Pengertian Shalat Tathawwu dan Macam-Macamnya

Pengertian Shalat Tathawwu dan Macam-Macamnya

Pengertian Shalat Tathawwu dan Macam-Macamnya – Tathawwu’ diartikan dengan mengerjakan segala ketaatan yang bersifat sunnah. Bisa juga diartikan dengan nafilah “kelebihan yang baik”.  Hikmah menjalankan shalat sunah (tathawwu) ialah untuk menyempurnakan kekurangan kekurangan yang terjadi pada shalat-shalat fardu. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah saw:

إن أول ما يحاسب اناس به يوم القيامة من أعمالهم الصلاة, يقول ربنا للملائكة و هو أعلم: انظروا فى صلاة عبدي أتمها أم نقصها؟ فإن كانت تامة كتبت له تامة, وإن كان إنتقص منها شيأ قال: انظروا هل لعبدي من تطوع؟ فإن كان له تطوع قال: أتموا لعبدي فريضة من تطوعه, ثم تأخذ الأعمال على ذلك

”Sesungguhnya amal perbuatan manusia yang pertama kali dihisab ialah shalat. Allah berfirman kepada para malaikat, “lihatlah shalat hamba-Ku, apakah sempurna atau kurang?” jika sempurna maka ditulis sempurna untuknya, dan jika ada yang kurang maka Allah berfirman,”lihatlah apakah hamba-Ku mempunyai amalan sunah?” jika hamba tersebut mempunyai shalat sunah, maka Allah berfirman,”sempurnakan shalat wajib hamba-Ku dengan shalat sunahnya,” kemudian seluruh amalm perbuatan diambil seperti itu.”(Diriwayatkan Abu Daud. Hadis ini hasan)

Waktu Shalat Sunnah (Tathawwu’)

Waktu shalat-shalat sunah ialah malam dan siang kecuali 5 waktu. Kelima waktu tersebut dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW: “Kerjakanlah shalat Subuh kemudian berhentilah dari shalat hingga matahari terbit dan naik, karena matahari terbit diantara dua tanduk setan dan ketika itu orang-orang kafir sujud kepada matahari. Setelah itu, kerjakanlah shalat, karena shalat ketika itu disaksikan para malaikat hingga bayangan setinggi tombak, kemudian berhentilah dari shalat karena pada waktu tersbut neraka sedang dinyalakan. Jika bayang-bayang telah terlihat maka shalatlah, karena shalat pada saat tersebut disaksikan para malaikat hingga engkau shalat Ashar, kemudian berhentilah dari shalat hingga matahari terbenam karena matahari terbenam diantara dua tanduk setan, dan ketika itu orang-orang kafir sedang sujud kepadanya”.

Tempat yang dianjurkan dalam mengamalkan Sholat Tathawwu

Disunahkan pelaksanaan shalat–shalat sunah dilaksnaakan di rumah. Hal ini berdasarkan hadist dari Rasulullah saw.:

عن زيد ابن ثابت رض أن النبي صلعم قال: أفضل الصلاة صلاة المرء فى بيته إلا المكتوبة

Dari Zaid bin Tsabit bahwa Nabi saw. bersabda: Shalat seseorang yang paling utama adalah di rumahnya kecuali shalat wajib.

Macam-Macam Shalat Tathawwu yang Disyariatkan

  1. Shalat Sunnah Sesudah Wudlu’
  2. Shalat Diantara Adzan dan Iqamah
  3. Shalat Tahiyatul Masjid
  4. Shalat Sunnah Rawatib
  5. Shalat Lail (Malam)
  6. Shalat Sunnah Safar (Bepergian)
  7. Sholat Sunnah Idain
  8. Shalat Gerhana
  9. Shalat Istisqa’

Macam-Macam Sholat Sunnah yang Tidak Dianjurkan Dikerjakan

  1. Shalat Tasbih
  2. Shalat Hajat
  3. Shalat Ghoflah
  4. Shalat Awwabin
  5. Shalat Taubat
  6. Shalat Kifayah
  7. Shalat Zawal
  8. Shalat Agar Bermimpi Bertemu Dengan Nabi Muhammad SAW.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.