Tips Agar Tetap Semangat dalam Menjalankan Puasa Ramadhan

Tips Agar Tetap Semangat dalam Menjalankan Puasa Ramadhan

Tongkrongan Islami – Bulan Ramadhan hadir kembali. Selama menjalani ibadah di bulan puasa, sering kali kita mengeluh karena lemas juga kurang bersemangat ketika bekerja. Lemas karena tak makan dan minum pada siang hari itu wajar, begitu juga dilanda kantuk karena bangun sahur pagi-pagi. Tapi jangan sampai itu semua mengganggu produktivitas kerja.

Marilah kita manfaatkan kegiatan pagi hari kita di bulan Ramadhan ini untuk hal yang lebih manfaat. Karena pagi hari itu didoakan berkah oleh Nabi. Doa berkahnya bagaimana? Nabi mendoakan: Allahumma baarik li ummati fii bukuriha, Ya Allah berkahilah umatku di waktu paginya.

Jika didoakan berkah seperti ini maka sebaiknya mari manfaatkan dengan ibadah . Sebelum kita mulai aktifitas duniawi seperti bekerja, berdagang, ngantor, sekolah, kuliah dan sebagainya. Apalagi di bulan Ramadhan pahala itu berlipat-lipat ketika kita melakukan amalan kebaikan.

Tips Agar Tetap Semangat dalam Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan

Sebelum mengawali aktivitas kantor. Sebaiknya pagi hari rajin baca dzikir pagi. Kemudian kita coba cicil target khatam quran karena di bulan Ramadhan sangat baik disibukkan dengan tadarus Al-Quran.

Kalau yang di masjid bada Shubuh mari coba diam sejenak hingga matahari meninggi (15 menit setelah matahari terbit) kemudian kita lakukan shalat isyroq. Jika ada majelis ilmu bada Shalat Shubuh, maka ikutilah majelis tersebut untuk raih ilmu yang bermanfaat. Jadi kurangi tidur di paginya yah.

Yang paling penting saat kita berpuasa, kita kurangi hal yang kurang manfaat, apalagi mata, pendengaran, hati turut maksiat. Hati-hati puasa anda sia-sia, lapar haus saja yang didapat. Pasti nggak mau kan?

Sama halnya pada bulan lainnya, aktivitas pekerjaan pada bulan ramadhan ini tetap dijalankan. Hanya sebagian besar kantor akan mengurangi jam kerja karyawan 1 hingga 2 jam supaya bisa berbuka serta menjalankan ibadah bersama dengan keluarga di rumah.

Jam kerja yang dikurangi ini diharapkan dapat tetap efektif sebagaimana biasanya. Tapi, tak jarang juga yang mengeluhkan rasa lelahnya. Biar tetap fit inilah tipsnya:

Sahur cukup dan tepat

Apa yang Anda konsumsi ketika sahur dan berbuka puasa dapat menentukan tingkat energi Anda. Jangan Anda melewatkan sahur, karena itu akan membuat Anda makin lemas. Saat sahur, makanlah secukupnya. Makan yang berlebihan akan membuat Anda merasa mengantuk. Pilih makanan yang mengandung karbohidrat dan protein juga serat, agar Anda bertenaga saat berpuasa sambil bekerja. Makanan berserat dapat membantu menahan rasa lapar. Perbanyak sayur dan buah.

Banyak konsumsi air putih

Meski tak memiliki rasa, ternyata air putih mempunyai manfaat yang bagus bagi kesehatan dan juga membangkitkan semangat juga kepercayaan diri. Karena manfaatnya ini, kita dianjurkan untuk konsumsi air putih delapan gelas perhari.

Cara minum 8 gelas air putih dalam sehari ketika puasa? Anda bisa membaginya menjadi dua waktu, empat gelas ketika sahur dan empat gelas saat berbuka.

Hindari tidur sesudah subuh

Setelah sahur dan menunaikan salat subuh, ada baiknya Anda tidak melanjutkan tidur. Kembali tidur akan menjadikan Anda bangun dengan keadaan tidak segar. Lebih baik jika Anda langsung bersiap bekerja.

Datang lebih awal ke kantor itu lebih baik. Semakin cepat mulai bekerja, semakin cepat pula Anda menyelesaikan pekerjaan Anda. Apalagi selama bulan puasa jam kedatangan juga kepulangan dimajukan, supaya umat Muslim memiliki waktu untuk berbuka puasa juga ibadah tarawih di malam hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.