Tips Move ON dari Mantan Pacar, Begini Ajaran Islam!

Tips Move ON dari Mantan Pacar
Photo by Buzzle.com

Tongkrongan Islami – Cinta keindahannya membuat kita buta. Karena putus cinta kadang kita bisa merana. Cinta, terkadang dihasilkan dari kekaguman mendalam hingga turun ke hati. Namun banyak orang yang tersesat dengan dalih cinta, mereka menjalin komunikasi dalam bentuk berpacaran.

Ingatlah pacaran tidak ada nikmat dan spesialnya. Dalam islam, ta’aruf bisa menjadi solusi terbaik. itupun, dilakukan dengan cara yang shar’i tidak bertentangan dengan ajaran Islam.

Ada di antara para remaja yang pernah punya mantan pacar dan sekarang sudah mengetahui bagaimana hukum pacaran. Namun sayangnya, bayangan wajah sang mantan pacar masih saja menggoda. Bahkan seringkali terbawa dalam mimpi.

Bagaimana cara untuk mengatasi hal ini?

Sekuat apapun upaya dan ikhtiar yang kita lakukan untuk mengejar cinta orang yang kita sayangi, jika memang Allah belum menghendaki maka tidak akan bersatu.

Melupakan mantan pacar memang bukanlah sebuah perkara yang mudah.

Perasaan cinta yang pernah kita punya tidak dapat hilang dengan begitu saja. Kecuali bila semuanya telah kita kembalikan hanya kepada Allah sang pemberi hati.

Orang Mukmin Harus Benci Kembali pada Maksiat yang dulu Pernah Dilakukan

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ثَلاَثٌ مَنْ كُنَّ فِيهِ وَجَدَ حَلاَوَةَ الإِيمَانِ مَنْ كَانَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِمَّا سِوَاهُمَا ، وَمَنْ أَحَبَّ عَبْدًا لاَ يُحِبُّهُ إِلاَّ لِلَّهِ ، وَمَنْ يَكْرَهُ أَنْ يَعُودَ فِى الْكُفْرِ بَعْدَ إِذْ أَنْقَذَهُ اللَّهُ ، كَمَا يَكْرَهُ أَنْ يُلْقَى فِى النَّارِ

“Tiga perkara yang bisa seseorang memilikinya maka ia akan merasakan manisnya iman, yaitu: (1) Allah dan Rasul-Nya lebih ia cintai dari selain keduanya, (2) Ia mencintai saudaranya hanyalah karena Allah, (3) ia benci kembali pada kekufuran setelah Allah menyelamatkan darinya sebagaimana ia tidak suka jika dilemparkan dalam api.” (HR. Bukhari no. 21 dan Muslim no. 43).

Doa Untuk Melupakan Mantan Pacar

Jika selanjutnya perasaan cinta juga ingatan dengannya sangat sulit untuk dilupakan, walupun sudah berusaha untuk dapat menghapuskan semuanya, maka tak ada salahnya untuk selalu memohon petunjuk kepada Allah serta mohonkan pula doa untuk melupakan seseorang yang dicintai khususnya mantan pacar.

Doa untuk melupakan antan pacar yang masih membayangi hidup kita bisa Anda ucapkan dengan lafal apa saja.

Allah Maha Mengetahui dari semua bahasa, oleh karena itu tidak akan sulit untuk mencari apa doa yang pas. Lafalkan dengan niat dan hati yang tulus ikhlas.

Jadi semua ingatan dan bayangan yang terlintas tentang dia bisa dihapuskan. Walaupun begitu, jika Anda ingin munajat yang dipinta dapat lebih sempurn, maka Anda bisa membacakan doa agar melupakan mantan yang lafalnya terdapat pada QS Ar-Rad ayat 39 berikut ini:

يَمْحُو اللّهُ مَا يَشَاء وَيُثْبِتُ وَعِندَهُ أُمُّ الْكِتَاب

Allah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan (apa yang Dia kehendaki), dan di sisi-Nya-lah terdapat Ummul-Kitab (Lauh mahfuzh).

Tips Melupakan Mantan Pacar Dengan Mudah

Daripada kita sibuk menulis status-status galau di sosial media, akan lebih baik jika kita lakukan hal-hal berikut ini supaya bisa melupakan mantan tanpa perlu meninggalkan kebencian. Dan pastinya kita akan siap untuk menerima cinta yang baru.

  1. Jalani hari- hari anda dengan taubat dan sesali selalu maksiat yang dulu pernah dilakukan.
  2. Sibukkan diri dengankegiatan dan hal yang manfaat. Karena kata Ibnul Qayyim, “Siapa yang tidak menyibukkan diri dengan hal yang manfaat pasti ia akan menyibukkan diri dengan hal-hal yang sia-sia.”
  3. Hijrah dari lingkungan yang penuh maksiat.
  4. Jauhi pergaulan dengan orang yang biasa dengan pacaran.
  5. Jika masih saja mengingat mantan pacar, usahakan mengalihkan pikiran ataupun bayangkan saja sifat-sifat jeleknya jadi mudah untuk melupakannya.
  6. Hindari sering berkumpul dengan lawan jenis kecuali jika perlu.
  7. Berniat serius menikah dan tidak ingin pacaran lagi. Cukup dan ta’aruf dengan jalan yang benar.
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here