Surah al Kahfi; Keluarga Sakinah dan Keselamatan dari Dajjal Bagi Pembacanya!

Surah Al Kahfi

Tongkrongan Islami – Selain Yasin, membaca surah  al Kahfi telah menjadi tradisi masyarakat muslim Indonesia pada umumnya. Jika pada masyarakat nahdiyyin kita banyak mendapati Yasin dibaca di malam jumat, begitu pun dengan al-Kahfi yang dibaca di pesantren atau pengajian Muhammadiyah. Tidak jarang juga, di pesantren-pesantren tersebut mewajibkan tiap santrinya untuk menghafal setidaknya sepuluh ayat awal dan akhir dari surah al-Kahfi. Semua tradisi tersebut, jika diteliti dari sudut pandang keilmuan living qur’an and living hadis, memang memiliki landasan dalil.

Banyaknya dalil terkait keutamaan al-Kahfi tersebut, menjadi alasan beberapa cendekia membuat tulisan khusus yang membahas keutaaman al-Kahfi. Hal yang sangat disayangkan bagi kita di Indonesia dalam hal ini adalah jarang mengakses tulisan-tulisan tersebut.

Hal ini disebabkan di antaranya, ketidaktahuan dan ketidakmampuan kita mengakses informasi berbahasa arab tersebut. maka sangat wajar, jika masyarakat kita akrab dengan tradisi membaca al-Kahfi namun ternyata tidak tahu apa saja keutamaan yang bisa didapatkan dengan membacanya.

Gambaran Umum Surah Al Kahfi

Al kahfi adalah salah satu surah Makkiyah yang diturunkan kepada Rasulullah. Jumlah ayatnya 110 dan terdiri dari lima ratus delapan puluh tiga kata. Secara harfiah, al-kahfi berarti gua. Namun, penamaan surah ini dengan kata al-kahfi, tidak ada kaitannya dengan makna secara harfiah tersebut, melainkan karena di dalam surah ini termuat kisah tentang sekelompok pemuda yang Allah selamatkan dari penguasa lalim karena mereka mempertahankan Akidah, atau yang dikenal dengan kisah Ashabul Kahfi.

Kenyataannya pula, hampir seluruh ayat yang termuat di dalam al-Kahfi mengandung kisah-kisah. Di antaranya (1) kisah tentang perjalanan nabi Musa dengan seorang Hamba Shaleh, Khidir A.S, (2) kisah tentang kondisi penghuni surga, (3) cerita tentang Dzul Qarnain yang berkeliling melihat bermacam-macam komunitas manusia, (4) berkaitan dengan Dzul Qarnain tersebut, termuat pula kisah singkat tentang Ya’juj Ma’juj yang digambarkan sebagai sekelompok makhluk yang suka merusak dan merugikan, (5) hingga cerita tentang kesombongan dan pembangkangan Iblis atas perintah bersujud kepada Nabi Adam.

Banyaknya cerita yang terkandung di dalam al-Kahfi tersebut tentu menjadi daya tarik sendiri. Sebab, Prof Muhammad Zuhri dalam satu tulisannya mengatakan bahwa hakikatnya cerita-cerita di dalam al-Qur’an bisa dipandang sebagai simbol yang Allah berikan. Simbol-simbol tersebut, dengan demikian mengandung banyak sekali nilai-nilai pokok yang hendak Allah jadikan pelajaran dan peringatan bagi umat Islam yang membacanya.

Keutamaan Surah al-Kahfi

Tidak hanya mengandung banyak kisah dan sarat makna, surah al-kahfi juga memiliki keistimewaan dan keutamaan bagi para pembacanya. Bagusnya, keistimewaan al-Kahfi banyak ditopang oleh hadis-hadis sahih, meskipun tidak dipungkiri terdapat pula yang berderajat mursal maupun mauquf. Meski demikian, hal itu tetap menjadi nilai tambah bagi surah al-kahfi, mengingat banyaknya hadis-hadis palsu berkaitan dengan surah-surah lain. Di antara keutamaan membaca al-Kahfi di antaranya:

  • “Sakinah” akan turun kepada orang yang membaca surah al-Kahfi.
Advertisement
Loading...

