan dan pegeluaran Anda satu bulan ini. Apalagi bila istri juga bekerja, berarti pendapatan Anda bisa digabung menjadi satu.

Dari catatan ini bisa diketahui berapa pendapatan dalam sebulan dan dikeluarkan untuk apa saja. Sesudah anda mengetahuinya, Anda bisa memilah-milah mana pengeluaran yang tak perlu. Jadi uang yang lainnya dapat disisihkan untuk menabung ataupun untuk keperluan tak terduga.

Menentukan pengelola keuangan di keluarga

Ketika Anda masih sendiri, mau membeli apapun yang anda suka terserah Anda, toh itu uang hasil kerja keras Anda sendiri. Berbeda ketika Anda sudah menikah, pendapatan Anda adalah milik keluarga.

Nah, untuk mempermudah dalam mengelola keuangan keluarga, tetapkan seseorang menjadi pengelola.

Biasanya untuk tanggung jawab ini jatuh pada istri. Mengapa demikian? Karena wanita dinilai lebih mampu untuk menentukan prioritas daripada pria. Wanita lebih rinci mngenai suatu hal dibanding dengan pria.

Investasi jangan lupa

Bukan hal yang mudah dalam mengelola keuangan, apalagi sesudah menikah. Pendapatan yang belum stabil dan pas hanya bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari merupakan masalah yang umum. Anda harus bisa menekan keinginan Anda untuk membeli hal yang tidak dibutuhkan. Jika ada uang lebih, simpan untuk diinvestasikan.

Untuk mencegahnya, buat kesepakatan mengenai anggaran baru. Isinya adalah berapa pendapatan Anda sekarang ini dan berapa pengeluarannya. Karena makin banyak pendapatan biasanya pengeluaran pun akan semakin bertambah. Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.