Penyemangat Puasa Ramadhan, 3 Alasan Mengapa Puasa Ramadhan Begitu Penting!

Penyemangat Puasa Ramadhan

Tongkronganislami – Bulan Ramadhan adalah bulan yang diberkati, dimuliakan hingga memiliki keistimewaan dibandingkan bulan lainnya. Namun ada segelintir orang yang kurang antusias menyambut kedatangan tamu agung ini. Bahkan, puasa sebagai salah satu ibadah utama di bulan ini sering tidak dioptimakan atau bahkan tidak dikerjakan.

Derajat takwa seperti yang dijanjikan Allah SWT dalam surah Al-Baqarah 183, disepelakan bahkan cenderung diindahkan. Padahal, bila kita berusaha semaksimal mungkin untuk mentaati rambu-rambu puasa, insyallah kita akan mencapai derajat tersebut.

Kurang semangat dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan, bisa jadi disebabkan karena tidak memiliki pengetahuan terkait dengan ancaman bagi orang yang meninggalkan maupun balasan bagi orang yang mengerjakannya.

Ulasan dibawah ini, setidaknya memberikan 3 gambaran umum mengenai ganjaran yang akan didapatkan bila mengerjakan ibadah mulia ini.

Puasa Sebagai Sarana Penghapus Dosa

Allah SWT dan Rasul-Nya memberikan targhib (spirit) untuk melakukan puasa Ramadhan dengan menjelaskan keutamaan dan kedudukan puasa ramadhan, bahkan diibaratkan jika seandainya orang yang berpuasa memiliki dosa seperti buih di lautan niscaya akan diampuni.

Dari Abu Hurairah RA dari Nabi SAW bersabda: “Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan penuh iman dan ihtisab (mengharap wajah ALLAH) maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” [HR: Bukhari 4/99, Muslim 759] “Penuh iman dan Ihtisab” yakni membenarkan wajibnya puasa, mengharap pahalanya, hatinya senang dalam mengamalkan, tidak membencinya, tidak merasa berat dalam mengamalkannya.

Dari Abu Hurairah RA dari Nabi SAW bersabda: “Shalat yang lima waktu, Jum’at ke Jum’at. Ramadhan ke Ramadhan adalah penghapus dosa yang terjadi di antara senggang waktu tersebut jika menjauhi dosa besar” [HR: Muslim 233]

Dari Abu Hurairah RA, Nabi SAW pernah naik mimbar kemudian berkata, “Amin, Amin, Amin” Ditanyakan kepadanya: “Ya Rasulullah, engkau naik mimbar kemudian mengucapkan Amin, Amin, Amin?” Beliau bersabda: “Sesungguhnya Jibril ‘Alaihis salam datang kepadaku, dia berkata : “Barangsiapa yang mendapati bulan Ramadhan tapi tidak diampuni dosanya maka akan masuk neraka dan akan Allah jauhkan dia, katakan “Amin”, maka akupun mengucapkan Amin….” [HR: Ibnu Khuzaimah 3/192 dan Ahmad 2/246 dan 254 dan Al-Baihaqi 4/204 dari jalan Abu Hurairah. Hadits ini shahih, asalnya terdapat dalam Shahih Muslim 4/1978. Dalam bab ini banyak hadits dari beberapa orang sahabat, lihatlah dalam Fadhailu Syahri Ramadhan hal.25-34 karya Ibnu Syahin]

Dikabulkannya Do’a dan Pembebasan Api Neraka

Rasullulloh SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah SWT memiliki hamba-hamba yang dibebaskan dari neraka setiap siang dan malam dalam bulan Ramadhan, dan semua orang muslim yang berdo’a akan dikabulkan do’anya” [HR: Bazzar 3142, Ahmad 2/254 dari jalan A’mas, dari Abu Shalih dari Jabir, diriwayatkan oleh Ibnu Majah 1643 darinya secara ringkas dari jalan yang lain, haditsnya shahih. Do’a yang dikabulkan itu ketika berbuka, sebagaimana akan datang penjelasannya, lihat Misbahuh Azzujajah no. 60 karya Al-Bushri]

Orang yang Puasa Termasuk Shidiqin dan Syuhada

Dari ‘Amr bin Murrah Al-Juhani RA, ia berkata: Datang seorang pria kepada Nabi SAW kemudian berkata: “Ya Rasululloh, apa pendapatmu jika aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang hak kecuali Allah, engkau adalah Rasululloh, aku shalat lima waktu, aku tunaikan zakat, aku lakukan puasa Ramadhan dan shalat tarawih di malam harinya, termasuk orang yang manakah aku ?” Beliau menjawab: “Termasuk dari shidiqin dan syuhada” (HR: Ibnu Hibban (no.11 zawaidnya) sanadnya Shahih)

Baca Lebih Lanjut:

  1. Nilai Fundamental Puasa Ramadhan Yang Harus Kita Pegang Teguh
  2. Keutamaan Puasa Ramadhan yang sering Disepelekan
  3. Orang-Orang Yang dibolehkan Meningggalkan Puasa Ramadhan

(Sumber Rujukan: Shifati shaum an Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam Fii Ramadhan, Oleh Syaikh Salim bin Ied Al-Hilaaly, Syaikh Ali Hasan Abdul Hamid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.