Dari al-Barra bin ‘Azib, ia bercerita:

بَيْنَمَا رَجُلٌ يَقْرَأُ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةً إِذْ رَأَى دَابَّتَهُ تَرْكُضُ – أَوْ قَالَ: فَرَسَهُ تَرْكُضُ – فَنَظَرَ فَإِذَا مِثْلُ الضَّبَابَةِ – أَوْ قَالَ: مِثْلُ الْغَمَامَةِ – فَذَكَرَ ذَلِكَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: «تِلْكَ السَّكِينَةُ نَزَلَتْ لِلْقُرْآن

Suatu ketika ada seorang lelaki yang membaca al-Qur’an surah al-Kahfi di malam hari dalam kediamannya, tiba-tiba ia melihat binatang ternaknya, atau kudanya mengayun-ayunkan kedua kakinya, lalu ia juga melihat arakan seperti awan yang bergerak. Peristiwa itu kemudian diceritakan kepada Nabi Muhammad saw, Beliau lalu mengatakan “itu adalah sakinah  yang datang untuk mendengarkan al-Qur’an.

Dalam kitab Tuhfatul Ahwazy karya al-Mubarakfury disebutkan beberapa pendapat terkait makna sakinah dalam hadis di atas.  Al-Qary menyebutkan bahwa sakinah yang dimaksud adalah ketenangan yang bisa menentramkan hati dan menghilangkan rasa takut. Sementara at-Thaibi menyebut bahwa sakinah di situ adalah bertambahnya keimanan seseorang, berdasarkan firman Allah yang menyatakan bacaan ayat al-Qur’an akan menambah keimanan di hati mukmin. Beberapa pendapat lain menyebutkan juga bahwa sakinah adalah malaikat rahmat dan lain sebagainya.

  • Bacaan al-Qur’an di hari Jumat akan menyelamatkan seseorang dari Dajjal dan akan memiliki cahaya .

Dari Abi Sa’id al-Khudry, ia berkata, Barang siapa yang membaca surah al-Kahfi kemudian dia nanti akan bertemu dengan Dajjal, maka Dajjal tidak akan memiliki kuasa atas dirinya. Dan barang siapa yang membaca al-Kahfi di hari jumat, maka baginya cahaya di hari kiamat yang memancar sejauh tempatnya ketika membaca hingga mekkah.

Di keterangan lain dikatakan akan mendapatkan Cahaya dan akan diampuni dosanya.
Dati Ibnu Murdawaih, telah berkata Ibnu Katsir dengan Isnadgharib, dari Khalid bin Said bin Abi Maryam, dari Nafi’ dari Ibnu Umar, ia berkata. Rasulullah saw bersabda: barang siapa yang membaca surah al-Kahfi pada hari jumat, maka akan muncul cahaya dari bawah kakinya hingga ke atas langit. Cahaya itu akan meneranginya dihari kiamat dan menjadi ampunan atas dosa-dosa yang dilakukannya di dua jumat (jumat ketika ia membaca itu dengan jumat yang kemarin).

Baca Juga: Keutamaan Surah Ar Rahman

Dikatakan pula, siapa yang menghafal sepuluh ayat awal dari surah al-Kahfi akan diselamatkan dari fitnah dajjal. Bagi yang menghafal sepuluh ayat terakhir, akan mendapatkan cahaya dihari kiamat.

Dari Abi Darda’ dari Nabi saw: “barang siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surah al-Khafi maka akan dilindungi dari fitnah dajjal dan barang siapa yang menghafal sepuluh ayat terakhir surah al-Khafri maka akan memiliki cahaya di hari kiamat.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here