Teks 16 Khutbah Jumat Terbaru dengan Judul Peduli Gempa

Advertisement
Teks 16 Khutbah Jumat Terbaru dengan Judul Peduli Gempa
Oleh : Bidang Dakwah 09-10 PK. IMM PUTM

Hadirin kaum Muslimin jamaah jumat Rahimakumulloh

Beberapa waktu yang lalu tepatnya 30 September 2009 kita dikagetkan dengan beberapa musibah yang menimpa bangsa indonesia. Dari gempa yang menimpa saudara-saudara kita di Sumatera Berat yang mengakibatkan kerugian jiwa dan materi, sampai dengan banjir yang melanda beberapa kota di tanah air kita ini. Oleh karena itu, kami selaku khotib mengajak kepada jamaah sekalian untuk senantiasa meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT dibuktikan dengan kepedulian kita untuk menyumbangkan sebagian rizki yang telah Allah SWT berikan kepada kita. Karena, walau bagaimanapun juga mereka adalah saudara-saudara kita yang harus kita bantu. Allah SWT berfirman

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ

Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara

Teks 16 Khutbah Jumat Terbaru dengan Judul Peduli Gempa

Hadirin kaum Muslimin Rohimakumulloh

Tentu kita bertanya! Apakah musibah yang menimpa kepada bangsa kita merupakan cobaan, peringatan atau bahkan siksaan bagi kita, jawabannya adalah bahwa musibah yang menimpa bangsa kita merupakan cobaan bagi orang-orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta peringatan agar kita semua senantiasa ber-taqorrub mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan banyak beristighfar dan bertaubat serta melakukan amal-amal sholih, karena apabila Allah SWT menghendaki kebaikan kepada hamba-Nya maka Allah SWT akan menyegerakan siksaan sebagai cobaan baginya di dunia. Dan apabila Allah SWT menghendaki keburukan kepada hamba-Nya maka Allah SWT akan menahan siksaan itu dikarenakan dosanya sehingga Allah SWT SWT menyempurnakan siksaan itu pada hari kiamat. Rosulullah SAW bersabda:

إِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِعَبْدِهِ الْخَيْرَ عَجَّلَ لَهُ الْعُقُوبَةَ فِى الدُّنْيَا وَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِعَبْدِهِ الشَّرَّ أَمْسَكَ عَنْهُ بِذَنْبِهِ حَتَّى يُوَفَّى بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِعَبْدِهِ الْخَيْرَ عَجَّلَ لَهُ الْعُقُوبَةَ فِى الدُّنْيَا وَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِعَبْدِهِ الشَّرَّ أَمْسَكَ عَنْهُ بِذَنْبِهِ حَتَّى يُوَفَّى بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ (رواه الترمذى , الحاكم و الطبرانى)

“Apabila Allah SWT menghendaki kebaikan pada hamba-Nya maka Allah SWT akan menyegerakan untuk hamba-Nya siksaan-Nya (sebagai cobaan) di dunia, dan apabila Allah SWT menghendaki keburukan pada hamba-Nya maka Dia akan menahan siksaan itu karena dosanya hingga Allah SWT menyempurnakan siksa-Nya pada hari kiamat.”

Dan boleh jadi musibah yang menimpa pada bangsa ini merupakan salah satu bentuk siksaan bagi orang-orang yang senantiasa melanggar larangan-larangan Allah SWT sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat An-Nahl ayat 112

وَضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا قَرْيَةً كَانَتْ آمِنَةً مُطْمَئِنَّةً يَأْتِيهَا رِزْقُهَا رَغَدًا مِنْ كُلِّ مَكَانٍ فَكَفَرَتْ بِأَنْعُمِ اللَّهِ فَأَذَاقَهَا اللَّهُ لِبَاسَ الْجُوعِ وَالْخَوْفِ بِمَا كَانُوا يَصْنَعُونَ

“Dan Allah SWT Telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tenteram, rezkinya datang kepadanya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi (penduduk)nya mengingkari nikmat-nikmat Allah; Karena itu Allah SWT merasakan kepada mereka pakaian kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang selalu mereka perbuat.”

Juga dalam firman-Nya

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan Karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah SWT merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (QS. Ar-Ruum : 41)

Maka oleh karena itu, semua bencana yang terjadi di muka bumi ini baik di darat ataupun di laut adalah salah satu bentuk siksaan Allah SWT bagi manusia yang berbuat kerusakan di muka bumi yang tidak bertanggung jawab dan tidak memperhatikan keseimbangan ekosistem alam sekitar yang seharusnya dilestarikan.

Hadirin kaum Muslimin jamaah Jumat Rohimakumulloh

Syaikhul Islam mengatakan bahwa musibah adalah nikmat, karena sesungguhnya musibah dapat menghapus dosa-dosa yang kita perbuat dan menyuruh kita untuk bersabar. Sehingga kita mendapatkan pahala dari Allah SWT dan mengharuskan kita untuk kembali dan merendahkan diri kita kepada Allah SWT.

بَارَكَاللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ القُرْآنِ العَظِيْمِ, وَنَفَعَنِيْ وَإِيَاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الآيَاتِ وَ الذِكْرِ الحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلَا وَتَهُ إنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَحِيْمُ.
Khutbah Kedua 2015 dengan judul Peduli Gempa


اَلْحَمْدُ لِلَّهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ.
وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَمَنْ تَبِعَ هُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.
مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ أَرْشَدَكُمُ اللهُ ... أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُؤْمِنُوْنَ الْمُتَّقُوْنَ.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

رَّبَّنَآإِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُنَادِي لِلإِيمَانِ أَنْ ءَامِنُوا بِرَبِّكُمْ فَئَامَنَّا رَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْعَنَّا سَيِّئَاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ اْلأَبْرَارِ.

رَبَّنَا وَءَاتِنَا مَاوَعَدتَنَا عَلَىرُسُلِكَ وَلاَتُخْزِنَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيعَادَ.

رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

رَبَّنَا اصْرِفْ عَنَّا عَذَابَ جَهَنَّمَ إِنَّ عَذَابَهَا كَانَ غَرَامًا.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا.
اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ لَنَا دِيْنَنَا الَّذِيْ هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِنَا، وَأَصْلِحْ لَنَا دُنْيَانَا الَّتِيْ فِيْهَا مَعَاشُنَا، وَأَصْلِحْ لَنَا آخِرَتَنَا الَّتِيْ إِلَيْهَا مَعَادُنَا، وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لَنَا فِيْ كُلِّ خَيْرٍ، وَاجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لَنَا مِنْ كُلِّ شَرٍّ.

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِاْلإِيْمَانِ وَلاَتَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلاًّ لِّلَّذِيْنَ ءَامَنُوْا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ.

وَصَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ. وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.


Update Materi Khutbah 2016

Terkait dengan beberapa email masuk dari pembaca setia situs ini, berkenaan dengan pembaharuan khutbah jumat tiap minggunya. Telah kami kumpulkan materi khutbah dari beberapa situs, InsyaAllah filenya bisa langsung didapatkan. Untuk 45 materi khutbah tersebut, bisa klik kata berikut: Khutbah Jumat Terbaru 2016


Dan bagi Ustadz yang ingin mendapatkan khutbah dan artikel terbaru kami (langsung terkirim ke email Ustadz), silahkan masukkan email Ustadz di kotak yang telah kami sediakan di bawah, lalu klik subscribe/berlangganan.